LATIHAN MANDIRI
STRATEGI
PEMBELAJARAN KESENIAN
DAN KETERAMPILAN
(AKTA8822)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 35, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Yang tidak termasuk masalah umum dalam
pembelajaran Seni Rupa dan Kerajinan Tangan, adalah ....
A. ketersediaan tenaga pengajar
B. fasilitas belajar
C. lingkungan
D. alokasi waktu
2. Masalah ketersediaan, penyebaran dan keahlian
tenaga pengajar seni rupa dan kerajinan tangan menjadi sangat penting untuk
diatasi, hal ini terkait dengan ....
A. program pemerintah
B. keperluan kurikulum
C. kebutuhan masyarakat
D. kebutuhan siswa
3. Alasan Kepala Sekolah
memperbantukan guru bidang studi lain untuk mengajar Seni Rupa dan Kerajinan
Tangan di SLTP dan SMU, karena guru ....
A. umumnya memiliki kemampuan
mengajar
B. pegawai negeri yang siap pakai
C. memperoleh tambahan honor
mengajar
D. banyak kekurangan jam mengajar
4. Dalam GBPP, kekurangan alokasi waktu untuk
pembelajaran seni rupa dan kerajinan tangan dapat diatasi melalui kegiatan ....
A. intrakurikuler
B. ekstrakurikuler
C. kurikuler
D. karyawisata
5. Wilayah
suara cambiata ialah ....
A. dari nada C sampai dengan d
B. dari nada c sampai dengan d
C. nada C1 sampai
dengan d2
D. nada C2 sampai
dengan d3
6. Diantara lagu-lagu di bawah ini yang wilayah
nadanya kurang sesuai dengan cambiata, adalah ....
A. Bagimu Negeri, ciptaan Kusbini
B. Hari Merdeka, ciptaan H. Muntahar
C. Maju Tak Gentar, ciptaan C.
Simanjuntak
D. Indonesia Raya, ciptaan W.R. Supratman
7. Perubahan
fisik pada remaja dumulai pada rentang relatif usia antara ....
A. 11 - 13 tahun
B. 15 - 17 tahun
C. 18 - 21 tahun
D. 20 - 22 tahun
8. Pada
masa kanak-kanak jangkauan suara berkisar antara bes oktaf kecil ke fis oktaf
2. Interval nada tersebut dapat digambarkan sebagai berikut ....
|
|
|
|

9. Dalam seni tari
terkandung nilai pendidikan sosial, mental, dan kultural, pernyataan ini
dikemukakan oleh ....
A. Soedarsono
B. Cony Semiawan
C. Koentjoroningrat
D. Frederick Rand Rogers
10. Guru ataupun pelatih tari hendaknya tidak menganggap dirinya
sebagai pemberi kete-rampilan menari, tetapi harus menganggap dirinya sebagai
....
A. pengajar
B. pendidik
C. pelatih
D. pembina
11. Agar
kondisi psikis peserta didik menyatu dengan cipta, rasa dan karsa, maka
diperlukan ....
A. pengabdian
B. pengamalan
C. falsafah
D. penghayatan
12. Masa remaja dibagi menjadi 2 periode yaitu masa remaja I dan masa
remaja II yang disebut dengan masa adolesens. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Moles
B. Elliot
C. Fildman
D. Conny Semiawan
13. Tahapan usia remaja yang termasuk adolesens awal, menurut Eliot
dan Fildman adalah ....
A. 12 - 14 tahun
B. 15 - 17 tahun
C. 18 - 20 tahun
D. 17 tahun ke atas
14. Dalam perkembangan dunia seni rupa anak, Victor Lawenfeld membagi
beberapa tahapan, yaitu ....
A. 3 tahap
B. 5 tahap
C. 6 tahap
D. 7 tahap
15. Tema yang disarankan dalam pembelajaran seni rupa di SMU adalah
....
A. Pemandangan Alam
B. Keseharian
C. Isu Kontroversial
D. Impian dan Harapan
16. Tujuan dari pendidikan musik yang dikemukakan oleh Mason,
Dalcroze, Kodaly, dan Orff adalah ....
A. untuk pengembangan fisik
B. agar anak dapat bersosialisasi dengan
lingkungan
C. untuk mengembangkan musikalitas anak sejak
dini
D. untuk memberi kesenangan pada anak
17. Dalam proses belajar mengajar, Mason mengemukakan bahwa guru
sebaiknya ....
A. membangun semua aktivitas siswa
B. tidak mengajar sama sekali
C. hanya memberi pelajaran akhir
D. menstimulus aktivitas siswa
18. Eurhythmic dari Dalcroze pada intinya ditujukan untuk ....
A. agar siswa dapat membaca musik
B. mengembangkan keterampilan musik melalui gerakan tubuh
C. agar siswa dapat menyanyikan lagu-lagu tradisional
D. agar siswa dapat meningkatkan prestasi
sekolah
19. Gabungan antara proses kognitif dengan makna
dari bunyi musikal disebut ....
A. improvisasi
B. komposisi
C. audiation
D. notasi musik
20. Perhatikan lagu di bawah ini kemudian tentukan macrobeatnya ....

A. a
B. c
C. d
D. b
21. Agar siswa dapat memahami fungsi akor dan harmoni, guru sebaiknya
melakukan aktivitas dengan menyanyikan dan memainkan ....
A. melodi lagu saja
B. melodi kemudian teksnya
C. melodi dan bass line
D. menggunakan hand - sign
22. Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam mengajarkan cara
berimprovisasi pada siswa diantaranya ....
A. bernyanyi - latihan kepekaan telinga -
membuat melodi sendiri
B. bass line - berlatih berimprovisasi dengan
lagu yang sudah dikenal
C. mempelajari lagu secara keseluruhan -
bernyanyi - membuat melodi sendiri
D. bernyanyi - latihan kepekaan telinga - pelajari lagi secara utuh
23. Dalam berkreasi saat menciptakan komposisi musik secara kreatif,
guru perlu mengajarkan tanda-tanda ekspresi pada siswa dengan tujuan agar ....
A. karya yang diciptakan oleh seorang guru dapat dimainkan oleh
temannya sesuai dengan yang diinginkan oleh penciptanya
B. siswa lain dapat memahami karya yang dibuat oleh temannya
C. siswa dapat menerapkan hal-hal teoritis yang
disampaikan oleh guru
D. karya yang dibuat siswa dapat dianggap
sebagai sebuah karya yang bermutu
24. Keberhasilan suatu proses pengajaran
ditentukan oleh ....
A. materi pelajaran dan metode yang digunakan
B. materi pelajaran dan evaluasi belajar
C. pendekatan dan metode yang digunakan oleh
guru sesuai tujuan pembelajaran
D. tujuan pembelajaran dan media yang digunakan
25. Yang termasuk ke dalam komponen-kompo-nen
pengajaran, adalah ....
A. tujuan, bahan, metode, dan media serta
evaluasi
B. tujuan, bahan, metode, serta media
C. tujuan, metode, pendekatan, dan media
D. tujuan, bahan, pendekatan, dan media
26. Alat pendidikan yang paling utama menurut
Bruner, adalah ....
A. sumber belajar
B. media belajar
C. media pembelajaran
D. guru yang terampil dan kreatif
27. Untuk menentukan pilihan pendekatan pem-belajaran yang akan
digunakan, perlu diper-timbangkan kesesuaian dengan ....
A. tujuan yang akan dicapai
B. bahan atau materi yang telah dipersiap-kan
C. metode dan media yang digunakan
D. evaluasi
28. Di bawah ini adalah pola komunikasi yang digunakan dalam proses
belajar mengajar, kecuali ....
A. strategi komunikasi
B. komunikasi sebagai aksi
C. komunikasi sebagai interaksi
D. komunikasi sebagai transaksi
29. Pola komunikasi yang dilakukan guru di dalam proses belajar
mengajar adalah untuk ....
A. menumbuhkan minat siswa
B. mendapatkan simpati siswa
C. mengembangkan interaksi dinamis antar guru dengan siswa
D. mempererat hubungan guru degan siswa
30. Sasaran pendidikan seni rupa di kelas umum, dari tingkat dasar
sampai menengah berbeda dengan sasaran di sekolah kejuruan. Di sekolah kejuruan
seni rupa berlaku pengajar-an dengan mengutamakan ....
A. pemberian bekal agar siswa memiliki keterampilan di bidang seni
rupa
B. memberi kemampuan kepada semua siswa dengan menekankan kepada
pem-berian sebagai pengalaman
C. kesenirupaan sebagai wahana untuk mencapai
tujuan pendidikan
D. keserupaan sebagai media untuak men-capai
tujuan pendidikan
31. Pendidikan seni mempunyai kontribusi ter-hadap perkembangan
individu yaitu mem-bantu pengembangan mental, emosional, kreativitas sosial.
Hal tersebut disampaikan oleh ....
A. De Francesco
B. Piere Duquette
C. Clark dalam Hanna Wijaya
D. Daniel Goleman
32. Stimulasi yang dapat menggali kejadian atau keadaan yang akan atau
telah dialami oleh anak dalam satu kelas yang terjadi secara tidak diduga
sebelumnya disebut stimulasi ....
A. klasikal rutin
B. dindividual rutin
C. klasikal insidental
D. individual insidental
33. Hal lain yang harus menjadi pertimbangan guru dalam merangsang
kegairahan berkarya seni rupa siswa adalah ....
A. pusat minat dalam berkreasi
B. faktor perkembangan psikologi
C. hoby berkarya seni
D. pusat inspirasi dalam berkarya seni
34. Metode yang memberi keleluasaan kepada anak didik untuk
mengungkapkan perasaan ke dalam penciptaan karya seni, adalah metode ....
A. ekspresi bebas
B. kerja kelompok
C. global
D. unit
35. Kegiatan melukis yang dilakukan secara ber-sama-sama oleh
sekelompok anak, termasuk kelompok kerja ....
A. paduan
B. kolektif
C. nonkolektif
D. gabungan
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 36 SAMPAI
50, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
36. Penghayatan peserta didik senantiasa muncul apabila bentuk tarian
yang diajarkan sesuai dengan kondisi ....
1) mental
2) fisik
3) psikologis
37. Yang dimaksud dengan “krisis identitas” pada
remaja adalah ....
1) ragu-ragu
2) tidak percaya diri
3) selalu gelisah
38. Kegiatan berikut ini merupakan cara untuk menciptakan iklim dan
suasana yang dapat mendorong dan menunjang pemikiran kreatif siswa ....
1) memberi kebebasan mengungkapkan imajinasinya
2) membuat tari berpasangan sesama jenis atau lawan jenis
3) membuat tarian bertema pahlawan, kesetiaan,
bercinta
39. Tarian yang sifatnya menirukan binatang
seperti tari kupu-kupu, tari kijang dan sejenisnya, sesuai diterapkan pada ....
1) anak-anak
2) remaja
3) orang dewasa
40. Moks dkk membagi masa remaja menjadi
tahapan-tahapan, yaitu ....
1) adolesens
2) remaja I
3) remaja II
41. Masa remaja mempunyai posisi yang tidak jelas, artinya ....
1) tidak termasuk anak, tetapi juga tidak tergolong orang dewasa
2) tidak bertanggung jawab
3) berada pada masa transisi
42. Tokoh-tokoh pendidikan musik yang kontribusinya
dalam pendidikan musik sangat besar bagi perubahan musikalitas peserta didik
adalah ....
1) Lovell Mason
2) Emile Jaques Dalcroze
3) Carl Orff
43. Pemikiran Pestalozzi walaupun bukan musisi tetapi banyak
mempengaruhi pendidikan musik Mason, diantaranya ....
1) bunyi sebelum simbol
2) praktek sebelum teori
3) bunyi dan praktek bersamaan
44. Metode pendidikan musik Dalcroze meliputi ....
1) Eurhythmics
2) Solfege
3) Improvisasi
45. Dalam pengajaran musik untuk anak-anak, hal terpenting menurut Orff
adalah “proses” yang melibatkan ....
1) elemen-elemen musik
2) pengembangan estetika
3) pengalaman musikal
46. Tujuan pembelajaran seni tari di SMU
adalah agar siswa ....
1) dapat mengapresiasi seni sesuai jenis dan perkembangan seni tari
daerah setempat dan daerah lain melalui sejarah dan estetikanya
2) dapat berpapresiasi pada bentuk tari tunggal berpasangan,
kelompok, drama tari dan memperoleh pengalamannya
3) dapat memperagakan tari bertema cerita,
berdialog, dan mampu menggelarkan karya tari
47. Tujuan pembelajaran khusus: siswa dapat
melakukan gerak tari Merak dengan baik dan benar.
Alternatif kegiatan:
Siswa
menirukan gerak tari Merak
Siswa
berlatih gerak tari Merak
Rumusan di atas dapat dicapai melalui alternatif
kegiatan, yaitu siswa ....
1) memperhatikan
gerak tari Merak yang dicontohkan guru
2) melaksanakan kegiatan peniruan dan latihan
gerak tari Merak
3) melaksanakan alternatif pendekatan
pem-belajaran tari Merak
48. Dalam proses belajar mengajar sebaiknya guru
menggunakan pola komunikasi sebagai ....
1) aksi
2) interaksi
3) transaksi
49. Menurut Lanier, pendidikan seni memiliki
banyak faedah karena ....
1) memberikan kontribusi terhadap per-kembangan
individu
2) memberikan pengalaman yang berharga
3) sebagai bagian yang terpenting
50. Ada dua macam metode kerja kelompok dalam
pendidikan Seni Rupa, yaitu metode kerja ....
1) panduan
2) kolektif
3) nonkolektif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar