Rabu, 26 Maret 2014

Soal strategi pembelajaran kesenian dan keterampilan AKTA8822



LATIHAN MANDIRI
STRATEGI PEMBELAJARAN KESENIAN
DAN KETERAMPILAN
(AKTA8822)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 35,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Yang tidak termasuk masalah umum dalam pembelajaran Seni Rupa dan Kerajinan Tangan, adalah ....
A.   ketersediaan tenaga pengajar
B.   fasilitas belajar
C.   lingkungan
D.   alokasi waktu

2.   Masalah ketersediaan, penyebaran dan keahlian tenaga pengajar seni rupa dan kerajinan tangan menjadi sangat penting untuk diatasi, hal ini terkait dengan ....
A.   program pemerintah
B.   keperluan kurikulum
C.   kebutuhan masyarakat
D.   kebutuhan siswa

3.   Alasan Kepala Sekolah memperbantukan guru bidang studi lain untuk mengajar Seni Rupa dan Kerajinan Tangan di SLTP dan SMU, karena guru ....
A.   umumnya memiliki kemampuan mengajar
B.   pegawai negeri yang siap pakai
C.   memperoleh tambahan honor mengajar
D.   banyak kekurangan jam mengajar

4.   Dalam GBPP, kekurangan alokasi waktu untuk pembelajaran seni rupa dan kerajinan tangan dapat diatasi melalui kegiatan ....
A.   intrakurikuler
B.   ekstrakurikuler
C.   kurikuler
D.   karyawisata

5.   Wilayah suara cambiata ialah ....
A.   dari nada C sampai dengan d
B.   dari nada c sampai dengan d
C.   nada C1 sampai dengan d2
D.   nada C2 sampai dengan d3

6.   Diantara lagu-lagu di bawah ini yang wilayah nadanya kurang sesuai dengan cambiata, adalah ....
A.   Bagimu Negeri,  ciptaan Kusbini
B.   Hari Merdeka, ciptaan H. Muntahar
C.   Maju Tak Gentar, ciptaan C. Simanjuntak
D.   Indonesia Raya, ciptaan W.R. Supratman

7.   Perubahan fisik pada remaja dumulai pada rentang relatif usia antara ....
A.   11 - 13 tahun
B.   15 - 17 tahun
C.   18 - 21 tahun
D.   20 - 22 tahun


8.      Pada masa kanak-kanak jangkauan suara berkisar antara bes oktaf kecil ke fis oktaf 2. Interval nada tersebut dapat digambarkan sebagai berikut ....


D.
 
C.
 
B.
 
A.
 

9.   Dalam seni tari terkandung nilai pendidikan sosial, mental, dan kultural, pernyataan ini dikemukakan oleh ....
A.   Soedarsono
B.   Cony Semiawan
C.   Koentjoroningrat
D.   Frederick Rand Rogers

10.   Guru ataupun pelatih tari hendaknya tidak menganggap dirinya sebagai pemberi kete-rampilan menari, tetapi harus menganggap dirinya sebagai ....
A.   pengajar
B.   pendidik
C.   pelatih
D.   pembina

11.   Agar kondisi psikis peserta didik menyatu dengan cipta, rasa dan karsa, maka diperlukan ....
A.   pengabdian
B.   pengamalan
C.   falsafah
D.   penghayatan

12.   Masa remaja dibagi menjadi 2 periode yaitu masa remaja I dan masa remaja II yang disebut dengan masa adolesens. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.   Moles                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
B.   Elliot
C.   Fildman
D.   Conny Semiawan

13.   Tahapan usia remaja yang termasuk adolesens awal, menurut Eliot dan Fildman adalah ....
A.   12 - 14 tahun
B.   15 - 17 tahun
C.   18 - 20 tahun
D.   17 tahun ke atas

14.   Dalam perkembangan dunia seni rupa anak, Victor Lawenfeld membagi beberapa tahapan, yaitu ....
A.   3 tahap
B.   5 tahap
C.   6 tahap
D.   7 tahap

15.   Tema yang disarankan dalam pembelajaran seni rupa di SMU adalah ....
A.   Pemandangan Alam
B.   Keseharian
C.   Isu Kontroversial
D.   Impian dan Harapan

16.   Tujuan dari pendidikan musik yang dikemukakan oleh Mason, Dalcroze, Kodaly, dan Orff adalah ....
A.   untuk pengembangan fisik
B.   agar anak dapat bersosialisasi dengan lingkungan
C.   untuk mengembangkan musikalitas anak sejak dini
D.   untuk memberi kesenangan pada anak

17.   Dalam proses belajar mengajar, Mason mengemukakan bahwa guru sebaiknya ....
A.   membangun semua aktivitas siswa
B.   tidak mengajar sama sekali
C.   hanya memberi pelajaran akhir
D.   menstimulus aktivitas siswa

18.   Eurhythmic dari Dalcroze pada intinya ditujukan untuk ....
A.   agar siswa dapat membaca musik
B.   mengembangkan keterampilan musik melalui gerakan tubuh
C.   agar siswa dapat menyanyikan lagu-lagu tradisional
D.   agar siswa dapat meningkatkan prestasi sekolah

19.   Gabungan antara proses kognitif dengan makna dari bunyi musikal disebut ....
A.   improvisasi
B.   komposisi
C.   audiation
D.   notasi musik

20.   Perhatikan lagu di bawah ini kemudian tentukan macrobeatnya ....


A.   a
B.   c
C.   d
D.   b

21.   Agar siswa dapat memahami fungsi akor dan harmoni, guru sebaiknya melakukan aktivitas dengan menyanyikan dan memainkan ....
A.   melodi lagu saja
B.   melodi kemudian teksnya
C.   melodi dan bass line
D.   menggunakan hand - sign
22.   Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam mengajarkan cara berimprovisasi pada siswa diantaranya ....
A.   bernyanyi - latihan kepekaan telinga - membuat melodi sendiri
B.   bass line - berlatih berimprovisasi dengan lagu yang sudah dikenal
C.   mempelajari lagu secara keseluruhan - bernyanyi - membuat melodi sendiri
D.   bernyanyi - latihan kepekaan telinga - pelajari lagi secara utuh

23.   Dalam berkreasi saat menciptakan komposisi musik secara kreatif, guru perlu mengajarkan tanda-tanda ekspresi pada siswa dengan tujuan agar ....
A.   karya yang diciptakan oleh seorang guru dapat dimainkan oleh temannya sesuai dengan yang diinginkan oleh penciptanya
B.   siswa lain dapat memahami karya yang dibuat oleh temannya
C.   siswa dapat menerapkan hal-hal teoritis yang disampaikan oleh guru
D.   karya yang dibuat siswa dapat dianggap sebagai sebuah karya yang bermutu

24.   Keberhasilan suatu proses pengajaran ditentukan oleh ....
A.   materi pelajaran dan metode yang digunakan
B.   materi pelajaran dan evaluasi belajar
C.   pendekatan dan metode yang digunakan oleh guru sesuai tujuan pembelajaran
D.   tujuan pembelajaran dan media yang digunakan

25.   Yang termasuk ke dalam komponen-kompo-nen pengajaran, adalah ....
A.   tujuan, bahan, metode, dan media serta evaluasi
B.   tujuan, bahan, metode, serta media
C.   tujuan, metode, pendekatan, dan media
D.   tujuan, bahan, pendekatan, dan media

26.   Alat pendidikan yang paling utama menurut Bruner, adalah ....
A.   sumber belajar
B.   media belajar
C.   media pembelajaran
D.   guru yang terampil dan kreatif

27.   Untuk menentukan pilihan pendekatan pem-belajaran yang akan digunakan, perlu diper-timbangkan kesesuaian dengan ....
A.   tujuan yang akan dicapai
B.   bahan atau materi yang telah dipersiap-kan
C.   metode dan media yang digunakan
D.   evaluasi

28.   Di bawah ini adalah pola komunikasi yang digunakan dalam proses belajar mengajar, kecuali ....
A.   strategi komunikasi
B.   komunikasi sebagai aksi
C.   komunikasi sebagai interaksi
D.   komunikasi sebagai transaksi

29.   Pola komunikasi yang dilakukan guru di dalam proses belajar mengajar adalah untuk ....
A.   menumbuhkan minat siswa
B.   mendapatkan simpati siswa
C.   mengembangkan interaksi dinamis antar guru dengan siswa
D.   mempererat hubungan guru degan siswa




30.   Sasaran pendidikan seni rupa di kelas umum, dari tingkat dasar sampai menengah berbeda dengan sasaran di sekolah kejuruan. Di sekolah kejuruan seni rupa berlaku pengajar-an dengan mengutamakan ....

A.   pemberian bekal agar siswa memiliki keterampilan di bidang seni rupa
B.   memberi kemampuan kepada semua siswa dengan menekankan kepada pem-berian sebagai pengalaman
C.   kesenirupaan sebagai wahana untuk mencapai tujuan pendidikan
D.   keserupaan sebagai media untuak men-capai tujuan pendidikan

31.   Pendidikan seni mempunyai kontribusi ter-hadap perkembangan individu yaitu mem-bantu pengembangan mental, emosional, kreativitas sosial. Hal  tersebut disampaikan oleh ....
A.   De Francesco
B.   Piere Duquette
C.   Clark dalam Hanna Wijaya
D.   Daniel Goleman

32.   Stimulasi yang dapat menggali kejadian atau keadaan yang akan atau telah dialami oleh anak dalam satu kelas yang terjadi secara tidak diduga sebelumnya disebut stimulasi ....
A.   klasikal rutin
B.   dindividual rutin
C.   klasikal insidental
D.   individual insidental

33.   Hal lain yang harus menjadi pertimbangan guru dalam merangsang kegairahan berkarya seni rupa siswa adalah ....
A.   pusat minat dalam berkreasi
B.   faktor perkembangan psikologi
C.   hoby berkarya seni
D.   pusat inspirasi dalam berkarya seni

34.   Metode yang memberi keleluasaan kepada anak didik untuk mengungkapkan perasaan ke dalam penciptaan karya seni, adalah metode ....
A.   ekspresi bebas
B.   kerja kelompok
C.   global
D.   unit

35.   Kegiatan melukis yang dilakukan secara ber-sama-sama oleh sekelompok anak, termasuk kelompok kerja ....
A.   paduan
B.   kolektif
C.   nonkolektif
D.   gabungan













PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 36   SAMPAI  50,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!  

36.   Penghayatan peserta didik senantiasa muncul apabila bentuk tarian yang diajarkan sesuai dengan kondisi ....    
1)   mental
2)   fisik
3)   psikologis

37.   Yang dimaksud dengan “krisis identitas” pada remaja adalah ....
1)   ragu-ragu
2)   tidak percaya diri
3)   selalu gelisah


38.   Kegiatan berikut ini merupakan cara untuk menciptakan iklim dan suasana yang dapat mendorong dan menunjang pemikiran kreatif siswa ....
1)   memberi kebebasan mengungkapkan imajinasinya
2)   membuat tari berpasangan sesama jenis atau lawan jenis
3)   membuat tarian bertema pahlawan, kesetiaan, bercinta

39.   Tarian yang sifatnya menirukan binatang seperti tari kupu-kupu, tari kijang dan sejenisnya, sesuai diterapkan pada ....
1)   anak-anak
2)   remaja
3)   orang dewasa

40.   Moks dkk membagi masa remaja menjadi tahapan-tahapan, yaitu ....
1)   adolesens
2)   remaja I
3)   remaja II

41.   Masa remaja mempunyai posisi yang tidak jelas, artinya ....
1)   tidak termasuk anak, tetapi juga tidak tergolong orang dewasa
2)   tidak bertanggung jawab
3)   berada pada masa transisi

42.   Tokoh-tokoh pendidikan musik yang kontribusinya dalam pendidikan musik sangat besar bagi perubahan musikalitas peserta didik adalah ....
1)   Lovell Mason
2)   Emile Jaques Dalcroze
3)   Carl Orff

43.   Pemikiran Pestalozzi walaupun bukan musisi tetapi banyak mempengaruhi pendidikan musik Mason, diantaranya ....
1)   bunyi sebelum simbol
2)   praktek sebelum teori
3)   bunyi dan praktek bersamaan





44.   Metode pendidikan musik Dalcroze meliputi ....
1)   Eurhythmics
2)   Solfege
3)   Improvisasi

45.   Dalam pengajaran musik untuk anak-anak, hal terpenting menurut Orff adalah “proses” yang melibatkan ....
1)   elemen-elemen musik
2)   pengembangan estetika
3)   pengalaman musikal

46.   Tujuan pembelajaran seni tari di SMU adalah agar siswa ....
1)   dapat mengapresiasi seni sesuai jenis dan perkembangan seni tari daerah setempat dan daerah lain melalui sejarah dan estetikanya
2)   dapat berpapresiasi pada bentuk tari tunggal berpasangan, kelompok, drama tari dan memperoleh pengalamannya
3)   dapat memperagakan tari bertema cerita, berdialog, dan mampu menggelarkan karya tari

47.   Tujuan pembelajaran khusus: siswa dapat melakukan gerak tari Merak dengan baik dan benar.
Alternatif kegiatan:
               Siswa menirukan gerak tari Merak
               Siswa berlatih gerak tari Merak

Rumusan di atas dapat dicapai melalui alternatif kegiatan, yaitu siswa ....
1)   memperhatikan  gerak tari Merak yang dicontohkan guru
2)   melaksanakan kegiatan peniruan dan latihan gerak tari Merak
3)   melaksanakan alternatif pendekatan pem-belajaran tari Merak

48.   Dalam proses belajar mengajar sebaiknya guru menggunakan pola komunikasi sebagai ....
1)   aksi        
2)   interaksi
3)   transaksi

49.   Menurut Lanier, pendidikan seni memiliki banyak faedah karena ....
1)   memberikan kontribusi terhadap per-kembangan individu
2)   memberikan pengalaman yang berharga
3)   sebagai bagian yang terpenting

50.   Ada dua macam metode kerja kelompok dalam pendidikan Seni Rupa, yaitu metode kerja ....
1)   panduan
2)   kolektif
3)   nonkolektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar