Rabu, 19 Maret 2014

Soal kebijakan bisnis



TUGAS MANDIRI
K E B I J A K A N   B I S N I S
(ADBI4437)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN  25,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Suatu keputusan tentang apa yang harus dilakukan dalam proses manajemen strategi dikenal sebagai.
A.   formulasi strategi
B.   implementasi strategi
C.   evaluasi strategi
D.   pengawasan strategi

2.   Corparate strategy merupakan strategi untuk.
A.   mengetahui pertumbuhan dan hasil-hasil yang dicapai dalam satu tahun
B.   menentukan arah dan keterpaduan dari tujuan perusahaan
C.   menentukan program kerja triwulan
D.   mengetahui laba yang sudah diperoleh pada akhir tahun

3.   Jika tingkat pertumbuhan bisnis rendah tetapi pangsa pasar yang dikuasai sempat tinggi maka menurut dualisis portofolio perusahaan berada pada posisi.
A.   star
B.   dogs
C.   question marks
D.   cash cows

4.   Setelah diadakan evaluasi terhadap potensi para manajer ternyata Pak Iwan yang menjabat sebagai manajer marketing termasuk dalam kategori kurang memiliki bakat manajerial “kurang adanya bakat manajerial” dalam analisis SWOT termasuk dalam kategori.
A.   ancaman
B.   kelemahan
C.   hambatan
D.   kerugian

5.   Menurut Thomas Wheeten dan David Hunger, sebelum melakukan formulasi strategi perlu melakukan.
A.   implementasi program
B.   perhitungan hasil
C.   estimasi program
D.   analisis lingkungan





6.   Menurut analisis SWOT strategi  defensif diterapkan apabila.
A.   banyak peluang yang bisa diraih tetapi perusahaan memiliki kelemahan yang kritis
B.   banyak peluang yang bisa diraih dan perusahaan memiliki kekuatan intern yang penting
C.   adanya ancaman yang besar tetapi perusahaan memiliki kekuatan intern yang penting
D.   adanya ancaman yang besar dan perusahaan memiliki kelemahan yang kritis

7.   Keputusan untuk mendefinisikan kembali bisnis perusahaan termasuk dalam kategori strategi pada tingkat.
A.   korporasi
B.   divisi
C.   teknis
D.   fugnsional

8.   Kombinasi antara struktur fugnsional dan divisional dikenal sebagai struktur.
A.   silang
B.   matriks
C.   sederhana
D.   kombinasi

9.   Budaya perusahaan yang bersifat formalisasi tinggi dan sentralisasi tinggi mendesain semua pekerjaannya dengan cara.
A.   sistmatis dengan melalui berbagai macam prosedur
B.   tidak banyak peraturan dan prosedur
C.   diatur secara informal
D.   diserahkan pada masing-masing bagian

10.   Model kewirausahaan dalam proses formulasi strategi menitikberakan pada.
A.   solusi
B.   perencanaan
C.   integrasi
D.   peluang

11.   Bagian awal dari proses formulasi strategi adalah.
A.   analisis pasar
B.   analisis situasi
C.   evaluasi SDM
D.   evaluasi profitabilitas


12.   Peningkatan perhatian terhadap kualitas hidup merupakan salah satu aspek analisis lingkungan sosial yang termasuk dalam kategori kekuatan
A.   sosial budaya
B.   sosial ekonomi
C.   ekonomi politik
D.   ekonomi

13.   Pernyataan di bawah ini berkaitan dengan filosofi politik dan bisnis. Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang salah?
A.   tujuan utama bisnis adalah melakukan kegiatan produksi untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya
B.   keputusan politik seringkali dibuat tidak rasional
C.   pihak-pihak yang berkepentingan dalam bisnis sangat besar jumlahnya dan sukar diidentifiaksi
D.   sasaran utama politik adalah mengalokasikan kekuatan di antara berbagai kelompok

14.   Pemerintah merupakan pembeli terbesar produk (barang/jasa) yang dihasilkan produsen. Dalam hal ini pemerintah berstatus sebagai
A.   pengatur
B.   pemberi subsidi
C.   konsumen
D.   pemasok

15.   Filosofi yang mendasari tujuan perusahaan disebut
A.   slogan
B.   semboyan
C.   visi
D.   misi

16.   Penerapan konsep MBO (Management by Objectives) merupakan program yang dipergunakan untuk
A.   menentukan tujuan operasional perusa-haan
B.   menentukan tujuan ofisial perusahaan
C.   mempengaruhi perumusan tujuan stra-tegis
D.   mempengaruhi kinerja karyawan

17.   Gugus kendali mutu merupakan aplikasi dari konsep
A.   MBO (Management by Obyective)
B.   TQC (Total Quality Contro)
C.   SBU (Small Business Unit)
D.   SWOT (stranght, Weakness Opportunity Trcoth)

18.   Salah satu kekuatan yang memberikan kontribusi dalam perumusan tujuan perusahaan koalisi internal. yang dimaksud koalisi interval di antaranya adalah
A.   pemilik modal
B.   pemasok barang
C.   pesaing utama
D.   staf pendukung

19.   Strategi stabilitas disebut juga strategi statusquo kaerna
A.   lebih banyak melakukan modifikasi usaha
B.   banyak memadukan semua sumber daya untuk pengembangan produk
C.   lebih banyak berfokus pada pendaya-gunaan sumber daya yang ada
D.   banyak memperluas segmen pasar

20.   “Pause strategy” adalah strategi yang dijalankan setelah melakukan strategi
A.   pertumbuhan cepat
B.   “wait and see”
C.   perolehan laba
D.   “no change”

21.   Pecaplokan usaha oleh perusahaan yang lebih besar di kenal sebagai strategi
A.   akuisisi
B.   konglomerasi
C.   konsentrasi
D.   integrasi

22.   Konsep “rengineering” merupakan konsep perbankan perusahaan yang disebabkan karen kesalahan
A.   menajemen
B.   modal
C.   operasional
D.   strategis

23.   Pemegang saham yang tidak mempunyai hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) termasuk dalam kepemilikan sahan
A.   biasa                   C.   kumulating
B.   preferen              D.   partisipasi

24.   Solvabilitas merupakan rasio antara
A.  
B.  
C.  
D.  

25.   Ratio likuiditas adalah ratio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam
A.   memenuhi kewajiban jangka pendeknya
B.   mempertahankan pertumbuhannya
C.   menciptakan nilai pasar
D.   menghasilkan keuntungan



PETUNJUK:       UNTUK SOAL NOMOR 26  SAMPAI DENGAN  35,   PILIHLAH!
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

26.   Dividen merupakan pembayaran yang diberikan kepada pemilik perusahaan atau pemegang saham atas modal yang mereka tanamkan di dalam perusahaan,
sebab                
di dalam neraca rugi laba, deviden di munculkan sebagai biaya.

27.   Perusahaan dengan skala besar mempunyai jenjang strategi yang bertingkat,
sebab                
jenjang strategi terdiri dari strategi korporate dan strategi fungsional.

28.   Analisis bersaing menitikberatkan pada faktor pemahaman yang luas tentang pesaing,
sebab                
jika kita ingin mengalahkan pesaing kita harus mengetahui strategi pesaing.

29.   Salah satu manfaat analisis dan diagnosis lingkungan adalah mampu mengantisipasi peluang,
sebab                
lingkungan sifatnya tidak menentu dan berubah sangat cepat.

30.   Para ekonom dan ahli pemasaran menganggap faktor demografis kurang memiliki andil dalam analisis pelanggan,
sebab                
keputusan pelanggan untuk membeli produk di antaranya ditentukan oleh kemudahan memperoleh produk dan harga produk.




31.   Proses perumusan tujuan perusahaan dipengaruhi oleh koalisi interval dan koalisi eksternal,
sebab                
tujuan perusahaan merupakan pedoman dalam rangka merancang strategi untuk mencapai standar kinerja yang diinginkan.

32.   Strategi diversifikasi konsentrik dilakukan dengan tujuan perluasan bidang usaha yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan bidang usaha sebelumnya,
sebab                
perluasan usaha dapat dilakukan dengan cara membeli unit usaha perusahaan lain atau dengan mendirikan sendiri.

33.   Strategi divestasi diambil karena ketidak mampuan manajemen dalam mengimple-mentasikan strategi pembenahan,
sebab                
likuidasi merupakan salah satu strategi divestasi dengan melalui penjualan aset fisik.

34.   “Strategy no Change” berarti bahwa dalam menjelankan usahanya, perusahaan hanya +sedikit melakukan tindakan perbaikan,
sebab                
strategi tanpa perubahan dijalankan karena adanya penyimpangan dari tujuan.

35.   Dalam membuat anggaran kas dibutuhkan kemampuan membuat taksiran jumlah penerimaan dan jumlah pengeluaran kas untuk suatu periode tertentu di masa yang akan datang,
sebab      

jumlah kas yang cukup, berarti kas tersebut mampu menjamin kelancaran operasi perusahaan.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   36   SAMPAI   45,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!  
36.   Analisis lingkungan eksternal organisasi meliputi
1)   peluang
2)   kelemahan
3)   ancaman



37.   Implementasi strategi dituangkan secara lebih operasional dalam bentuk
1)   program kegiatan
2)   misi kegiatan
3)   prosedur kegiatan

38.   Berpikir secara strategi berguna untuk
1)   bekeja sesuai dengan prosedur
2)   melihat secara jeli atau kebutuhan konsumen
3)   menangkap peluang baru

39.   Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam menyusun struktur antara lain
1)   garis-garis otoritas yang jelas
2)   kepemimpinan yang jelas
3)   penetapan tanggung jawab secara jelas

40.   Pernyataan sebuah visi seyogyanya memnuhi beberapa kriteria antara lain 
1)   bisa dimengerti
2)   bersifat luas
3)   tahun lama

41.   Tujuan operasional organisasi bersifat 
1)   menyeluruh
2)   kuantitatif
3)   mudah diukur

42.   Strategi integrasi horisontal dapat dilakukan melalui cara
1)   akuisisi
2)   diversifikasi
3)   merger

43.   Reduksi aset merupakan cara penghematan melalui cara
1)   program pensiun dini
2)   penjualan tanah
3)   penjualan peralatan

44.   Alat-alat lancar dalam aktiva lancar dapat berupa
1)   uang tunai
2)   piutang dagang
3)   piutang seketika

45.   Ciri aktiva tetap di antaranya adalah
1)   memiliki umur pemakaian kurang dari satu tahun
2)   tidak untuk dijual
3)   digunakan untuk keperluan operasi perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar