Selasa, 25 Maret 2014

Soal latihan kemampuan dasar mengajar



LATIHAN MANDIRI
KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR
(AKTA8810)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 38,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Dalam kegiatan pembelajaran, yang dimaksud dengan pertanyaan adalah ...
A.   semua jenis pertanyaan yang muncul di dalam kelas
B.   perintah dan pertanyaan yang memerlukan jawaban
C.   segala pernyataan yang memerlukan respons lisan
D.   segala jenis pertanyaan yang diucapkan guru

2.   Sebelum mengajukan pertanyaan, Pak Budi terlebih dahulu menyajikan data tentang keadaan geografis Indonesia. Dalam hal ini, Pak Budi sedang menerapkan teknik ....
A.   memberi acuan
B.   memberi tuntunan
C.   mengadakan pemusatan
D.   memberi waktu berpikir
     
3.   Pertanyaan pelacak merupakan salah satu komponen keterampilan bertanya ....
A.   dasar
B.   lanjut
C.   mahir
D.   paripurna

4.   Contoh pertanyaan pelacak yang bertujuan untuk meminta persetujuan siswa, yaitu ....
A.   Mengapa kamu berpendapat seperti itu?
B.   Coba ulangi kembali jawabanmu!
C.   Bagaimana pendapat yang lain tentang jawaban Budi?
D.   Apa hubungan jawabanmu dengan polusi?

5.   Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan terjadinya interaksi adalah ....
A.   mengajukan pertanyaan kepada siswa tertentu
B.   membagi siswa menjadi kelompok kecil
C.   meminta siswa lain untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa
D.   mengajukan pertanyaan yang menuntut siswa menyumbangkan proses berpikir

6.   Coba perluas jawaban Anda! Kalimat tersebut merupakan contoh teknik pertanyaan pelacak yang meminta ....
A.   contoh
B.   jawaban yang lebih kompleks
C.   jawaban yang lebih relevan
D.   ketepatan jawaban

7.   Teknik bertanya adalah cara-cara yang digunakan oleh guru untuk mengajukan pertanyaan kepada ....
A.   sesama guru
B.   para siswa
C.   kepala sekolah
D.   wali kelas

8.   Cara guru mengajukan pertanyaan sangat tergantung kepada ....
A.   karakteristik dan latar belakang siswa
B.   jumlah siswa yang dihadapi
C.   jumlah kelas yang diajar
D.   banyaknya tugas yang diberikan guru

9.   Apa yang akan terjadi seandainya matahari tidak muncul di pagi hari? Kalimat tersebut termasuk pertanyaan ....
A.   aktif
B.   provokatif
C.   pasif
D.   reaktif

10.   “Salah satu binatang berkaki dua adalah ayam. Dapatkah kalian memberikan contoh binatang berkaki dua lainnya?” Contoh tersebut termasuk pertanyaan ....
A.   menggali
B.   permintaan
C.   mengarahkan
D.   retoris

11.   Pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban disebut pertanyaan ....
A.   menuntun
B.   retoris
C.   permintaan
D.   provokatif





12.   Pertanyaan yang menyebabkan orang melacak pikiran, perasaan, dan perbuatan sendiri serta menilai keefektifan perbuatan tersebut disebut pertanyaan ....
A.   inventory
B.   rhetorical
C.   prompting
D.   compliance

13.   Pertanyaan yang bertujuan untuk melancarkan dan mencetuskan  gagasan dalam pemecahan masalah disebut pertanyaan untuk ....
A.   menggiring siswa
B.   mengidentifikasi konsekuensi
C.   mengungkapkan pikiran dan perbuatan
D.   memacu gagasan siswa

14.   Suatu pertanyaan dapat memunculkan banyak jawaban. Pertanyaan seperti ini bersifat ....
A.   konvergen
B.   divergen
C.   homogen
D.   eksogen

15.   Salah satu cara guru agar siswa dapat berpikir kreatif dalam kegiatan pembelajaran adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang ....
A.   menarik
B.   mudah dijawab
C.   menantang
D.   sukar dijawab

16.   Yang termasuk penguatan negatif yang diberikan guru kepada siswa adalah ....
A.   memberikan pujian kepada penjawab yang benar
B.   menyajikan cerita yang menyenangkan
C.   menghindari jawaban yang benar dengan memberikan jawaban yang salah
D.   memperbolehkan siswa membaca cerita di perpustakaan

17.   Penguatan yang diberikan dengan cara menghapus rangsangan yang tidak menyenangkan disebut ....
A.   respons
B.   stimulus
C.   penguatan negatif
D.   penguatan positif

18.   Yang termasuk penguatan verbal adalah ....
A.   “Bodoh kau,” kata guru kepada Ali.
B.   “Tepat sekali,” kata guru kepada Tuti yang telah menjawab dengan benar.
C.   “Tidak benar,” ujar guru pada jawaban Diro yang salah.
D.   “Bukan itu,” kata guru kepada siswa yang telah membuat pilihan dengan salah.

19.   Maksud pemberian penguatan positif adalah untuk ....
A.   menyadarkan siswa dari kesalahan perilakunya
B.   menghukum siswa yang melakukan penyimpangan perilaku
C.   mempertahankan perilaku positif
D.   menghentikan perilaku negatif

20.   Salah satu cara untuk menghindari respons negatif adalah ....
A.   diam sejenak, kemudian menyuruh siswa mengulangi jawabannya
B.   meminta siswa lain untuk menanggapi jawaban temannya
C.   melupakan jawaban siswa dan beralih ke pertanyaan berikutnya
D.   mengulangi pertanyaan dan meminta siswa menjawab kembali

21.   Yang tergolong penguatan dalam bentuk mimik dan gerakan tubuh adalah ....
A.   sambil tersenyum ramah, guru menepuk bahu siswa setelah siswa itu menjawab dengan tepat
B.   guru menepuk bahu siswa yang sedang kesal
C.   guru memuji jawaban siswa yang menjawab dengan benar
D.   “Bagus benar,” kata guru kepada siswa yang menjawab benar.

22.   Contoh variasi yang tergolong dalam gerakan badan dan mimik adalah ....
A.   meminta siswa menulis di papan tulis
B.   menganggukkan kepala sambil tersenyum ramah
C.   berbicara dengan suara pelan-pelan
D.   mengucapkan satu kata dengan tegas

23.   Guru berkata, “Lihat, apa yang akan terjadi jika hujan terus-menerus!” Ucapan guru tersebut merupakan cara untuk
A.   memotivasi siswa
B.   memusatkan perhatian siswa
C.   membangkitkan semangat belajar siswa
D.   membuat siswa melakukan sesuatu



24.   Yang temasuk contoh pemusatan nonverbal adalah ....
A.   “Saya akan menjelaskan sekali lagi,” kata guru.
B.   “Bagus sekali jawabanmu,” kata guru.
C.   guru menjelaskan suatu konsep
D.   guru merujuk gambar di papan tulis

25.   Kesenyapan sebagai salah satu variasi yang dilakukan guru dengan tujuan ....
A.   menghilangkan kebosanan siswa
B.   memberi waktu berpikir kepada siswa
C.   menarik perhatian siswa
D.   meningkatkan keterlibatan siswa

26.   Setelah memberi contoh tentang suatu konsep, Pak Budi meminta para siswa secara berpasangan mencari 5 contoh lainnya. Dalam kegiatan tersebut terdapat variasi ....
A.   pola interaksi
B.   gaya mengajar
C.   pemusatan perhatian
D.   penggunaan alat bantu

27.   Pembicaraan guru dalam kelas yang dapat digolongkan kegiatan menjelaskan tampak pada kegiatan ....
A.   menerangkan terjadinya siang dan malam
B.   menanyakan kehadiran siswa
C.   mendiskusikan hasil pesta olahraga nasional
D.   tanya jawab dengan siswa tentang berita di koran

28.   Hal terpenting yang harus diperhatikan guru dalam merencanakan materi penjelasan adalah ....
A.   lingkungan belajar di sekolah
B.   karakteristik siswa yang akan diberi penjelasan
C.   fasilitas yang tersedia di sekolah
D.   waktu yang tersedia untuk penjelasan

29.   Pilihan kata yang digunakan dalam penjelasan guru harus disesuaikan dengan  ....
A.   pengalaman berbahasa siswa
B.   materi pelajaran
C.   tujuan pembelajaran
D.   perilaku berbahasa siswa

30.   Yang termasuk komponen pokok keterampilan menjelaskan adalah  ....
A.   menyajikan penjelasan
B.   menilai penjelasan

C.   merencanakan dan menilai penjelasan
D.   menyajikan dan menilai penjelasan

31.   Komponen keterampilan menjelaskan yang sangat erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam menggunakan bahasa lisan adalah  ....
A.   ilustrasi
B.   balikan
C.   penekanan
D.   kejelasan

32.   Setelah menjelaskan satu rumus fisika, guru mengajak siswa memecahkan satu soal fisika dengan menggunakan rumus tersebut. Dalam kaitannya dengan keterampilan menjelaskan, kegiatan guru ini tergolong dalam pendemonstrasian subkomponen ....
A.   kejelasan materi pokok
B.   penggunaan contoh dan ilustrasi
C.   pemberian tekanan
D.   umpan balik

33.   Kegiatan membuka dan menutup pelajaran dilakukan pada ....
A.   awal kegiatan pembelajaran
B.   akhir kegiatan pembelajaran
C.   awal dan akhir kegiatan pembelajaran
D.   awal dan akhir setiap penggal kegiatan pembelajaran

34.   Kegiatan membuka pelajaran, misalnya guru ....
A.   meminta seorang siswa memberikan papan tulis
B.   menanyakan ketidakhadiran seorang siswa kepada temannya
C.   menginformasikan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pembelajaran
D.   menyiapkan alat-alat yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran

35.   Di antara kegiatan berikut, yang termasuk kegiatan menutup pelajaran adalah ....
A.   meminta siswa mendiskusikan topik inti
B.   merinci kegiatan yang harus dilakukan siswa
C.   meminta siswa mengerjakan soal dengan rumus yang baru dibahas
D.   mengaitkan pelajaran yang baru dibahas dengan pelajaran yang akan datang



36.   Salah satu kegiatan menutup pelajaran adalah ....
A.   menyadarkan siswa akan pentingnya pelajaran yang telah dibahas
B.   memantapkan penguasaan siswa terhadap inti pelajaran yang telah dibahas
C.   menyiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran berikutnya
D.   mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari itu

37.   Prinsip kebermaknaan yang sesuai dengan kegiatan membuka pelajaran IPA adalah ....
A.   Guru membacakan cerita anak-anak kepada siswa.
B.   Guru menuliskan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam percobaan yang akan dilakukan.
C.   Guru menyajikan lawakan yang ditontonnya dari televisi.
D.   Guru mengajukan pertanyaan yang sulit dijawab siswa.

38.   Kegiatan membuka dan menutup pelajaran harus dilandasi dengan prinsip “berurutan dan berkesinambungan”, artinya, kegiatan tersebut harus ....
A.   bervariasi dengan urutan yang lancar dan wajar
B.   merupakan kegiatan yang utuh dan wajar  urutannya
C.   mempunyai fungsi khusus dalam penyajian inti pelajaran
D.   berdiri sendiri dan jelas fungsinya dalam kegiatan pembelajaran

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  39   SAMPAI   60,  PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!  
39.   Fungsi pertanyaan untuk ....
1)   mendorong siswa berpikir
2)   meningkatkan keterlibatan siswa
3)   membuat siswa takut

40.   Perlunya guru menguasai keterampilan bertanya antara lain karena ....
1)   siswa malas berpikir di kelas
2)   siswa belum terbiasa mengajukan pertanyaan
3)   guru terbiasa mendominasi kelas dengan ceramahnya
41.   Dalam menerapkan keterampilan bertanya, guru hendaknya menghindari hal-hal berikut:
1)   mengulangi pertanyaan sendiri
2)   mengulangi jawaban siswa
3)   mengajukan pertanyaan ke seluruh kelas

42.   Komponen-komponen keterampilan bertanya dasar antara lain ....
1)   pengajuan pertanyaan secara singkat dan jelas
2)   pengaturan urutan pertanyaan
3)   pemberian waktu berpikir

43.   Pertanyaan yang baik memiliki kriteria seperti berikut:
1)   jelas dan mudah dimengerti siswa
2)   terfokus pada suatu masalah
3)   memberikan respons yang menyenangkan

44.   Yang termasuk contoh-contoh penguatan verbal adalah ....
1)   guru memberi acungan jempol kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar
2)   “Bagus,” kata guru merespons jawaban yang benar dari siswa
3)   “Tepat sekali jawabanmu,” kata guru

45.   Tujuan memberikan penguatan untuk ....
1)   menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa
2)   memudahkan siswa belajar
3)   membangkitkan motivasi siswa

46.   Berikut ini adalah contoh-contoh memberikan pengurutan yang diberikan oleh guru.
1)   Kata guru kepada Adi, “Tak kusangka tulisanmu sebagus ini.”
2)   “Bagaimana keadaan ayahmu, Hadi? Sudah sembuh?” kata guru kepada Hadi.
3)   “Bagus benar gambarmu, Tina,” kata guru.

47.   Penguatan nonverbal dapat diberikan dalam bentuk ....
1)   sentuhan tubuh
2)   gerak mendekati
3)   pujian langsung

48.   Dalam kegiatan pembelajaran, mengadakan variasi bertujuan untuk mencapai hal-hal berikut:
1)   mendemonstrasikan kemampuan guru
2)   menghilangkan kebosanan siswa
3)   meningkatkan keterlibatan siswa
49.   Komponen variasi gaya mengajar  mencakup hal-hal berikut ....
1)   pergantian posisi
2)   kesenyapan sejenak
3)   mengadakan kontak pandang

50.   Hubungan antara kegiatan mengadakan variasi dengan situasi kelas adalah ....
1)   perhatian siswa menjadi terpusat
2)   perilaku belajar positif siswa termotivasi
3)   partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat

51.   Komponen-komponen keterampilan menga-dakan variasi ....
1)   gaya mengajar
2)   pola interaksi
3)   kemampuan siswa

52.   Variasi yang digunakan guru hendaknya sesuai dengan ....
1)   minat siswa
2)   tujuan pengajaran
3)   kemampuan siswa

53.   Penguasaan dengan baik terhadap keterampilan menjelaskan, memungkinkan guru dapat mencapai hal-hal berikut ....
1)   meningkatkan keterlibatan siswa
2)   menggunakan waktu secara efektif
3)   meningkatkan pemahaman siswa

54.   Langkah-langkah yang harus ditempuh guru dalam perencanaan memberi penjelasan ....
1)   menentukan istilah-istilah yang akan digunakan dalam menjelaskan
2)   memilih hukum/dalil yang sesuai untuk digunakan dalam menjelaskan
3)   menganalisis masalah secara menyeluruh dan sistematis

55.   Komponen keterampilan menjelaskan terdiri dari subkomponen, yaitu  ....
1)   variasi
2)   kejelasan
3)   balikan

56.   Prinsip yang harus diperhatikan guru dalam menyajikan penjelasan adalah ....
1)   penjelasan diberikan secara spontan
2)   penjelasan bermakna bagi siswa
3)   penjelasan diberikan sesuai dengan keperluan siswa

57.   Kegiatan membuka pelajaran bertujuan untuk ....
1)   menyiapkan mental siswa mengikuti pelajaran baru
2)   memberikan gambaran yang jelas tentang tugas yang akan  dilaksanakan siswa
3)   mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran baru

58.   Dalam kegiatan membuka pelajaran, menarik perhatian siswa dapat dilakukan guru dengan cara ....
1)   menggunakan alat bantu mengajar yang jarang dilihat siswa
2)   mengubah interaksi dari klasikal ke perorangan
3)   memvariasikan posisi berdiri guru didepan kelas

59.   Menutup pelajaran dapat dilakukan dengan cara ....
1)   menilai penguasaan siswa
2)   meninjau kembali
3)   memberikan tindak lanjut

60.   Membuat kaitan yang dilakukan guru dalam kegiatan membuka pelajaran dapat dilaksanakan dengan cara ....
1)   mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas
2)   mengajukan pertanyaan apersepsi
3)   merangkum pelajaran yang lalu

1 komentar: