Jumat, 21 Maret 2014

Soal psikologi sosial



TUGAS MANDIRI
PSIKOLOGI SOSIAL
(ADPU4218)

Sesungguhnya, apapun yang Anda perbuat, Tuhan Maha Mengetahui.
Karena itu, bekerjalah dengan jujur dan jangan berlaku curang !



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  35, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Objek studi Psikologi Sosial adalah semua kondisi psikologis individu dalam masyarakat. Ini berarti bahwa Psikologi Sosial merupakan Ilmu yang mempelajari
A.   hubungan-hubungan yang ada antara berbagai kondisi sosial dengan kondisi psikologis dalam diri individu.
B.   hubungan-hubungan yang menyebabkan terganggunya jiwa individu.
C.   hubungan-hubungan khusus yang dapat menimbulkan gangguan sosial.
D.   hubungan-hubungan yang tidak ada kaitannya dengan disiplin ilmu pengetahuan sosial lainnya.

2.   Aliran yang berpendapat bahwa perilaku dapat dibentuk atau diubah sesuai dengan apa yang dikehendaki adalah aliran
A.   behaviorisme.
B.   psikoanalisa.
C.   humanisme.
D.   cognitif.
     
3.   Proses hubungan yang saling mempengaruhi antara individu satu dengan individu lain, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok, disebut
A.   interelasi.
B.   komunikasi.
C.   introyeksi.
D.   interaksi.

4.   Setelah melakukan analisis data, seorang peneliti sibuk mencari informasi dengan cara mewawancarai para ahli dan membaca buku-buku kepustakaan, sebab hasil penelitian tidak sesuai dengan hipotesis yang diajukannya. Tingkah laku penelitian ini didorong oleh
A.   disonansi kognitif.
B.   harapan peran.
C.   ketegangan yang menimbulkan lokomosi.
D.   reinforcement negatif.



5.   Secara psikologis, keadaan disonansi adalah keadaan yang tidak nyaman. Berikut ini adalah bentuk-bentuk perilaku yang dimaksud untuk mengurangi disonansi, kecuali
A.   Ketika nilai ujian tengah semester Psikologi Sosial diumumkan Supar mendapat nilai D. Kepada teman-temannya kemudian Supar menceritakan bahwa listriknya padam semalam menjelang ujian.
B.   Karena uangnya tidak cukup untuk membeli mobil baru, Dani kemudian membeli mobil lama dengan merek yang sama.
C.   Setelah sepatu hak tingginya diolok-olok teman, kemudian sepatu hak tinggi itu diberikan kepada tetangganya.
D.   Karena sering diejek sebagai banci, Ganang meskipun sebenarnya adalah lelaki tulen, tapi justru terus mengenakan pakaian wanita.

6.   Melalui musyawarah gang, remaja itu mufakat untuk menetapkan standar perilaku yang harus diikuti setiap anggotanya. Sebagai anggota baru, Bagong langsung melaksanakan aturan itu, agar loyalitasnya tidak disangsikan lagi. Bahkan bagi Bagong aturan itu sudah menjadi bagian dari pribadinya, dan menjadi pedoman dalam setiap tingkah lakunya. Proses yang terjadi pada bagong itu dikenakan sebagai
A.   internalisasi norma.
B.   standar internal.
C.   kelompok rujukan.
D.   norma kelompok

7.   Masalah persepsi yang sangat erat kaitannya dengan sikap dan prasangka sosial adalah masalah
A.   person perception.
B.   intergroup perception.
C.   social perception.
D.   self perception.





8.   Proses persepsi mengikuti sistematika sebagai berikut
A.   penginderaan - seleksi - organisasi - penafsiran.
B.   penginderaan - seleksi - penafsiran - organisasi.
C.   seleksi - penginderaan - organisasi - penafisran.
D.   seleksi - organisasi - penginderaan - penafsiran.

9.   Urut-urutan proses berikut ini yang paling benar adalah
A.   persepsi diri ® konsep diri ® harga diri ® kepercayaan diri.
B.   kepercayaan diri ® harga diri ® persepsi diri ® konsep diri.
C.   persepsi diri ® harga diri ® konsep diri ® kepercayaan diri.
D.   konsep diri ® kepercayaan diri ® harga diri ® persepsi diri.

10.   Mau menerima kritik apapun bentuknya, dan mau menceritakan sebagian rahasia diri kita yang tidak penting, adalah sangat bermanfaat bagi kita khususnya dalam
A.   veridikalitas persepsi kita tentang self, yang berguna untuk pengembangan diri guna membangun konsep diri kita yang positif.
B.   mengatasi hambatan yang ada pada diri kita, lewat usaha pengembangan diri, hingga akhirnya didapatkan konsep diri yang positif.
C.   pengembangan kemampuan self disclosure, yang sangat penting bagi nilai sosial individu.
D.   pengembangan tema sentral kepribadian kita dalam rangka interaksi kita dengan lingkungan.

11.   Persepsi sosial dengan komunikasi mempunyai kaitan yang sangat erat. Warna dan corak hubungan itu akan tergantung kepada hal tertentu, khususnya di dalam
A.   menafsirkan dan memberi makna pada informasi.
B.   pemenuhan kebutuhan rasa ingin tahu.
C.   cara berkomunikasi yang sopan biasanya dipersepsikan sebagai sesuatu yang baik.
D.   pemberian informasi yang terus menerus dapat mengubah warna dan corak persepsi.





12.   Dalam memahami motivasi, psikologi sosial lebih menekankan pembahasan tentang
A.   sifat motivasi sebagai bawaan biologis atau bukan biologis.
B.   asal motivasi dari dalam (internal) atau dari luar (eksternal) diri manusia.
C.   bagaimana individu belajar untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan atau menyalurkan motivasinya.
D.   jenis-jenis motivasi yang dimiliki manusia.

13.   Perbedaan utama pandangan kaum Stoik dan kaum Epicurean, tentang prinsip motivasi adalah dalam hal
A.   arah orientasi pemenuhan kebutuhan.
B.   tujuan dibentuknya masyarakat.
C.   perlunya tolong menolong dalam memenuhi kebutuhan.
D.   Stoik dan Epicurean tidak berbicara masalah kebutuhan masyarakat.

14.   Ungkapan “homo homini lupus” (manusia adalah serigala bagi manusia lainnya) yang mencerminkan pendapat Hobbes, mewakili pandangan bahwa manusia
A.   mengutamakan kepentingan dan kelangsungan hidupnya sendiri.
B.   merupakan bagian masyarakat yang rasionak dan alamiah.
C.   memikul tanggung jawab untuk membantu orang lain.
D.   berusaha menyeimbangkan kepentingan diri sendiri dan orang lain.

15.   Dalam psikologi dikenal adanya kaidah yang berbunyi: sesuatu yang menyenagkan cenderung untuk didekati, dan sesuatu yang tidak menyenangkan cenderung untuk dihindari. Kaidah tersebut amat sesuai dengan prinsip dasar yang dikemukakan oleh teori
A.   Exchange dan Inscentive.
B.   Lapangan dan Insentive.
C.   Drive dan Instinks.
D.   Instinks dan Exchange.

16.   Apabila individu mengalami konflik approach-approach, akibatnya individu berada dalam keadaan yang tidak seimbang, Untuk mencapai kondisi yang seimbang, menurut Lewin akan tergantung kepada
A.   nilai kepentingan dan kekuatan region.
B.   veridikalitas persepsi.
C.   life spacenya.
D.   valensinya.





17.   Teori Leon Festinger menyatakan bahwa besarnya disonansi kognitif merupakan fungsi dari
A.   ada tau tidaknya konsistensi atau kesesuaian antara dua kognisi.
B.   kemauan orang yang mengalami dosonansi kognitif untuk memecahkan masalahnya.
C.   pengalaman orang yang mengalami disonansi kognitif dan bagaimana ia memandang disonansi tersebut.
D.   jumlah kognisi yang disonan dibandingkan yang konsonan serta kepentingan kognisi-kognisi tersebut.

18.   Menurut Harry C. Triandis, sikap dapat didefinisikan sebagai
A.   suatu keyakinan terhadap objek psikologis tertentu yang mengarahkan perilaku seseorang terhadap objek tersebut.
B.   suatu ide yang bermuatan emosi dan menjadi predisposisi tingkah laku dalam menghadapi suatu situasi.
C.   suatu keyakinan yang dipakai sebagai acuan untuk menginterpretasi, mengevaluasi, dan mengantisipasi suatu situasi baru.
D.   suatu ide yang bermuatan emosi yang membantu orang untuk memecahkan masalah di lingkungan sekitarnya.

19.   Perbedaan batasan sikap antara Allport dengan Krech dan Crutchfield terletak pada penekanan pengaruh
A.   masa lalu dan masa sekarang.
B.   faktor situasional.
C.   organisme aktif.
D.   dimensi sikap.

20.   Dalam pengertian sikap terkandung adanya beberapa komponen sikap, yaitu
A.   perasaan dan tingkah laku.
B.   pikiran dan kecenderungan tingkah laku.
C.   perasaan, pikiran dan tingkah laku.
D.   perasaan, pikiran dan kecenderungan tingkah laku.

21.   Yang dapat dijadikan objek sikap adalah
A.   apa saja yang dapat dikenai pendapat.
B.   apa saja yang dapat diamati oleh indera.
C.   apa saja yang berhubungan dengan manusia.
D.   apa saja yang tercakup dalam dunia psikologis seseorang yang dibatasi oleh pengalaman hidupnya.




22.   Apabila sikap telah tertanam kuat dalam diri seseorang, kemudian oleh suatu sebab tertentu orang tersebut harus mengubah sikapnya, maka menurut Osgood dan Tannenbaum individu tersebut akan mengalami
A.   penyesuaian baru terhadap objek.
B.   disorentasi sikap.
C.   incongruence dalam dirinya.
D.   kondisi yang balance.

23.   Ketika pak Camat menghadiri penyuluhan KB, hampir seluruh warga yang hadir menunjukkan sikap positifnya dalam melaksanakan KB. Namun ketika PLKB datang ke rumah mereka untuk menagih janji, hanya 36% jumlah warga yang melaksanakan KB. Sikap dan perilaku warga ini dapat dijelaskan lewat
A.   sikap bersifat tidak konsisten.
B.   adanya sifat differensiasi dari sikap.
C.   pengaruh kehadiran pak Camat.
D.   sikap hanyalah kecenderungan tingkah laku.

24.   Nining dan Nunung adalah saudara kembar yang kuliah di UT. Mereka hampir tidak pernah terpisahkan satu dengan yang lain. Pada suatu hari ditanya bagaimana sikap mereka seandainya mempunyai pacar seorang pecandu narkotika. Nining menjawab lebih baik putus, dan Nunung menjawab “lihat dulu, masih mungkin ngak disembuhkan”. Sikap mereka yang berbeda itu dapat terjadi karena adanya perbedaan pada
A.   pengalaman mereka.
B.   dunia psikologis.
C.   pergaulan mereka.
D.   pengetahuan mereka.

25.   Kegiatan persuasif tidak selalu berhasil karena tidak semua orang mudah dipengaruhi orang-orang yang tidak mudah dipengaruhi adalah orang-orang yang
A.   menunjukkan kecenderungan mengasing-kan diri dari pergaulan sosial.
B.   memberikan respon dengan tegas terhadap suatu hal/kejadian.
C.   mempunyai rasa rendah diri karena merasa masih banyak kekurangan pada dirinya dan karena keadaan sosialnya yang tidak mengijinkan.
D.   mempunyai orientasi kelompok.





26.   Penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh tingkah pendidikan terhadap kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar di sebuah propinsi, paling tepat mengunakan metode pengambilan sampel
A.   statified proportional random sampling.
B.   statified proportional non-random sampling.
C.   statified proportional purposive sampling.
D.   statified proportionalinsidental sampling.

27.   Adanya usaha pemenuhan kebutuhan manusia biasanya mendorong terbentuknya persekutuan. Agar tujuan dan kerjasama persekutuan tercapai secara efektif dan efisien perlu adanya pembagian tugas. Pembagian tugas pada organisasi yang telah berkembang dengan struktur resmi, menimbulkan
A.   strukturisasi.
B.   pembagian peran.
C.   status sosial.
D.   koordinasi.

28.   Salah satu ciri yang tidak memungkinkan kreativitas dapat berkembang dengan baik pada orang bertipe kepribadian Apolonian, adalah
A.   keras kepala.
B.   berpenampilan tenang.
C.   tidak pernah ekstrim.
D.   mudah bingung dan kacau.

29.   Dalam suatu keluarga yang “broken home” biasanya terjadi disintegrasi yang disebabkan adanya pelanggaran terhadap hakikat organisasi sosial, namun biasanya masih ada satu hakikat organisasi sosial yang masih melekat padanya, yaitu
A.   norma yang diakui oleh anggota.
B.   homogenitas anggota.
C.   peranan setiap anggota.
D.   intensitas hubungan antar naggota.

30.   Tema kesetiakawanan sosial sering muncul menjadi tema sentral pembicaraan yang hangat diantara para pejabat maupun ilmuwan. Melihat ciri-ciri kelompok masyarakat yang ada, nampaknya tujuan antara yang dapat digunakan sebagai batu loncatan dalam mencapai terbentuknya masyarakat yang mempunyai kesetiakawanan sosial yang tinggi adalah
A.   membership group.
B.   reference group.
C.   primary group.
D.   secondary group.

31.   Yang dimaksud dengan kepemimpinan adalah
A.   kualitas pribadi individu sehingga pantas disebut pemimpin.
B.   cara-cara pemimpin menjalankan fungsi-fungsi dan peranannya.
C.   siatuasi dalam kelompok yang menentukan interkasi anggota.
D.   cara-cara pemilihan sehinga terpilih seorang pemimpin.

32.   Kesimpulan perumusan konsep “kelompok” yang dikemukakan Lewin, Cattell, Proshansky dan Seindenberg terkandung pengetian bahwa kelompok paling tidak mempunyai ciri-ciri
A.   saling ketergantungan antaranggota; untuk memperoleh pemuasan kebutuhan; dan mempunyai aturan main yang jelas dalam mencapai tujuan.
B.   dua orang atau lebih individu yang saling tergantung, untuk memperoleh pemuasan kebutuhan; dan terorganisir.
C.   saling ketergantungan antaranggota; terdiri dua orang atau lebih sebagai sarana memperoleh pemuasan kebutuhan.
D.   adanya saling ketergantungan antar-anggota; sebagai sarana uantuk memperoleh pemuasan kebutuhan.

33.   Meskipun antok menjadi ketua mahasiswa pecinta alam di Fisip UT, namun dalam setiap proses pengambilan keputusan dan pengaruhnya terhadap anggota, nampaknya Hari yang menjabat seksi latihan dan perbekalan lebih dapat diunggulkan daripada Antok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
A.   antok adalah pemimpin informal dan Hari adalah pemimpin formal.
B.   Hari pemimpin informal dan antok pemimpin formalnya.
C.   Antok dan Hari keduanya adalah pemimpin formal.
D.   Antok dan Hari keduanya adalah pemimpin informal.


34.   Contoh aplikasi dari hasil studi Jenkins 1947 tentang kepemimpinan adalah
A.   Yana kemudian menjadi kreatif setelah diangkat menjadi kepala bagian pemasaran.
B.   meski telah dipromosikan sebagai kepala pusat penelitian, Lili tetap menerapkan sifat-sifat kepemimpinannya yang sama dengan jabatan yang dipangku sebelumnya.
C.   dalam kedudukannya sebagai direktris PT Pemulung Jaya, Ani lebih menekankan pentingnya aneka macam variasi kebijakan dalam menekankan pentingnya aneka macam variasi kebijakan dalam menghadapi berbagai situasi yang berbeda.
D.   setiawan menjunjung tinggi rasa humor, kreativitas, inisiatif, dan semangat kerja yang tinggi, setelah diangkat sebagai manajer produksi.

35.   Banyak masyarakat awam dan juga beberapa orang ahli menilai bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono IX (almarhum), memang dilahirkan dengan sejumlah bakat dan sifat memimpin, dan mampu memimpin dalam perbagai situasi. Pernyataan ini sesuai dengan teori
A.   tokoh besar.
B.   perilaku.
C.   sifat.
D.   situasional.

     

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  36 SAMPAI  40,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

36.   Menurut teori Tabularasa, tingkah laku sosial manusia dibawa sejak lahir
sebab                 
Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.

37.   Sikap negatif terhadap objek tertentu tidak secara otomatis memunculkan tingkah laku negatif terhadap objek tersebut
sebab                 
Sikap itu berbeda dengan tingkah laku.

38.   Konflik Ploan jarang sekali terjadi pada masyarakat yang masih sederhana
sebab                 
Para anggotanya tidak pernah merasa konflik.


39.   Menurut teori situasional situasi yang berbeda menuntut dilaksanakannya fungsi kepe-mimpinan yang berbeda pula
sebab                 
Kepemimpinan dipengaruhi oleh lingkungan dimana kepemimpinan itu berfungsi.

40.   Gaya kepemimpinan yang terarah kepada orang (people oriented) akan menimbulkan moril kerja yang tinggi tetapi produktivitasnya bisa menjadi rendah
sebab                 
Pemimpin yang menggunakan gaya yang terarah kepada orang cenderung menomorduakan tugas.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   41   SAMPAI   45,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
41.   Hal-hal yang mendorong keeratan hubungan antara psikologi sosial dengan antropologi dan sosiologi adalah
1)   secara historis, psikologi sosial jauh lebih muda dibanding antropologi dan sosiologi
2)   objek materinya sama
3)   psikologi sosial banyak meminjam konsep-konsep dari antropologi dan sosiologi untuk menerangkan penyimpanan dan sosiologi untuk menerangkan penyimpangan-penyimpangan dalam hasil penelitian Psikologi Sosial










42.   Konflik menunjukkan adanya pertentangan antara
1)   daya-daya yang mempunyai arah berlawanan tetapi dalam kadar kekuatan yang sama
2)   kepentingan atau keinginan yang sama dari dua pihak yang bersaingan
3)   pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pengikut kompetisi yang saling bersaing dengan sehat

43.   Menurut Leon Festinger, untuk disonansi kognitif dapat mengubah elemen
1)   tingkah laku
2)   penghayatan
3)   kognitif

44.   Faktor-faktor penyebab terjadinya konflik peranan antara lain adalah
1)   banyaknya peranan yang dimiliki seseorang
2)   kompleksitas kedudukan dan peranan
3)   masyarakat sudah modern

45.   Salah satu fungsi pemimpin adalah sebagai eksekutif. Tugas-tugas eksekutif yang harus dijalankan antara lain 
1)   mengkoordinir kegiatan - kegiatan kelompok
2)   memberikan imbalan dan hukum
3)         mendelegasikan sebagian wewenang dan tanggung jawab

1 komentar: