Rabu, 26 Maret 2014

Soal tes pengukuran dan penilaian AKTA8821



TUGAS MANDIRI
TES, PENGUKURAN DAN PENILAIAN
(AKTA8821)



PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 40,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Proses pengukuran dan penilaian merupakan dua kegiatan yang berbeda dalam hal berikut, kecuali .... 
A.   skala pengukuran data yang dikumpulkan
B.   tindak lanjut dari proses
C.   ruang lingkup proses
D.   langkah pelaksanaan kegiatan

2.   Perbedaan utama alat ukur tes dan non-tes terletak pada ....        
A.   kualitas informasi yang dikumpulkan
B.   cara pengadministrasiannya
C.   jumlah minimal peserta/responden
D.   objektivitas skor yang dihasilkan
     
3.   Seorang guru yang ingin mengetahui kemampuan siswanya dalam mengetik surat dengan komputer dapat mengguna-kan alat ukur ....
A.   pedoman wawancara
B.   skala lajuan
C.   daftar cek
D.   bagan partisipasi

4.   Dalam proses pembelajaran, penilaian mempunyai peranan yang penting yaitu ....
A.   sebagai tindak lanjut dari proses pengukuran
B.   memberikan masukkan untuk per-baikan proses pembelajaran
C.   mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuan
D.   membantu meningkatkan penguasa-an materi peserta didik








5.   Salah satu keunggulan tes uraian jika dibandingkan dengan tes objektif adalah dapat mengukur ....
A.   proses berpikir
B.   daya serap secara bertahap
C.   kemampuan menyelesaikan masalah
D.   hasil belajar yang kompleks

6.   Salah satu kelemahan tes uraian jika dibandingkan dengan tes objektif adalah ....
A.   sulit membuat soal yang mengukur proses berpikir tinggi
B.   terbatas ruang lingkup kemampuan yang diukur
C.   jawaban dipengaruhi oleh kemam-puan menulis siswa
D.   hasil tes dipengaruhi kemampuan menulis pemeriksa

7.   Unsur subjektivitas pemeriksaan hasil tes uraian dapat dikurangi dengan cara ....
A.   membatasi jumlah soal yang harus dijawab
B.   menggunakan rambu-rambu jawaban dalam memeriksa
C.   memberikan skor terpisah untuk bahasa
D.   memeriksa jawaban semua soal per siswa

8.   Perhatikan contoh soal berikut:
Jelaskan alasan mengapa kapitalisme kurang berkembang di negara Asia Timur?
Soal di atas mengukur ranah kognitif pada jenjang kemampuan ....
A.   penerapan
B.   analisis
C.   sintesis
D.   evaluasi






9.  Seorang guru mempunyai satu kliping koran tentang ambruknya beberapa SD di sebuah kabupaten.
     Bentuk pertanyaan yang paling tepat mengukur kemampuan siswanya meng-analisis kasus adalah ....
A.   Apakah judul yang tepat untuk wacana di atas? Uraikan dengan kalimat Anda sendiri mengapa judul tersebut dianggap mewakili isi wacana di atas
B.   Sebutkan tokoh utama yang dibahas dalam wacana di atas! Sebutkan juga tokoh lain yang turut andil dalam peristiwa yang disampaikan dalam wacana di atas. Jelaskan alasan Anda secara singkat
C.   Setujukah Anda dengan apa yang disampaikan wacana di atas? Jelaskan alasan Anda dalam lebih kurang 100 kata
D.   Uraikan hak dan kewajiban bernegara yang belum atau yang sudah dilaksanakan dalam wacana di atas. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh siswa SD tersebut untuk memperbaiki keadaan

10.   Salah satu keunggulan tes objektif adalah ....
A.   dapat mengukur jenjang kemampuan
B.   dapat mengukur berpikir kompleks
C.   hasil tes dapat diolah dengan cepat
D.   hasil tes dipengaruhi kemampuan berbahasa siswa

11.   Salah satu kelemahan tes objektif adalah ....
A.   diperlukan waktu yang lama untuk menyusun set soal
B.   sukar membuat butir soal yang baik
C.   hanya mengukur proses berpikir sederhana
D.   hasil tes dipengaruhi kemampuan berbahasa siswa








12.   Perhatikan contoh soal berikut:
        Buatlah sebuah surat lamaran untuk mengisi lowongan kerja sebagai tenaga pemasaran di sebuah perusahaan. Perhatikan tata cara penulisan surat yang berlaku.
      Pedoman penskoran yang paling baik digunakan dalam penskoran soal di atas adalah ....

A.  
No. Soal
Aspek yang dinilai
Skor Maks.
1.
Format surat
3

Isi surat
10

Bahasa
3

B.  
No. Soal
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Format surat
1-3

Isi surat
5-10

Bahasa
1-3

C.  
No. Soal
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Format surat: - Mengukuti format
                      - Hampir mengikuti format   
 (50%)
                     - Tidak mengikuti format
3
2

1

Isi surat       : - Sangat sesuai
                     - Hampir sesuai (50%)
                     - Tidak sesuai
6-10
2-5
0-1

Bahasa
3

D.  
No. Soal
Aspek yang dinilai
Skor
Maks.
1.
Format surat benar, isi sesuai, bahasa baik
8

Format surat tidak benar, isi sesuai, bahasa baik
7

Format surat benar, isi tidak sesuai, bahasa baik
6

Format surat tidak benar, isi tidak sesuai, bhs. baik
5

Format surat benar, isi sesuai, bahasa tidak baik
4

Format surat benar, isi tidak sesuai, bahasa baik
3

Format surat benar, isi tidak sesuai, bhs. tidak baik
2

Format surat tidak benar, isi tidak sesuai, bahasa tidak baik
1

13.   Untuk mengurangi kecenderungan menebak dapat dilakukan hal berikut yaitu ....
A.   menerapkan formula tebakan dalam penskoran
B.   menambah jumlah alternatif jawaban
C.   menulis soal pada jenjang kemam-puan tinggi
D.   menggunakan tes jenis pilihan ganda
14.   Contoh soal berikut yang mengukur proses berpikir pada jenjang kemampuan penerapan adalah ....
A.   Pemisahan suku kata yang kurang tepat adalah ....
                     a.  ke - ge - ma - ran
                     b.  pe - ka - rang - an
                     c.  ha - la - man
                     d.  me - na - nam

B.   Kitab suci orang Hindu adalah ....
                     a.  Weda                      c.  Injil
                     b.  Tripitake                  d.  Al-Qur’an

C.   Tumbuhan dimakan ulat, ulat dimakan burung. Peristiwa tersebut disebut ....
                     a. makan memakan
                     b.  rantai makanan    
                     c.  makan bersama
                     d.  jaring-jaring makanan

D.   Rasa nasionalisme Indonesia muncul setelah adanya ....
                     a.  pergerakan nasional
                     b.  kerjasama Indonesia-Belanda
                     c.  penjajahan barat
                     d.  perlawanan raja-raja

15.   Pak Adi ingin mengetahui kemampuan siswanya menggunakan kosa kata yang tepat dalam sebuah kalimat. Soal yang paling tepat untuk mengukur kemampuan tersebut adalah  ....

A.   Macam pesona itu meliputi aneka corak adat-istiadat. Kata adat-istiadat termasuk jenis kata ....
                     a.  ulang                     c.  jadian
                     b.  majemuk               d.  sifat

B.   Dalam TMII tergambar Indonesia secara utuh. Kata utuh lawan katanya adalah ....
                     a.  terpecah-pecah
                     b.  terbagi-bagi    
                     c.  terpisah-pisah
                     d.  terpencar-pencar






C.   ... digunakan untuk mengukur kecepatan angin.
                     a.  Anemometer       c.  Termometer
                     b.  Barometer           d.  Speedometer

D.   Padanan kata yang tidak tepat adalah ....
                     a.  rumbun = rindang
                     b.  pintar = pandai   
                     c.  bau= wangi
                     d.  gemar = suka

16.   Dalam pengembangan tes, kisi-kisi berfungsi sebagai ....
A.   alat ukur proses pengembangan tes
B.   standar yang harus dicapai selama pengembangan tes
C.   rambu-rambu yang dijadikan acuan pengembangan tes
D.   alat uji kualitas set soal yang dikembangkan

17.   Faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan kisi-kisi adalah ....
A.   keterwakilan materi
B.   jenis tes objektif
C.   jumlah peserta tes
D.   karakteristik peserta tes

18.   Langkah pertama dalam pengembangan tes objektif adalah menentukan ....
A.   tujuan pembelajaran
B.   pokok bahasan yang mewakili tujuan
C.   jumlah soal dalam tes
D.   waktu untuk administrasi tes

19.   Langkah pengembangan pedoman observasi yang dilakukan setelah uji coba lapangan adalah ....
A.   membuat kisi-kisi pedoman
B.   penyempurnaan pertanyaan oleh pakar
C.   mengolah hasil uji coba
D.   memelihara pedoman untuk digunakan ulang







20.   Soal yang paling tepat digunakan untuk mengukur proses berpikir pada jenjang kemampuan pemahaman adalah ....

A.   Gas yang dibutuhkan dalam pem-bakaran adalah ....
                     a.  karbon dioksida         c.  nitrogen
                     b.  oksigen                      d.  uap air

B.   Rongga dada dibentuk oleh ....
                     a.  tulang tengkorak   c.  tulang rusuk
                     b.  tulang pinggul       d.  tulang kering

C.   Udara yang mengalir mempunyai tekanan ... udara yang diam.
                     a.  lebih tinggi daripada
                     b.  sama tinggi dengan
                     c.  lebih besar daripada
                     d.  lebih rendah daripada

D.   Oksigen dapat diproduksi oleh ....
                     a.  batuan               c.  tumbuhan
                     b.  manusia             d.  semua hewan

21.   Perbedaan utama antara observasi dan wawancara terletak pada ....
A.   ada tidaknya kisi-kisi
B.   jenis responden
C.   jenis informasi yang dikumpulkan
D.   langkah pengembangan pedoman

22.   Sebuah skala sikap hendaknya terdiri dari butir pertanyaan atau pernyataan yang ....
A.   hanya mempunyai satu pengertian
B.   menyangkut keperluan semua orang
C.   menanyakan sesuatu yang bersifat faktual
D.   menghendaki orang mengingat yang lalu

23.   Alat ukur yang paling tepat digunakan oleh seorang guru untuk mengetahui kemampuan siswanya dalam membaca not balok adalah ....
A.   skala likert
B.   portofolio
C.   wawancara
D.   oservasi





24.   Portofolio paling tepat digunakan untuk mengukur ....
A.   perubahan sikap siswa
B.   proses dan produk belajar siswa
C.   kemampuan siswa belajar
D.   kapasitas berkarya siswa

25.   Angket dapat digunakan secara berulang karena itu penyimpanan harus dilakukan secara baik dalam sebuah map yang terdiri dari ....
A.   setiap pertanyaan dan indikator atribut
B.   satu angket beserta karakteristiknya
C.   satu angket dan indikator atribut
D.   angket, indikator atribut, dan karak-teristiknya

26.   Seorang guru memberikan pengayaan kepada beberapa siswa selama satu semester. Sebelum memutuskan untuk meneruskan pengayaan semester berikutnya, guru tersebut ingin mengetahui apakah siswa merasakan manfaat pengayaan. Pertanyaan wawancara yang paling tepat untuk diajukan adalah  ....
A.   Apa keuntungan bagi kamu mengikuti pelajaran tambahan?
B.   Apakah kamu menyukai pelajaran tambahan yang diberikan?
C.   Materi tambahan apa saja yang kamu senangi?
D.   Apakah kamu memerlukan materi pelajaran tambahan?

27.   Tes Potensi Akademik (TPA) yang dibuat oleh sebuah institusi mampu mem-prediksi keberhasilan siswa pada jenjang pendidikan lanjutan. Tes tersebut dikatakan mempunyai ....
A.   validitas isi
B.   validitas kriteria
C.   reliabilitas stabilitas
D.   reliabilitas konsistensi









28.   Hasil dari sebuah tes potensi akademik yang diadministrasikan di dua sekolah mempunyai korelasi yang tinggi. Tes tersebut dikatakan memiliki ....
A.   validitas konstruk
B.   validitas kriteria
C.   reliabilitas stabilitas
D.   reliabilitas “split-half”

29.   Perbedaan utama antara validitas dan reliabilitas terletak pada ....
A.   informasi yang dihasilkan
B.   objek pengukuran
C.   instrumen pengumpulan data
D.   sampel yang digunakan

30.   Pernyataan berikut yang menyatakan hubungan yang benar antara validitas dan reliabilitas adalah ....
A.   validitas lebih penting dari reliabilitas
B.   reliabilitas lebih penting dari validitas
C.   validitas dan reliabilitas sama pentingnya
D.   reliabilitas harus ada sebelum validitas

31.   Jika sebuah tes diberikan kepada 50 orang siswa dan butir soal nomor 1 dijawab dengan benar oleh 6 siswa, maka tingkat kesukaran soal tersebut adalah ....
A.   0,01
B.   0,12
C.   0,21
D.   12

32.   Sebuah tes diberikan kepada sejumlah siswa. Butir soal nomor 3 dijawab dengan benar oleh 7 dari 15 siswa kelompok atas dan dijawab dengan benar oleh 5 dari 15 siswa kelompok bawah. Daya beda soal tersebut adalah ....
A.   0,133
B.   -0,133
C.   0,013
D.   -0,013








33.   Perhatikan jawaban 50 siswa terhadap butir soal nomor 10 berikut:


ALTERNATIF JAWABAN

Kelompok
A
B
C
D*
Jumlah
Atas
2
3
2
7
14
Tengah
6
6
5
5
22
Bawah
3
4
6
1
14
* Kunci

               Tingkat kesukaran dan daya beda butir soal diatas adalah ....
A.   P = 0,26  dan  D = 0,429
B.   P = 0,429  dan  D = 0,429
C.   P = 0,26  dan  D = -0,429
D.   P = 0,429  dan  D = -0,429

34.   Perhatikan soal dan hasil analisisnya berikut ini:
        Kepada orang yang lebih tua, kita harus bersikap ....
               a.  menghormati          c.  acuh tak acuh
               b.  menjauhi                 d.  merasa takut
              
              

Alternatif jawaban
Karakteristik
A*
B
C
D
Tingkat kesukaran
0,86



Daya beda
0,00
0,00
0,00
0,00
                * Kunci

Soal di atas dapat dibuat lebih baik dengan cara ....
A.   memperbaiki stem soal
B.   membuat alternatif jawaban homogen
C.   membuat soal menjadi lebih sukar
D.   mengganti kunci jawaban soal

35.   Pelaksanaan tes seleksi dalam penerima-an calon instruktur baru di suatu lembaga pendidikan bertujuan untuk ....
A.   mengetahui kemampuan minimal pelamar
B.   mengukur ketercapainya tujuan pem-belajaran sebelumnya
C.   membuat kelompok calon instruktur
D.   membatasi jumlah pelamar yang boleh ikut seleksi

36.   Tes awal yang diberikan guru sebelum proses pembelajaran di mulai bertujuan untuk mengukur ....
A.   semua tujuan pembelajaran yang sudah dikuasai siswa
B.   semua tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa
C.   beberapa tujuan penting pembelajar-an yang sudah dikuasai siswa
D.   beberapa tujuan penting pembelajar-an yang harus dikuasai siswa

37.   Hasil dari sebuah tes seleksi calon pustakawan oleh sebuah perguruan tinggi digunakan untuk ....
A.   memilih pelamar dengan kualifikasi tertentu
B.   menempatkan pelamar di bidang yang sesuai
C.   menentukan jenis pelatihan yang harus diberikan
D.   meningkatkan potensi pustakawan yang ada

38.   Pelaksanaan tes formatif oleh seorang guru pada akhir suatu pokok bahasan bertujuan untuk ....
A.   mengetahui kemampuan siswa menyerap materi
B.   menentukan kesulitan yang dialami oleh siswa
C.   mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
D.   memberikan nilai akhir yang diperoleh siswa

39.   Hasil dari tes diagnostik yang diberikan oleh guru dalam pelajaran bahasa Inggris dapat dimanfaatkan untuk ....
A.   mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan
B.   memperoleh masukkan tentang kesulitan belajar siswa
C.   memotivasi siswa untuk mempelajari materi baru
D.   meningkatkan efektivitas proses penilaian pembelajaran





40.   Hasil dari tes yang diberikan oleh seorang instruktur olah raga di akhir program pembelajaran kepada siswanya bermanfaat untuk ....
A.   merencanakan program pembelajar-an lanjutan
B.   memotivasi instruktur meningkatkan kualitas pembelajaran
C.   menentukan keberhasilan siswa dalam pembelajaran
D.   menentukan prasyarat bahan pem-belajaran lanjutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar