LATIHAN MANDIRI
KEMAMPUAN DASAR
MENGAJAR
(AKTA8810)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 38, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Dalam kegiatan
pembelajaran, yang dimaksud dengan pertanyaan adalah ...
A. semua jenis pertanyaan yang
muncul di dalam kelas
B. perintah dan pertanyaan yang
memerlukan jawaban
C. segala pernyataan yang memerlukan
respons lisan
D. segala jenis pertanyaan yang
diucapkan guru
2. Sebelum
mengajukan pertanyaan, Pak Budi terlebih dahulu menyajikan data tentang keadaan
geografis Indonesia. Dalam hal ini, Pak Budi sedang menerapkan teknik ....
A. memberi acuan
B. memberi tuntunan
C. mengadakan pemusatan
D. memberi waktu berpikir
3. Pertanyaan pelacak merupakan
salah satu komponen keterampilan bertanya ....
A. dasar
B. lanjut
C. mahir
D. paripurna
4. Contoh
pertanyaan pelacak yang bertujuan untuk meminta persetujuan siswa, yaitu ....
A. Mengapa kamu berpendapat seperti
itu?
B. Coba ulangi kembali jawabanmu!
C. Bagaimana pendapat yang lain
tentang jawaban Budi?
D. Apa hubungan jawabanmu dengan
polusi?
5. Salah satu cara
yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan terjadinya interaksi adalah ....
A. mengajukan pertanyaan kepada
siswa tertentu
B. membagi siswa menjadi kelompok
kecil
C. meminta siswa lain untuk menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh siswa
D. mengajukan pertanyaan yang
menuntut siswa menyumbangkan proses berpikir
6. Coba perluas jawaban Anda!
Kalimat tersebut merupakan contoh teknik pertanyaan pelacak yang meminta ....
A. contoh
B. jawaban yang lebih kompleks
C. jawaban yang lebih relevan
D. ketepatan jawaban
7. Teknik bertanya
adalah cara-cara yang digunakan oleh guru untuk mengajukan pertanyaan kepada
....
A. sesama guru
B. para siswa
C. kepala sekolah
D. wali kelas
8. Cara guru
mengajukan pertanyaan sangat tergantung kepada ....
A. karakteristik dan latar belakang
siswa
B. jumlah siswa yang dihadapi
C. jumlah kelas yang diajar
D. banyaknya tugas yang diberikan
guru
9. Apa yang akan
terjadi seandainya matahari tidak muncul di pagi hari? Kalimat tersebut
termasuk pertanyaan ....
A. aktif
B. provokatif
C. pasif
D. reaktif
10. “Salah satu
binatang berkaki dua adalah ayam. Dapatkah kalian memberikan contoh binatang
berkaki dua lainnya?” Contoh tersebut termasuk pertanyaan ....
A. menggali
B. permintaan
C. mengarahkan
D. retoris
11. Pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban
disebut pertanyaan ....
A. menuntun
B. retoris
C. permintaan
D. provokatif
12. Pertanyaan yang menyebabkan orang melacak
pikiran, perasaan, dan perbuatan sendiri serta menilai keefektifan perbuatan
tersebut disebut pertanyaan ....
A. inventory
B. rhetorical
C. prompting
D. compliance
13. Pertanyaan yang bertujuan untuk melancarkan dan mencetuskan gagasan dalam pemecahan masalah disebut
pertanyaan untuk ....
A. menggiring siswa
B. mengidentifikasi konsekuensi
C. mengungkapkan pikiran dan perbuatan
D. memacu gagasan siswa
14. Suatu pertanyaan dapat memunculkan banyak jawaban. Pertanyaan seperti ini bersifat ....
A. konvergen
B. divergen
C. homogen
D. eksogen
15. Salah satu cara guru agar siswa dapat
berpikir kreatif dalam kegiatan pembelajaran adalah dengan mengajukan beberapa
pertanyaan yang ....
A. menarik
B. mudah dijawab
C. menantang
D. sukar dijawab
16. Yang termasuk penguatan negatif yang
diberikan guru kepada siswa adalah ....
A. memberikan pujian kepada penjawab yang benar
B. menyajikan cerita yang menyenangkan
C. menghindari jawaban yang benar dengan
memberikan jawaban yang salah
D. memperbolehkan siswa membaca cerita di
perpustakaan
17. Penguatan yang diberikan dengan cara
menghapus rangsangan yang tidak menyenangkan disebut ....
A. respons
B. stimulus
C. penguatan negatif
D. penguatan positif
18. Yang termasuk penguatan verbal adalah ....
A. “Bodoh kau,” kata guru kepada Ali.
B. “Tepat sekali,” kata guru kepada Tuti yang
telah menjawab dengan benar.
C. “Tidak benar,” ujar guru pada jawaban Diro
yang salah.
D. “Bukan itu,” kata guru kepada siswa yang
telah membuat pilihan dengan salah.
19. Maksud pemberian penguatan positif adalah
untuk ....
A. menyadarkan siswa dari kesalahan perilakunya
B. menghukum siswa yang melakukan penyimpangan
perilaku
C. mempertahankan perilaku positif
D. menghentikan perilaku negatif
20. Salah satu cara untuk menghindari respons
negatif adalah ....
A. diam sejenak, kemudian menyuruh siswa
mengulangi jawabannya
B. meminta siswa lain untuk menanggapi jawaban
temannya
C. melupakan jawaban siswa dan beralih ke
pertanyaan berikutnya
D. mengulangi pertanyaan dan meminta siswa
menjawab kembali
21. Yang tergolong penguatan dalam bentuk mimik dan
gerakan tubuh adalah ....
A. sambil tersenyum ramah, guru menepuk bahu
siswa setelah siswa itu menjawab dengan tepat
B. guru menepuk bahu siswa yang sedang kesal
C. guru memuji jawaban siswa yang menjawab
dengan benar
D. “Bagus benar,” kata guru kepada siswa yang
menjawab benar.
22. Contoh variasi yang tergolong dalam gerakan
badan dan mimik adalah ....
A. meminta siswa menulis di papan tulis
B. menganggukkan kepala sambil tersenyum ramah
C. berbicara dengan suara pelan-pelan
D. mengucapkan satu kata dengan tegas
23. Guru berkata, “Lihat, apa yang akan terjadi
jika hujan terus-menerus!” Ucapan guru tersebut merupakan cara untuk
A. memotivasi siswa
B. memusatkan perhatian siswa
C. membangkitkan semangat belajar siswa
D. membuat siswa melakukan sesuatu
24. Yang temasuk contoh pemusatan nonverbal
adalah ....
A. “Saya akan menjelaskan sekali lagi,” kata
guru.
B. “Bagus sekali jawabanmu,” kata guru.
C. guru menjelaskan suatu konsep
D. guru merujuk gambar di papan tulis
25. Kesenyapan sebagai salah satu variasi yang
dilakukan guru dengan tujuan ....
A. menghilangkan kebosanan siswa
B. memberi waktu berpikir kepada siswa
C. menarik perhatian siswa
D. meningkatkan keterlibatan siswa
26. Setelah memberi contoh tentang suatu konsep,
Pak Budi meminta para siswa secara berpasangan mencari 5 contoh lainnya. Dalam
kegiatan tersebut terdapat variasi ....
A. pola interaksi
B. gaya mengajar
C. pemusatan perhatian
D. penggunaan alat bantu
27. Pembicaraan guru dalam kelas yang dapat
digolongkan kegiatan menjelaskan tampak pada kegiatan ....
A. menerangkan terjadinya siang dan malam
B. menanyakan kehadiran siswa
C. mendiskusikan hasil pesta olahraga nasional
D. tanya jawab dengan siswa tentang berita di
koran
28. Hal terpenting yang harus diperhatikan guru
dalam merencanakan materi penjelasan adalah ....
A. lingkungan belajar di sekolah
B. karakteristik siswa yang akan diberi
penjelasan
C. fasilitas yang tersedia di sekolah
D. waktu yang tersedia untuk penjelasan
29. Pilihan kata yang digunakan dalam penjelasan
guru harus disesuaikan dengan ....
A. pengalaman berbahasa siswa
B. materi pelajaran
C. tujuan pembelajaran
D. perilaku berbahasa siswa
30. Yang termasuk komponen pokok keterampilan
menjelaskan adalah ....
A. menyajikan penjelasan
B. menilai penjelasan
C. merencanakan dan menilai penjelasan
D. menyajikan dan menilai penjelasan
31. Komponen keterampilan menjelaskan yang sangat
erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam menggunakan bahasa lisan adalah ....
A. ilustrasi
B. balikan
C. penekanan
D. kejelasan
32. Setelah menjelaskan satu rumus fisika, guru
mengajak siswa memecahkan satu soal fisika dengan menggunakan rumus tersebut.
Dalam kaitannya dengan keterampilan menjelaskan, kegiatan guru ini tergolong
dalam pendemonstrasian subkomponen ....
A. kejelasan materi pokok
B. penggunaan contoh dan ilustrasi
C. pemberian tekanan
D. umpan balik
33. Kegiatan membuka dan menutup pelajaran
dilakukan pada ....
A. awal kegiatan pembelajaran
B. akhir kegiatan pembelajaran
C. awal dan akhir kegiatan pembelajaran
D. awal dan akhir setiap penggal kegiatan
pembelajaran
34. Kegiatan membuka pelajaran, misalnya guru
....
A. meminta seorang siswa memberikan papan tulis
B. menanyakan ketidakhadiran seorang siswa
kepada temannya
C. menginformasikan tujuan yang ingin dicapai
dari kegiatan pembelajaran
D. menyiapkan alat-alat yang akan digunakan
dalam kegiatan pembelajaran
35. Di antara kegiatan berikut, yang termasuk
kegiatan menutup pelajaran adalah ....
A. meminta siswa mendiskusikan topik inti
B. merinci kegiatan yang harus dilakukan siswa
C. meminta siswa mengerjakan soal dengan rumus
yang baru dibahas
D. mengaitkan pelajaran yang baru dibahas dengan
pelajaran yang akan datang
36. Salah satu kegiatan menutup pelajaran adalah
....
A. menyadarkan siswa akan pentingnya pelajaran
yang telah dibahas
B. memantapkan penguasaan siswa terhadap inti
pelajaran yang telah dibahas
C. menyiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran
berikutnya
D. mengakhiri kegiatan pembelajaran pada hari
itu
37. Prinsip kebermaknaan yang sesuai dengan
kegiatan membuka pelajaran IPA adalah ....
A. Guru membacakan cerita anak-anak kepada
siswa.
B. Guru menuliskan langkah-langkah yang harus
ditempuh dalam percobaan yang akan dilakukan.
C. Guru menyajikan lawakan yang ditontonnya dari
televisi.
D. Guru mengajukan pertanyaan yang sulit dijawab
siswa.
38. Kegiatan membuka dan menutup pelajaran harus
dilandasi dengan prinsip “berurutan dan berkesinambungan”, artinya, kegiatan
tersebut harus ....
A. bervariasi dengan urutan yang lancar dan
wajar
B. merupakan kegiatan yang utuh dan wajar urutannya
C. mempunyai fungsi khusus dalam penyajian inti
pelajaran
D. berdiri sendiri dan jelas fungsinya dalam
kegiatan pembelajaran
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 39 SAMPAI
60, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
39. Fungsi pertanyaan untuk ....
1) mendorong siswa berpikir
2) meningkatkan keterlibatan siswa
3) membuat siswa takut
40. Perlunya guru menguasai keterampilan bertanya
antara lain karena ....
1) siswa malas berpikir di kelas
2) siswa belum terbiasa mengajukan pertanyaan
3) guru terbiasa mendominasi kelas dengan
ceramahnya
41. Dalam menerapkan keterampilan bertanya, guru
hendaknya menghindari hal-hal berikut:
1) mengulangi pertanyaan sendiri
2) mengulangi jawaban siswa
3) mengajukan pertanyaan ke seluruh kelas
42. Komponen-komponen keterampilan bertanya dasar
antara lain ....
1) pengajuan pertanyaan secara singkat dan jelas
2) pengaturan urutan pertanyaan
3) pemberian waktu berpikir
43. Pertanyaan yang baik memiliki kriteria
seperti berikut:
1) jelas dan mudah dimengerti siswa
2) terfokus pada suatu masalah
3) memberikan respons yang menyenangkan
44. Yang termasuk contoh-contoh penguatan verbal
adalah ....
1) guru memberi acungan jempol kepada siswa yang
menjawab pertanyaan dengan benar
2) “Bagus,” kata guru merespons jawaban yang
benar dari siswa
3) “Tepat sekali jawabanmu,” kata guru
45. Tujuan memberikan penguatan untuk ....
1) menumbuhkan kepercayaan diri pada siswa
2) memudahkan siswa belajar
3) membangkitkan motivasi siswa
46. Berikut ini adalah contoh-contoh memberikan
pengurutan yang diberikan oleh guru.
1) Kata guru kepada Adi, “Tak kusangka tulisanmu
sebagus ini.”
2) “Bagaimana keadaan ayahmu, Hadi? Sudah
sembuh?” kata guru kepada Hadi.
3) “Bagus benar gambarmu, Tina,” kata guru.
47. Penguatan nonverbal dapat diberikan dalam
bentuk ....
1) sentuhan tubuh
2) gerak mendekati
3) pujian langsung
48. Dalam kegiatan pembelajaran, mengadakan
variasi bertujuan untuk mencapai hal-hal berikut:
1) mendemonstrasikan kemampuan guru
2) menghilangkan kebosanan siswa
3) meningkatkan keterlibatan siswa
49. Komponen variasi gaya mengajar mencakup hal-hal berikut ....
1) pergantian posisi
2) kesenyapan sejenak
3) mengadakan kontak pandang
50. Hubungan antara kegiatan mengadakan variasi
dengan situasi kelas adalah ....
1) perhatian siswa menjadi terpusat
2) perilaku belajar positif siswa termotivasi
3) partisipasi siswa dalam pembelajaran
meningkat
51. Komponen-komponen keterampilan menga-dakan
variasi ....
1) gaya mengajar
2) pola interaksi
3) kemampuan siswa
52. Variasi yang digunakan guru hendaknya sesuai
dengan ....
1) minat siswa
2) tujuan pengajaran
3) kemampuan siswa
53. Penguasaan dengan baik terhadap keterampilan
menjelaskan, memungkinkan guru dapat mencapai hal-hal berikut ....
1) meningkatkan keterlibatan siswa
2) menggunakan waktu secara efektif
3) meningkatkan pemahaman siswa
54. Langkah-langkah yang harus ditempuh guru
dalam perencanaan memberi penjelasan ....
1) menentukan istilah-istilah yang akan
digunakan dalam menjelaskan
2) memilih hukum/dalil yang sesuai untuk
digunakan dalam menjelaskan
3) menganalisis masalah secara menyeluruh dan
sistematis
55. Komponen keterampilan menjelaskan terdiri
dari subkomponen, yaitu ....
1) variasi
2) kejelasan
3) balikan
56. Prinsip yang harus diperhatikan guru dalam
menyajikan penjelasan adalah ....
1) penjelasan diberikan secara spontan
2) penjelasan bermakna bagi siswa
3) penjelasan diberikan sesuai dengan keperluan
siswa
57. Kegiatan membuka pelajaran bertujuan untuk
....
1) menyiapkan mental siswa mengikuti pelajaran
baru
2) memberikan gambaran yang jelas tentang tugas
yang akan dilaksanakan siswa
3) mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran baru
58. Dalam kegiatan membuka pelajaran, menarik
perhatian siswa dapat dilakukan guru dengan cara ....
1) menggunakan alat bantu mengajar yang jarang
dilihat siswa
2) mengubah interaksi dari klasikal ke
perorangan
3) memvariasikan posisi berdiri guru didepan
kelas
59. Menutup pelajaran dapat dilakukan dengan cara
....
1) menilai penguasaan siswa
2) meninjau kembali
3) memberikan tindak lanjut
60. Membuat kaitan yang dilakukan guru dalam
kegiatan membuka pelajaran dapat dilaksanakan dengan cara ....
1) mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas
2) mengajukan pertanyaan apersepsi
3) merangkum pelajaran yang lalu
assalamualaikum apakahh boleh meminta kunci jawabannya pak?
BalasHapus