Kamis, 01 Mei 2014

Latihan Soal Teori Ekonomi Mikro II



TUGAS MANDIRI
TEORI EKONOMI MIKRO II
(ESPA4311)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 76,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Yang dimaksud konsumen bertindak rasional dalam model advertensi Buchanan ....       
A.   memaksimumkan utilitas dengan pendapatan yang sudah tertentu
B.   kesetiaannya terhadap suatu merek tidak goyah oleh kegiatan advertensi yang lain
C.   alokasi pendapatan untuk konsumsi dipengaruhi oleh kegiatan advertensi produk barang konsumsi
D.   pola konsumsi ditentukan oleh kuat tidaknya  advertensi

2.   Model advertensi Buchanan menyatakan bahwa keseimbangan akan bertahan dalam jangka panjang jika tidak ada ....        
A.   profit
B.   profit normal
C.   profit abnormal
D.   return
     
3.    Rumusan tersebut, dalam model advertensi Chamberlin, adalah merupakan indeks ....
A.   advertensi
B.   harga
C.   relatif
D.   marginal cost

4.   Setiap kali perusahaan mengadakan pengeluaran advertensi pada suatu periode tertentu perusahaan menyesuaikan diri yang ideal secara gradual, adalah ini dari model advertensi ....
A.   marginalis
B.   managerial
C.   Buchanan
D.   distribusilog

5.   Kegiatan advertensi pada dasarnya merupakan penyampaian informasi sehingga ....
A.   permintaan inelastik
B.   permintaan elastik
C.   penawaran inelastik
D.   penawaran elastik

6.   Asumsi dasar yang membedakan model Boumol dengan marginalis adalah ....
A.   rasionalitas produsen
B.   teknologi tetap
C.   adanya pemisahan antara manajer dengan pemilik
D.   adanya pemisahan antar manajer

7.   Model Chamberlin mengenai advertensi mempunyai asumsi antara lain ....
A.   tidak ada hubungan erat antara biaya advertensi dengan pangsa pasar
B.   adanya hubungan erat antara biaya advertensi dengan pangsa pasar
C.   tujuan usaha bukan keuntungan maksimal
D.   spesifikasi produk harganya tidak tertentu

8.   Salah satu sebab model pengambilan keputusan tentang besarnya pengeluaran advertensi dikatakan marginalis karena model ini bertitik tolak dari asumsi bahwa sebuah perusahaan bertujuan ....
A.   mencari keuntungan maksimal
B.   mencari keuntungan normal
C.   memaksimalkan pemasangan iklan
D.   beroperasi pada biaya minimum

9.   Bila indeks kekuatan monopoli adalah k dan pedoman pengeluaran advertensi adalah A = KR dimana A adalah biaya advertensi dan R adalah pendapatan total, maka nilai dari k adalah ....
A.   k = 1
B.   k > 1
C.   k < 0
D.   0 < k < 1

10.   Biaya rata-rata akan bergeser karena dilaksanakan advertensi sehingga jarak vertikal lebar pada kuantitas barang sedikit dan menyempit pada kuantitas barang banyak. Hal ini karena biaya advertensi digolongkan sebagai ....
A.   biaya variabel dan biaya tetap
B.   biaya variabel
C.   biaya tetap
D.   tidak termasuk baik biaya variabel maupun biaya tetap

11.   Bila seluruh perusahaan menjalankan kegiatan advertensi dan promosi, maka akan menyebabkan ....
A.   banyak perusahaan yang pailit
B.   pangsa pasar semakin luas
C.   mencegah masuknya perusahaan lain
D.   otomatis profitnya akan meningkat
12.   Pada gambar di bawah ini menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi ....
A.   p maksimum jangka pendek
B.   dampak adanya entry
C.   dampak adanya exit
D.   equilibrium jangka panjang

13.   Pada gambar di bawah ini menunjukkan dampak dari adanya ....
A.   masuknya perusahaan baru ke dalam pasar sehingga ACO naik
B.   keluarnya beberapa perusahaan dari pasar sehingga ACO’ naik
C.   pengaruh jangka waktu dalam proses produksi
D.   menurunnya biaya advertensi

14.   Menurut Neoklasik, adanya tambahan biaya yang digunakan untuk menaikkan mutu produk akan diikuti kenaikan ....
A.   penawaran
B.   marginal cost
C.   average cost
D.   permintaan

15.   Jika strategi produksi yang dilakukan adalah menaikkan kualitas produk dengan tujuan untuk menaikkan penjualan, maka yang bergeser ke atas ....
A.   AC dan MC
B.   MR dan MC
C.   AC dan MR
D.   AFC dan MC

16.   Dalam model perilaku perubahan kualitas produk termasuk keputusan yang bersifat ....
A.   strategis
B.   administrasi
C.   operasional
D.   administrasi dan operasional

17.   Gambar berikut ini adalah pola kemampuan bertahan suatu produk di pasar ....
A.   perubahan permintaan konsumen
B.   kecepatan permintaan konsumen
C.   biaya produksi
D.   biaya tetap

18.   Fase II pada soal no. 17 disebut fase ....
A.   transisi
B.   penyelesaian
C.   naik
D.   jenuh

19.   Fase III pada soal no. 17 disebut fase menurunnya ....
A.   permintaan pasar
B.   skala produksi
C.   keuntungan
D.   permintaan usaha

20.   Perubahan kualitas produk harus dilakukan jika product life cycle sudah mencapai tahap ....
A.   I
B.   II
C.   III
D.   IV

21.   Model perilaku mengelompokkan pengambilam keputusan menjadi tiga golongan besar yaitu ....
A.   strategis, ekonomis, administratif
B.   ekonomis, administratif, operasional
C.   strategis, administratif, operasional
D.   strategis, operasional, ekonomis

22.   Bila p = 400 dan besar AC = + 10 + 1,5 Q, maka titik optimal model neoklasik atau tercapai pada produksi sebesar ....
A.   130 unit
B.   142,5 unit
C.   266,66 unit
D.   280 unit

23.   Tujuan diskriminasi harga di pasar input adalah ....
A.   pembelian input agar biaya minimum
B.   alokasi pembelian input disegmen pasar sehingga biaya minimum
C.   menaikkan profit
D.   memaksimumkan output

24.   Bila harga input naik maka ....
A.   profit akan turun
B.   return akan turun
C.   TR - TC akan turun
D.   kuantitas input optimal turun

25.   Jika total variabel cost > total Revenue maka perusahaan ....
A.   masih lebih baik jika meneruskan usahanya
B.   sudah harus menutup usahanya
C.   bisa meneruskan atau menutup usahanya
D.   harus memaksimumkan outputnya

26.   Perusahaan dalam jangka pendek masih mampu untuk bertahan apabila ....
A.   TVIC < TRP
B.   PL .L + PK .K > TRP
C.   PL > ARP
D.   TFIC < TRP

27.   Pada gambar ini, kurva no. 2 merupakan kurva  yang menunjukkan besarnya ....
A.   MIC
B.   TRP
C.   TiC
D.   TP

28.   Jika monopolis dan monopsonis bertemu di pasar, maka yang menentukan harga ....
A.   kekuatan monopolis
B.   kekuatan monopsonist
C.   kekuatan tawar menawar kedua pihak
D.   bertemunya supply dan demand

29.   Diskriminasi harga di pasar input dapat dilakukan oleh ....
A.   monopolis
B.   monopsonis
C.   monopolis dan monopsonis
D.   bukan monopolis dan bukan monopsonis

30.   Input akan digunakan secara optimal jika ....
A.   MRP < MIC
B.   MRP < MIC
C.   TRP ¹ TIC
D.   MRP = MIC

31.   Soal no. 31 - 33 dijawab dari pernyataan berikut ini; seorang petani memiliki lahan 0,3 hektar lahan tersebut ditanami 2 jenis tanaman yaitu A dan B yang hubungan kedua produk dapat dilukiskan dalam suatu persamaan A = 16 - 0,01 B2. Harga produk A dan B, masing-masing Rp0,5 dan Rp0,25.
        Petani tersebut akan memproduksi A sebanyak ....
A.   9,75
B.   11,13
C.   25
D.   35,5

32.   Petani memproduksi B sebanyak ....
A.   9,75
B.   11,13
C.   25
D.   35,5

33.   Pendapatan petani adalah sebesar (dalam rupiah) ....
A.   9,75
B.   11,13
C.   25
D.   35,5

34.   Fungsi atau persamaan yang menggambarkan hubungan input atau kombinasi input-input dengan outputnya disebut fungsi ....
A.   korelasi
B.   konsumsi
C.   interaksi
D.   produksi

35.   Yang pertama kali mempersoalkan ada atau tidaknya keseimbangan umum itu ialah ....
A.   Bain
B.   Pareto
C.   Leon Walras
D.   Buchanan

36.   Apabila ada suatu himpunan harga yang dapat menyamakan permintaan dan penawaran sehingga terjadi keseimbangan dalam tiap produk dan faktor pasar serta saling konsisten, maka perekonomian yang demikian disebut dalam keadaan ....
A.   impas
B.   stabil
C.   keseimbangan umum
D.   keseimbangan parsial

37.   Yang pertama kali mempersoalkan ada atau tidaknya keseimbangan umum adalah ....
A.   Leon Walras
B.   K. Arrow
C.   G. Debreu
D.   James Quirk

38.   Yang pertama kali mempersoalkan ada tidaknya keseimbangan umum ....
        A.   Kaldor, abad 9
B.   Kaldor, abad 18
C.   Leon Walras, abad 19
D.   Leon Walras, abad 18

39.   Bila harga input mengalami kenaikan, maka akan menyebabkan ....
A.   kurva TRP turun
B.   kurva TIC akan naik
C.   MRP < MIC
D.   kurva MIC menurun
     
40.   Alokasi masukan antara para produsen menuntut syarat agar ....
A.   MRS antara setiap dua barang harus sama bagi semua konsumen
B.   MRTS antara tiap dua masukan harus sama bagi semua produsen
C.   MRS dan MRTS harus sama bagi tiap dua barang
D.   MRS dan MRTS harus sama

41.   Salah satu sebab mengapa tidak terdapat keseimbangan umum ialah ....
A.   adanya indivisibilitas
B.   adanya divisibilitas
C.   tidak adanya skala balik
D.   tidak adanya harga total

42.   Keseimbangan terjadi apabila ....
A.   terdapat indivisibilitas dan increasing return to scale
B.   tidak terdapat indivisibilitas dan terdapat increasing return to scale
C.   terdapat indivisibilitas dan tidak terdapat increasing return to scale
D.   tidak terdapat indivisibilitas dan tidak terdapat increasing return to scale

43.   Untuk mencapai manajemen yang baik dalam hal kualitas lingkungan dapat dibantu dengan ....
A.   analisis break even point
B.   feasibility study
C.   analisis investasi
D.   analisis biaya dan manfaat

44.   Pada flow chart penaksiran ongkos kerusakan sosial, pencemaran kualitas lingkungan terjadi karena akibat langsung dari ....
A.   aktivitas ekonomi
B.   emisi (pengeluaran)
C.   pengaruh pada individu dan alam
D.   nilai pengaruhnya pada individu dan alam

45.   Kurva transformasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ....
A.   haya menjelaskan 2 macam output
B.   berslope positif
C.   MRT berslope negatif
D.   cekung ke arah titik 0

46.   Dalam teori konsumen penyelesaian masalah external dapat dilakukan dengan ....
A.   peraturan
B.   mekanisme pasar
C.   campur tangan pemerintah
D.   produsen konsumen

47.   Model pembangunan eco-development bertitik tolak pada anggapan bahwa ....
A.   manusia tidak pernah memperhatikan lingkungan
B.   lingkungan alam dapat dikelola sesuai kehendak manusia
C.   manusia hidup dalam hubungan yang selaras dengan lingkungan
D.   manusia tidak sadar akan perkembangan lingkungan

48.   Ongkos-ongkos yang diderita masyarakat karena akibat aktivitas suatu perusahaan disebut ongkos ....
A.   eksternal
B.   internal
C.   ekstra
D.   eksploitasi
49.   Suatu ilmu yang berorientasi pada pembangunan yang memperhatikan lingkungan hidup disebut ....
A.   eco-system
B.   eco-development
C.   development-planning
D.   social-development

50.   Ongkos di dalam ekonomi lingkungan dapat didefinisikan sebagai ....
A.   benefit foregone
B.   cost avoided
C.   utility
D.   social damage cost

51.   Bila dalam satu perekonomian terdapat seorang pembeli dan seorang penjual, keadaan tersebut dikenal sebagai ....
A.   Kartel
B.   Merger
C.   Bilateral Monopoly
D.   Monopoly parsial

52.   Untuk menganalisa bagaimana hubungan antara satu sektor dengan sektor lainnya di dalam kegiatan perekonomian dapat digunakan analisa ....
A.   Pollution chart
B.   Benefit cost analysis
C.   keseimbangan umum
D.   input-output

53.   Pembangunan yang memperhatikan unsur pentingnya lingkungan hidup dikenal dengan model ....
A.   Ecosystem
B.   Benefit cost analysis
C.   Ecodevelopment
D.   Social benefit

54.   Salah satu manfaat utama dari koperasi adalah external economies, hal ini disebabkan oleh ....
A.   dapat berperan lebih besar dalam mekanisme pasar
B.   dapat menurunkan biaya produksi
C.   kenaikkan produktivitas karena penyebaran informasi dan teknologi
D.   adanya tanggung jawab sosial dan kekeluargaan

55.   Jika di pasar hanya ada satu orang pembeli, maka koperasi dapat didirikan untuk ....
A.   membentuk monopoli, untuk menghadapi monopsoni
B.   mendapatkan economis of scale
C.   mendapatkan eksternal economis
D.   membentuk monopsoni untuk menghada-pi monopolis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar