TUGAS MANDIRI
EKONOMI SUMBER DAYA ALAM DAN
LINGKUNGAN
(ESPA4317)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 42 PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Penggunaan biaya sebagai ukuran manfaat
yang hilang dari suatu kualitas
lingkungan, adalah berupa biaya ....
A. tetap
B. variabel
C. kesempatan
D. tetap maupun variabel
2. Dengan adanya perlindungan lingkungan yang
bersifat internasional maka dalam jangka pendek akan berakibat ....
A. harga komoditi ekspor menurun
B. sulit ditentukan
C. penerimaan devisa meningkat
D. harga komoditi ekspor meningkat
3. “Net
Economic Welfare” adalah ....
A. Produk Nasional Bruto dikurangi penyusutan
B. Produk Nasional Bruto dengan ukuran baku mutu
hidup
C. Produk Nasional Bruto dikurangi Produk
Nasional Netto
D. juga merupakan Produk Regional Bruto
4. Pada hakikatnya strategi pengaturan dan
pelarangan pencemaran lingkungan ....
A. tidak lebih unggul daripada perpajakan
B. lebih unggul daripada perpajakan
C. tidak jelas keunggulannya
D. lebih baik daripada perpajakan
5. Dalam jangka pendek, dampak perlindungan
lingkungan yang sifatnya internasional akan ....
A. menurunkan harga
B. menstabilkan harga
C. menaikkan harga
D. mengubah harga
6. Tarif limbah bekerjanya....
A. tidak otomatis mencapai efisiensi
B. otomatis tetapi tidak efisien
C. tidak membatasi produksi yang mencemari
D. otomatis mencapai efisiensi
7. Dilihat dari segi biaya, maka dampak tarif
limbah akan ....
A. menggeser biaya marjinal ke kanan
B. menggeser biaya marjinal ke kiri
C. tidak menggeser biaya marjinal
D. membuat tidak menentunya biaya marjinal
8. Analisis biaya manfaat adalah suatu analisis
yang ....
A. memperkirakan manfaat dan biaya suatu
kebijaksanaan dan membandingkan keduanya
B. menghitung biaya dari suatu manfaat investasi
C. mengurangkan manfaat yang ada dari suatu
investasi dengan ongkos
D. menghitung biaya dan menghitung manfaat
9. Kegagalan
pasar ialah situasi di mana ....
A. pasar gagal memasarkan barang-barang
B. pasar gagal menentukan harga komoditi penting
C. hasil yang baik dapat diperoleh tetapi tidak
dipasarkan oleh pasar
D. bukannya hal yang tidak baik yang terjadi,
melainkan tidak diperolehnya hasil yang paling baik
10. Pajak polusi yang ditetapkan dengan baik bagi
perusahaan akan dapat ....
A. mengeksternalkan biaya produksi internal
B. mengurangi biaya produksi dengan baik
C. menginternalkan biaya eksternal produksi
D. menambah output produksi
11. Semakin besar perbedaan antara kurva biaya sosial marginal dengan kurva
biaya privat marginal maka ....
A. eksternalitas meningkat
B. eksternalitas menurun
C. tidak terjadi eksternalitas
D. kurva indifferens akan memotong garis anggaran
12. Subsidi hanya efektif untuk ....
A. beberapa tingkat pengurangan sisa atau buangan tertentu
B. suatu tingkat pengurangan buangan tertentu
C. semua tingkat pengurangan buangan
D. mengurangi limbah yang padat
13. Negara di ASEAN yang termasuk dalam NICs (New Industrialized Countries) dan mempunyai pengawasan yang
ketat dan konsekuen dalam pelaksanaan Hukum Tata Lingkungan, adalah ....
A. Brunei Darusalam
B. Indonesia
C. Thailand
D. Singapura
14. Kalau anggaran terbatas maka dipilih proyek yang ....
A. rasio manfaat terhadap biaya lebih besar dari 1
B. memaksimumkan manfaat total
C. rasio manfaat terhadap biaya = 1
D. rasio manfaat terhadap biaya < 1
15. Usaha untuk memperbaiki eksternalitas adalah ....
A. perundingan sukarela antara pihak yang mencemari dan yang terkena
pencemaran
B. didiamkan sebagaimana adanya
C. dengan subsidi pada pencemaran
D. dengan pajak pada yang tercemar
16. Dalam pembangunan ekonomi, konservasi sumberdaya alam tidak boleh
diabaikan. Hal ini disebabkan ....
A. konservasi sumberdaya alam pada hakikatnya merupakan pemanfaatan
maksimal sumberdaya alam yang tersedia
B. konservasi sumberdaya alam mempermudah perhitungan manfaat dan
biaya
C. pengalaman sejarah menunjukkan bahwa tanpa adanya konservasi
sumberdaya alam maka pembangunan menjadi berhenti
D. ketersediaan, kualitas dan keanekaragaman sumberdaya perlu dilestarikan
17. Banyak kerusakan terjadi pada barang publik karena ....
A. biaya pemeliharaan terlalu banyak disediakan
B. “free ridership”
C. orang terlalu disiplin
D. masyarakat sayang pada dirinya sendiri
18. Yang tidak termasuk dalam dampak lingkungan fisik yang diakibatkan
oleh pencemaran air dan tanah, adalah ....
A. menurunnya permukaan laut
B. sungai yang kotor
C. timbunan sampah
D. semakin buruknya mutu air minum
19. Penetapan tarif limbah pada semua industri berakibat ....
A. menurunkan harga produk di pasaran
B. menaikkan kuantitas yang dijual
C. meningkatkan penawaran barang
D. menurunkan kuantitas yang dijual
20. Sifat utama teknik penilaian manfaat perubahan kualitas lingkungan
adalah ....
A. penggunaan harga pasar yang sebenar-nya
B. penggunaan harga bayangan
C. penggunaan opportunity cost
seakurat mungkin
D. penggunaan harga konstan
21. Sikap masa bodoh masyarakat di sekitar aliran Sungai Ciliwung
terhadap pencemaran air yang mereka gunakan, sebenarnya terjadi karena
ketidaksempurnaan ....
A. distribusi
B. informasi
C. konservasi
D. equity
22. Lembaga yang tumbuh mandiri di tengah masyarakat Indonesia dan
usahanya dapat membantu pemerintah pada sektor lingkungan adalah lembaga ....
A. pengembangan ekonomi masyarakat
B. sosial masyarakat
C. swadaya masyarakat
D. pengembangan manajemen
23. Eksternalitas pada hakikatnya perbedaan antara biaya....
A. total dengan biaya marjinal
B. produksi dengan biaya transportasi
C. privat dengan biaya intern
D. privat dengan biaya sosial
24. Usaha dalam proses pengambilan keputusan pada AMDAL, salah satunya
adalah ....
A. analisis lingkungan untuk tercapainya strategi pasar
B. melakukan analisis manfaat dan biaya pada suatu kegiatan
C. memberikan keseimbangan biaya-biaya yang harus dikeluarkan
D. memberhentikan analisis lingkungan yang sedang berjalan
25. Pada umumnya makin tinggi kadar BOD makin ....
A. tinggi juga kadar DO
B. stabil kadar DO
C. rendah kadar DO
D. tidak menentu kadar DO
26. Kalau ada eksternalitas, pasar menjadi semakin ....
A. efisien
B. mahal
C. murah
D. tidak efisien
27. Eksternalitas adalah manfaat atau biaya suatu transaksi yang ....
A. diperoleh atau ditanggung oleh anggota masyarakat tetapi tidak
diperhitungkan oleh pihak-pihak yang mengadakan transaksi itu
B. diperoleh atau ditanggung oleh anggota masyarakat yang
diperhitungkan oleh pihak-pihak yang mengadakan transaksi
C. diluar catatan yang ada, tetapi dapat dimasukkan ke dalam
perhitungan transaksi
D. ditanggung oleh masyarakat dan pihak yang mengadakan transaksi
28. Pendekatan pasar pada hakikatnya ....
A. mudah dilaksanakan pada lingkungan
B. sulit dilaksanakan pada lingkungan
C. sangat efisien pada lingkungan
D. efektif pada lingkungan
29. Tarif limbah menyebabkan masyarakat menghadapi ....
A. hasil yang lebih sedikit
B. hasil yang lebih banyak
C. hasil yang tidak menentu
D. produk yang kurang lebih tetap
30. Dalam analisis manfaat biaya, didasarkan pada nilai yang diukur
dalam harga yang secara sosial diharapkan, adalah berupa harga ....
A. pasar
B. yang berlaku
C. bayangan
D. terendah
31. Dari berbagai pengamatan dapat disimpulkan bahwa meskipun
masyarakat mengetahui adanya pencemaran, namun tidak dilakukan
penanggulangannya. Hal ini disebabkan ....
A. tidak ada larangan yang jelas bagi pencemaran lingkungan
B. penanggulangan pencemaran memer-lukan biaya yang tinggi
C. penanggulangan pencemaran dapat merusak proses produksi secara
global
D. pencemaran lingkungan merupakan keadaan wajar yang tidak perlu
dihindari
32. Dengan adanya kenaikan upah tenaga kerja, maka akan berakibat pada
....
A. makin banyak bahan disubstitusikan untuk menghasilkan produk
hingga makin banyak buangan
B. makin sedikit bahan disubstitusikan untuk menghasilkan produk
sehingga makin sedikit buangan
C. makin banyak bahan untuk menghasilkan produk namun tidak
mempengaruhi jumlah buangan
D. tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah produk ataupun buangan
33. Strategi, kebijaksanaan dan langkah pengelolaan lingkungan hidup
perlu diberi wadah dalam suatu organisasi, karena ....
A. sudah menjadi kebiasaan bahwa organisasi diperlukan bagi setiap
strategi, kebijaksanaan dan langkah pengelolaan lingkungan hidup
B. organisasi berfungsi mengarahkan, mengkoordinasikan dan memadukan
kebijakan lintas sektoral
C. organisasi berfungsi mengawasi dan mengontrol operasional
strategi, kebijakan dan langkah-langkah
D. organisasi tidak diperlukan pada setiap kebijakan dan langkah
pengelolaan lingkungan hidup
34. Yang tidak dapat digunakan sebagai teknik analisis biaya terhadap
penilaian dampak pembangunan terhadap lingkungan adalah pendekatan ....
A. kompensasi
B. proyek bayangan
C. pengeluaran pencegahan
D. ekternalitas disekonomis
35. Pembuangan sisa dapat menimbulkan awa-ekonomi eksternal dan
semakin sulit dipecahkan. Hal ini disebabkan oleh ....
A. sedikitnya tempat bagi buangan padat
B. biaya pembuangan dan informasi cukup tinggi
C. belum adanya lembaga dan rangsangan yang memadai
D. buangan padat tidak dapat didaur ulang
36. Tingkat efisiensi sosial sistem ekonomi dapat tercapai apabila
dipenuhi persyaratan tertentu, yaitu ....
A. terjadi keseimbangan konsumen
B. terjadi keseimbangan konsumen dan produsen
C. distribusi pendapatan sudah merata
D. pencemaran lingkungan dideflasikan
37. Dalam internalisasi dampak ekstrenal produksi, produsen hanya akan
memproduksi barang jika manfaat sosial marginal bernilai ....
A. negatif
B. positif
C. < manfaat privat marginal
D. = manfaat privat marginal = 0
38. Kondisi di mana terjadi maksimisasi laba badan usaha yang bersaing
adalah pada saat ....
A. harga sama dengan biaya rata-rata
B. harga sama dengan biaya total
C. pendapatan marjinal lebih besar dari biaya marjinal
D. biaya marjinal sama dengan harga
39. Konsep keseimbangan bahan dalam suatu kegiatan ekonomi adalah
bahan pada awal tahun ditambah bahan yang diambil selama tahun berjalan sama
dengan bahan ....
A. pada akhir tahun
B. yang dibuang ke lingkungan
C. yang kembali ke lingkungan
D. pada awal tahun
40. Sistem kerja pajak berbeda dengan sistem kerja subsidi. Perbedaan
tersebut misalnya ....
A. sistem pajak menganggap bahwa pemerintahlah yang mempunyai hak
pada lingkungan
B. sistem subsidi menganggap bahwa pemerintah mempunyai hak terhadap
pencemaran
C. sistem subsidi menganggap bahwa badan usaha mempunyai hak terhadap
lingkungan
D. pajak berfungsi menghilangkan perbedaan antara biaya sosial
marjinal dan manfaat sosial marjinal suatu badan usaha
41. Untuk menghitung manfaat suatu barang, di mana barang tersebut
tidak diperjualbelikan dilakukan dengan menghitung ....
A. sunk sost
B. opportunity cost
C. average cost
D. marginal cost
42. Dalam penilaian manfaat secara langsung, apabila manfaat sosial
neto tidak dapat diperkirakan, maka teknik yang paling tepat digunakan adalah
pendekatan ....
A. modal manusia
B. produktivitas
C. nilai milik
D. biaya kesempatan
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 43 SAMPAI
63 PILIHLAH:
A. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA
MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B. JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA
BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C. JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH!
D. JIKA KEDUA PERNYATAAN SALAH!
43. Seseorang akan pindah ke tempat lain untuk menghindari suara
bising bila nilai gangguan lebih besar daripada surplus konsumen, penyusutan
nilai milik dan biaya pindah,
sebab
teknik
penilaian dampak pembangunan terhadap lingkungan dari segi biaya harus
memanfaatkan proxy.
44. Tarif limbah menginternalisasikan biaya eksternal secara langsung
pada produsen dan konsumen produk yang bertanggung jawab terhadap timbulnya
pencemaran lingkungan,
sebab
dengan
adanya tarif limbah badan usaha dan rumah tangga berusaha mengekang diri untuk
tidak membuang limbah sehingga dapat menghemat sejumlah uang daripada membayar
tarif limbah.
45. Pajak dan subsidi merupakan sarana alternatif pemerintah untuk
melindungi dan memperbaiki kualitas lingkungan,
sebab
pajak
dan subsidi mendorong dan merangsang perilaku ekonomi untuk melakukan
perlindungan dan perbaikan kualitas lingkungan.
46. Pencemaran udara oleh pabrik kimia tidak berdampak negatif pada
lahan pertanian yang berada dekat pabrik tersebut,
sebab
pabrik
kimia tersebut telah memanfaatkan sarana pencegah pencemaran.
47. Industrialisasi yang tak berwawasan lingkungan akan mengakibatkan
malapetaka bagi pembangunan nasional,
sebab
Industrialisasi
menimbulkan pencemaran udara, air dan lahan yang disebabkan adanya limbah debu,
cair dan padat yang timbul walaupun telah dibatasi dengan sarana tertentu.
48. Yang belum kita miliki dalam pengelolaan lingkungan antara lain
ialah kesadaran masyarakat yang merata terhadap penting dan perlunya
pengelolaan lingkungan hidup,
sebab
hambatan
pengelolaan lingkungan ialah adanya berbagai jenis proyek dan penerima
pencemaran.
49. Lingkungan hidup itu memiliki daya dukung yang tak terbatas karena
luasnya kawasan di bumi ini,
sebab
lingkungan
dalam arti luar meliputi lingkungan fisik, sosial, estetika dan ekonomi.
50. Dampak peraturan langsung berakibat rumah tangga tidak memperoleh
kepuasan optimal dalam mengkonsumsikan barang dan jasa,
sebab
dampak
tarif limbah berakibat rumah tangga memperoleh kepuasan tetapi pada tingkat
rendah.
51. Eksternalitas merupakan manfaat atau biaya transaksi yang
dinikmati atau ditanggung oleh anggota masyarakat, tetapi tidak diperhitungkan
oleh pihak-pihak yang mengadakan transaksi,
sebab
eksternalitas
mengakibatkan pasar yang secara swasta efisien menjadi lebih efisien secara
sosial.
52. Usaha meminimumkan biaya penangulangan pencemaran itu perlu,
sebab
sulit
menghitung manfaat yang diperoleh dari usaha penanggulangan tersebut.
53. Pajak pada hakikatnya meniadakan pengertian bahwa barang
lingkungan itu tidak bernilai sehingga orang sesuka hati mencemari lingkungan,
sebab
dengan
pajak pemerintah menyatakan berhak atas lingkungan sehingga badan usaha
berpikir dua kali kalau akan mencemari karena harus membayar pajak pencemaran.
54. Dampak pencemaran udara pada kesehatan dan milik manusia
sebenarnya tidak begitu besar,
sebab
pencemaran
udara terbatas pada daerah sekitar titik asal.
55. Kerusakan akibat pencemaran air tergantung pada suatu faktor saja,
yaitu unsur buangan yang masuk ke dalam air,
sebab
pencemaran
air dapat dikurangi dengan desalinasi.
56. Organisasi pengelolaan lingkungan hidup penting dan perlu untuk
mewadahi kegiatan pengelolaahan lingkungan hidup,
sebab
organisasi
tersebut dapat mengkoordinasikan dan mengarahkan pelaksanaan strategi,
kebijaksanaan dan program yang diambil.
57. Buangan padat tidak saja berasal dari industri, melainkan dari
semua sektor ekonomi dan rumah tangga,
sebab
buangan
padat terbanyak dari sektor pertanian.
58. Pengurangan kandungan garam tidak memperbaiki kualitas air
irigasi,
sebab
manfaat
perbaikan kualitas air adalah kenaikan hasil ditambah dengan harga.
59. Kelebihan pelarangan daripada pengaturan adalah tidak
diperlukannya pengukuran aliran pancaran,
sebab
pelarangan
hanya menentukan kegiatan yang dilakukan pencemar berjalan terus atau berhenti.
60. Dengan tarif limbah pemerintah secara formal tidak menciptakan hak
milik atas sumber daya air dan udara,
sebab
tarif limbah menciptakan rangsangan bagi suatu
lembaga untuk menilai biaya alternatif yang berkaitan dengan penghindaran
pajak.
61. Subsidi pemerintah mengakibatkan badan usaha mengurangi sisa
sampai pada satuan tertentu,
sebab
Biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada
subsidi yang diterima.
62. Pajak yang baik adalah yang menghilangkan perbedaan antara biaya
sosial marjinal dengan biaya privat marjinal,
sebab
pajak menginternalisasikan biaya produksi
eksternal sepenuhnya.
63. Informasi yang tepat dapat meningkatkan peranserta masyarakat
dalam perlindungan lingkungan,
sebab
informasi
yang tepat dan relevan umumnya mahal sehingga masyarakat sulit untuk mendapatkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar