Jumat, 02 Mei 2014

Latihan Soal Ekonomi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan



TUGAS MANDIRI
EKONOMI SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN
(ESPA4317)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 42  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Penggunaan biaya sebagai ukuran manfaat yang  hilang dari suatu kualitas lingkungan, adalah berupa biaya ....   
A.   tetap
B.   variabel
C.   kesempatan
D.   tetap maupun variabel

2.   Dengan adanya perlindungan lingkungan yang bersifat internasional maka dalam jangka pendek akan berakibat ....        
A.   harga komoditi ekspor menurun
B.   sulit ditentukan
C.   penerimaan devisa meningkat
D.   harga komoditi ekspor meningkat
     
3.   Net Economic Welfare” adalah ....
A.   Produk Nasional Bruto dikurangi penyusutan
B.   Produk Nasional Bruto dengan ukuran baku mutu hidup
C.   Produk Nasional Bruto dikurangi Produk Nasional Netto
D.   juga merupakan Produk Regional Bruto

4.   Pada hakikatnya strategi pengaturan dan pelarangan pencemaran lingkungan ....
A.   tidak lebih unggul daripada perpajakan
B.   lebih unggul daripada perpajakan
C.   tidak jelas keunggulannya
D.   lebih baik daripada perpajakan

5.   Dalam jangka pendek, dampak perlindungan lingkungan yang sifatnya internasional akan ....
A.   menurunkan harga
B.   menstabilkan harga
C.   menaikkan harga
D.   mengubah harga

6.   Tarif limbah bekerjanya....
A.   tidak otomatis mencapai efisiensi
B.   otomatis tetapi tidak efisien
C.   tidak membatasi produksi yang mencemari
D.   otomatis mencapai efisiensi

7.   Dilihat dari segi biaya, maka dampak tarif limbah akan ....
A.   menggeser biaya marjinal ke kanan
B.   menggeser biaya marjinal ke kiri
C.   tidak menggeser biaya marjinal
D.   membuat tidak menentunya biaya marjinal

8.   Analisis biaya manfaat adalah suatu analisis yang ....
A.   memperkirakan manfaat dan biaya suatu kebijaksanaan dan membandingkan keduanya
B.   menghitung biaya dari suatu manfaat investasi
C.   mengurangkan manfaat yang ada dari suatu investasi dengan ongkos
D.   menghitung biaya dan menghitung manfaat

9.   Kegagalan pasar ialah situasi di mana ....
A.   pasar gagal memasarkan barang-barang
B.   pasar gagal menentukan harga komoditi penting
C.   hasil yang baik dapat diperoleh tetapi tidak dipasarkan oleh pasar
D.   bukannya hal yang tidak baik yang terjadi, melainkan tidak diperolehnya hasil yang paling baik

10.   Pajak polusi yang ditetapkan dengan baik bagi perusahaan akan dapat ....
A.   mengeksternalkan biaya produksi internal
B.   mengurangi biaya produksi dengan baik
C.   menginternalkan biaya eksternal produksi
D.   menambah output produksi

11.   Semakin besar perbedaan antara kurva biaya sosial marginal dengan kurva biaya privat marginal maka ....
A.   eksternalitas meningkat
B.   eksternalitas menurun
C.   tidak terjadi eksternalitas
D.   kurva indifferens akan memotong garis anggaran

12.   Subsidi hanya efektif untuk ....
A.   beberapa tingkat pengurangan sisa atau buangan tertentu
B.   suatu tingkat pengurangan buangan tertentu
C.   semua tingkat pengurangan buangan
D.   mengurangi limbah yang padat

13.   Negara di ASEAN yang termasuk dalam NICs (New Industrialized Countries) dan mempunyai pengawasan yang ketat dan konsekuen dalam pelaksanaan Hukum Tata Lingkungan, adalah ....
A.   Brunei Darusalam
B.   Indonesia
C.   Thailand
D.   Singapura

14.   Kalau anggaran terbatas maka dipilih proyek yang ....
A.   rasio manfaat terhadap biaya lebih besar dari 1
B.   memaksimumkan manfaat total
C.   rasio manfaat terhadap biaya = 1
D.   rasio manfaat terhadap biaya < 1

15.   Usaha untuk memperbaiki eksternalitas adalah ....
A.   perundingan sukarela antara pihak yang mencemari dan yang terkena pencemaran
B.   didiamkan sebagaimana adanya
C.   dengan subsidi pada pencemaran
D.   dengan pajak pada yang tercemar

16.   Dalam pembangunan ekonomi, konservasi sumberdaya alam tidak boleh diabaikan. Hal ini disebabkan ....
A.   konservasi sumberdaya alam pada hakikatnya merupakan pemanfaatan maksimal sumberdaya alam yang tersedia
B.   konservasi sumberdaya alam mempermudah perhitungan manfaat dan biaya
C.   pengalaman sejarah menunjukkan bahwa tanpa adanya konservasi sumberdaya alam maka pembangunan menjadi berhenti
D.   ketersediaan, kualitas dan keanekaragaman sumberdaya perlu dilestarikan

17.   Banyak kerusakan terjadi pada barang publik karena ....
A.   biaya pemeliharaan terlalu banyak disediakan
B.   “free ridership”
C.   orang terlalu disiplin
D.   masyarakat sayang pada dirinya sendiri

18.   Yang tidak termasuk dalam dampak lingkungan fisik yang diakibatkan oleh pencemaran air dan tanah, adalah ....
A.   menurunnya permukaan laut
B.   sungai yang kotor
C.   timbunan sampah
D.   semakin buruknya mutu air minum

19.   Penetapan tarif limbah pada semua industri berakibat ....
A.   menurunkan harga produk di pasaran
B.   menaikkan kuantitas yang dijual
C.   meningkatkan penawaran barang
D.   menurunkan kuantitas yang dijual

20.   Sifat utama teknik penilaian manfaat perubahan kualitas lingkungan adalah ....
A.   penggunaan harga pasar yang sebenar-nya
B.   penggunaan harga bayangan
C.   penggunaan opportunity cost seakurat mungkin
D.   penggunaan harga konstan

21.   Sikap masa bodoh masyarakat di sekitar aliran Sungai Ciliwung terhadap pencemaran air yang mereka gunakan, sebenarnya terjadi karena ketidaksempurnaan ....
A.   distribusi
B.   informasi
C.   konservasi
D.   equity

22.   Lembaga yang tumbuh mandiri di tengah masyarakat Indonesia dan usahanya dapat membantu pemerintah pada sektor lingkungan adalah lembaga ....
A.   pengembangan ekonomi masyarakat
B.   sosial masyarakat
C.   swadaya masyarakat
D.   pengembangan manajemen

23.   Eksternalitas pada hakikatnya perbedaan antara biaya....
A.   total dengan biaya marjinal
B.   produksi dengan biaya transportasi
C.   privat dengan biaya intern
D.   privat dengan biaya sosial

24.   Usaha dalam proses pengambilan keputusan pada AMDAL, salah satunya adalah ....
A.   analisis lingkungan untuk tercapainya strategi pasar
B.   melakukan analisis manfaat dan biaya pada suatu kegiatan
C.   memberikan keseimbangan biaya-biaya yang harus dikeluarkan
D.   memberhentikan analisis lingkungan yang sedang berjalan

25.   Pada umumnya makin tinggi kadar BOD makin ....
A.   tinggi juga kadar DO
B.   stabil kadar DO
C.   rendah kadar DO
D.   tidak menentu kadar DO

26.   Kalau ada eksternalitas, pasar menjadi semakin ....
A.   efisien
B.   mahal
C.   murah
D.   tidak efisien

27.   Eksternalitas adalah manfaat atau biaya suatu transaksi yang ....
A.   diperoleh atau ditanggung oleh anggota masyarakat tetapi tidak diperhitungkan oleh pihak-pihak yang mengadakan transaksi itu
B.   diperoleh atau ditanggung oleh anggota masyarakat yang diperhitungkan oleh pihak-pihak yang mengadakan transaksi
C.   diluar catatan yang ada, tetapi dapat dimasukkan ke dalam perhitungan transaksi
D.   ditanggung oleh masyarakat dan pihak yang mengadakan transaksi

28.   Pendekatan pasar pada hakikatnya ....
A.   mudah dilaksanakan pada lingkungan
B.   sulit dilaksanakan pada lingkungan
C.   sangat efisien pada lingkungan
D.   efektif pada lingkungan

29.   Tarif limbah menyebabkan masyarakat menghadapi ....
A.   hasil yang lebih sedikit
B.   hasil yang lebih banyak
C.   hasil yang tidak menentu
D.   produk yang kurang lebih tetap

30.   Dalam analisis manfaat biaya, didasarkan pada nilai yang diukur dalam harga yang secara sosial diharapkan, adalah berupa harga ....
A.   pasar
B.   yang berlaku
C.   bayangan
D.   terendah

31.   Dari berbagai pengamatan dapat disimpulkan bahwa meskipun masyarakat mengetahui adanya pencemaran, namun tidak dilakukan penanggulangannya. Hal ini disebabkan ....
A.   tidak ada larangan yang jelas bagi pencemaran lingkungan

B.   penanggulangan pencemaran memer-lukan biaya yang tinggi
C.   penanggulangan pencemaran dapat merusak proses produksi secara global
D.   pencemaran lingkungan merupakan keadaan wajar yang tidak perlu dihindari

32.   Dengan adanya kenaikan upah tenaga kerja, maka akan berakibat pada ....
A.   makin banyak bahan disubstitusikan untuk menghasilkan produk hingga makin banyak buangan
B.   makin sedikit bahan disubstitusikan untuk menghasilkan produk sehingga makin sedikit buangan
C.   makin banyak bahan untuk menghasilkan produk namun tidak mempengaruhi jumlah buangan
D.   tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah produk ataupun buangan

33.   Strategi, kebijaksanaan dan langkah pengelolaan lingkungan hidup perlu diberi wadah dalam suatu organisasi, karena ....
A.   sudah menjadi kebiasaan bahwa organisasi diperlukan bagi setiap strategi, kebijaksanaan dan langkah pengelolaan lingkungan hidup
B.   organisasi berfungsi mengarahkan, mengkoordinasikan dan memadukan kebijakan lintas sektoral
C.   organisasi berfungsi mengawasi dan mengontrol operasional strategi, kebijakan dan langkah-langkah
D.   organisasi tidak diperlukan pada setiap kebijakan dan langkah pengelolaan lingkungan hidup

34.   Yang tidak dapat digunakan sebagai teknik analisis biaya terhadap penilaian dampak pembangunan terhadap lingkungan adalah pendekatan ....
A.   kompensasi
B.   proyek bayangan
C.   pengeluaran pencegahan
D.   ekternalitas disekonomis

35.   Pembuangan sisa dapat menimbulkan awa-ekonomi eksternal dan semakin sulit dipecahkan. Hal ini disebabkan oleh ....
A.   sedikitnya tempat bagi buangan padat
B.   biaya pembuangan dan informasi cukup tinggi
C.   belum adanya lembaga dan rangsangan yang memadai
D.   buangan padat tidak dapat didaur ulang

36.   Tingkat efisiensi sosial sistem ekonomi dapat tercapai apabila dipenuhi persyaratan tertentu, yaitu ....
A.   terjadi keseimbangan konsumen
B.   terjadi keseimbangan konsumen dan produsen
C.   distribusi pendapatan sudah merata
D.   pencemaran lingkungan dideflasikan

37.   Dalam internalisasi dampak ekstrenal produksi, produsen hanya akan memproduksi barang jika manfaat sosial marginal bernilai ....
A.   negatif
B.   positif
C.   < manfaat privat marginal
D.   = manfaat privat marginal = 0

38.   Kondisi di mana terjadi maksimisasi laba badan usaha yang bersaing adalah pada saat ....
A.   harga sama dengan biaya rata-rata
B.   harga sama dengan biaya total
C.   pendapatan marjinal lebih besar dari biaya marjinal
D.   biaya marjinal sama dengan harga

39.   Konsep keseimbangan bahan dalam suatu kegiatan ekonomi adalah bahan pada awal tahun ditambah bahan yang diambil selama tahun berjalan sama dengan bahan ....
A.   pada akhir tahun
B.   yang dibuang ke lingkungan
C.   yang kembali ke lingkungan
D.   pada awal tahun
     
40.   Sistem kerja pajak berbeda dengan sistem kerja subsidi. Perbedaan tersebut misalnya ....
A.   sistem pajak menganggap bahwa pemerintahlah yang mempunyai hak pada lingkungan
B.   sistem subsidi menganggap bahwa pemerintah mempunyai hak terhadap pencemaran
C.   sistem subsidi menganggap bahwa badan usaha mempunyai hak terhadap lingkungan
D.   pajak berfungsi menghilangkan perbedaan antara biaya sosial marjinal dan manfaat sosial marjinal suatu badan usaha

41.   Untuk menghitung manfaat suatu barang, di mana barang tersebut tidak diperjualbelikan dilakukan dengan menghitung ....
A.   sunk sost
B.   opportunity cost
C.   average cost
D.   marginal cost

42.   Dalam penilaian manfaat secara langsung, apabila manfaat sosial neto tidak dapat diperkirakan, maka teknik yang paling tepat digunakan adalah pendekatan ....
A.   modal manusia
B.   produktivitas
C.   nilai milik
D.   biaya kesempatan

     
PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 43  SAMPAI   63   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

43.   Seseorang akan pindah ke tempat lain untuk menghindari suara bising bila nilai gangguan lebih besar daripada surplus konsumen, penyusutan nilai milik dan biaya pindah,
sebab                       
teknik penilaian dampak pembangunan terhadap lingkungan dari segi biaya harus memanfaatkan proxy.

44.   Tarif limbah menginternalisasikan biaya eksternal secara langsung pada produsen dan konsumen produk yang bertanggung jawab terhadap timbulnya pencemaran lingkungan,
sebab                       
dengan adanya tarif limbah badan usaha dan rumah tangga berusaha mengekang diri untuk tidak membuang limbah sehingga dapat menghemat sejumlah uang daripada membayar tarif limbah.

45.   Pajak dan subsidi merupakan sarana alternatif pemerintah untuk melindungi dan memperbaiki kualitas lingkungan,
sebab                       
pajak dan subsidi mendorong dan merangsang perilaku ekonomi untuk melakukan perlindungan dan perbaikan kualitas lingkungan.

46.   Pencemaran udara oleh pabrik kimia tidak berdampak negatif pada lahan pertanian yang berada dekat pabrik tersebut,
sebab                       
pabrik kimia tersebut telah memanfaatkan sarana pencegah pencemaran.

47.   Industrialisasi yang tak berwawasan lingkungan akan mengakibatkan malapetaka bagi pembangunan nasional,
sebab                       
Industrialisasi menimbulkan pencemaran udara, air dan lahan yang disebabkan adanya limbah debu, cair dan padat yang timbul walaupun telah dibatasi dengan sarana tertentu.

48.   Yang belum kita miliki dalam pengelolaan lingkungan antara lain ialah kesadaran masyarakat yang merata terhadap penting dan perlunya pengelolaan lingkungan hidup,
sebab                       
hambatan pengelolaan lingkungan ialah adanya berbagai jenis proyek dan penerima pencemaran.

49.   Lingkungan hidup itu memiliki daya dukung yang tak terbatas karena luasnya kawasan di bumi ini,
sebab                       
lingkungan dalam arti luar meliputi lingkungan fisik, sosial, estetika dan ekonomi.

50.   Dampak peraturan langsung berakibat rumah tangga tidak memperoleh kepuasan optimal dalam mengkonsumsikan barang dan jasa,
sebab                       
dampak tarif limbah berakibat rumah tangga memperoleh kepuasan tetapi pada tingkat rendah.

51.   Eksternalitas merupakan manfaat atau biaya transaksi yang dinikmati atau ditanggung oleh anggota masyarakat, tetapi tidak diperhitungkan oleh pihak-pihak yang mengadakan transaksi,
sebab                       
eksternalitas mengakibatkan pasar yang secara swasta efisien menjadi lebih efisien secara sosial.

52.   Usaha meminimumkan biaya penangulangan pencemaran itu perlu,
sebab                       
sulit menghitung manfaat yang diperoleh dari usaha penanggulangan tersebut.

53.   Pajak pada hakikatnya meniadakan pengertian bahwa barang lingkungan itu tidak bernilai sehingga orang sesuka hati mencemari lingkungan,
sebab                       
dengan pajak pemerintah menyatakan berhak atas lingkungan sehingga badan usaha berpikir dua kali kalau akan mencemari karena harus membayar pajak pencemaran.

54.   Dampak pencemaran udara pada kesehatan dan milik manusia sebenarnya tidak begitu besar,
sebab                       
pencemaran udara terbatas pada daerah sekitar titik asal.

55.   Kerusakan akibat pencemaran air tergantung pada suatu faktor saja, yaitu unsur buangan yang masuk ke dalam air,
sebab                       
pencemaran air dapat dikurangi dengan desalinasi.

56.   Organisasi pengelolaan lingkungan hidup penting dan perlu untuk mewadahi kegiatan pengelolaahan lingkungan hidup,
sebab                       
organisasi tersebut dapat mengkoordinasikan dan mengarahkan pelaksanaan strategi, kebijaksanaan dan program yang diambil.

57.   Buangan padat tidak saja berasal dari industri, melainkan dari semua sektor ekonomi dan rumah tangga,
sebab                       
buangan padat terbanyak dari sektor pertanian.

58.   Pengurangan kandungan garam tidak memperbaiki kualitas air irigasi,
sebab                       
manfaat perbaikan kualitas air adalah kenaikan hasil ditambah dengan harga.

59.   Kelebihan pelarangan daripada pengaturan adalah tidak diperlukannya pengukuran aliran pancaran,
sebab                       
pelarangan hanya menentukan kegiatan yang dilakukan pencemar berjalan terus atau berhenti.

60.   Dengan tarif limbah pemerintah secara formal tidak menciptakan hak milik atas sumber daya air dan udara,
sebab                       
tarif limbah menciptakan rangsangan bagi suatu lembaga untuk menilai biaya alternatif yang berkaitan dengan penghindaran pajak.

61.   Subsidi pemerintah mengakibatkan badan usaha mengurangi sisa sampai pada satuan tertentu,
sebab                       
Biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada subsidi yang diterima.

62.   Pajak yang baik adalah yang menghilangkan perbedaan antara biaya sosial marjinal dengan biaya privat marjinal,
sebab                       
pajak menginternalisasikan biaya produksi eksternal sepenuhnya.

63.   Informasi yang tepat dapat meningkatkan peranserta masyarakat dalam perlindungan lingkungan,
sebab                       
informasi yang tepat dan relevan umumnya mahal sehingga masyarakat sulit untuk mendapatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar