TUGAS MANDIRI
TES, PENGUKURAN DAN PENILAIAN
(AKTA8821)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 40, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Proses pengukuran dan penilaian merupakan dua
kegiatan yang berbeda dalam hal berikut, kecuali ....
A. skala pengukuran data yang dikumpulkan
B. tindak lanjut dari proses
C. ruang lingkup proses
D. langkah pelaksanaan kegiatan
2. Perbedaan utama alat ukur tes dan non-tes
terletak pada ....
A. kualitas informasi yang dikumpulkan
B. cara pengadministrasiannya
C. jumlah minimal peserta/responden
D. objektivitas skor yang dihasilkan
3. Seorang guru yang ingin mengetahui kemampuan
siswanya dalam mengetik surat dengan komputer dapat mengguna-kan alat ukur ....
A. pedoman wawancara
B. skala lajuan
C. daftar cek
D. bagan partisipasi
4. Dalam proses pembelajaran, penilaian
mempunyai peranan yang penting yaitu ....
A. sebagai tindak lanjut dari proses pengukuran
B. memberikan masukkan untuk per-baikan proses
pembelajaran
C. mengelompokkan peserta didik sesuai dengan
kemampuan
D. membantu meningkatkan penguasa-an materi
peserta didik
5. Salah satu keunggulan tes uraian jika
dibandingkan dengan tes objektif adalah dapat mengukur ....
A. proses berpikir
B. daya serap secara bertahap
C. kemampuan menyelesaikan masalah
D. hasil belajar yang kompleks
6. Salah satu kelemahan tes uraian jika
dibandingkan dengan tes objektif adalah ....
A. sulit membuat soal yang mengukur proses
berpikir tinggi
B. terbatas ruang lingkup kemampuan yang diukur
C. jawaban dipengaruhi oleh kemam-puan menulis
siswa
D. hasil tes dipengaruhi kemampuan menulis
pemeriksa
7. Unsur subjektivitas pemeriksaan hasil tes
uraian dapat dikurangi dengan cara ....
A. membatasi jumlah soal yang harus dijawab
B. menggunakan rambu-rambu jawaban dalam
memeriksa
C. memberikan skor terpisah untuk bahasa
D. memeriksa jawaban semua soal per siswa
8. Perhatikan
contoh soal berikut:
Jelaskan
alasan mengapa kapitalisme kurang berkembang di negara Asia Timur?
Soal
di atas mengukur ranah kognitif pada jenjang kemampuan ....
A. penerapan
B. analisis
C. sintesis
D. evaluasi
9. Seorang guru mempunyai satu kliping koran
tentang ambruknya beberapa SD di sebuah kabupaten.
Bentuk pertanyaan yang paling tepat
mengukur kemampuan siswanya meng-analisis kasus adalah ....
A. Apakah judul yang tepat untuk wacana di atas?
Uraikan dengan kalimat Anda sendiri mengapa judul tersebut dianggap mewakili
isi wacana di atas
B. Sebutkan tokoh utama yang dibahas dalam
wacana di atas! Sebutkan juga tokoh lain yang turut andil dalam peristiwa yang
disampaikan dalam wacana di atas. Jelaskan alasan Anda secara singkat
C. Setujukah Anda dengan apa yang disampaikan
wacana di atas? Jelaskan alasan Anda dalam lebih kurang 100 kata
D. Uraikan hak dan kewajiban bernegara yang
belum atau yang sudah dilaksanakan dalam wacana di atas. Apa yang sebaiknya
dilakukan oleh siswa SD tersebut untuk memperbaiki keadaan
10. Salah satu keunggulan tes objektif adalah ....
A. dapat mengukur jenjang kemampuan
B. dapat mengukur berpikir kompleks
C. hasil tes dapat diolah dengan cepat
D. hasil tes dipengaruhi kemampuan berbahasa siswa
11. Salah satu kelemahan tes objektif adalah ....
A. diperlukan waktu yang lama untuk menyusun set soal
B. sukar membuat butir soal yang baik
C. hanya mengukur proses berpikir sederhana
D. hasil tes dipengaruhi kemampuan berbahasa siswa
12. Perhatikan contoh soal berikut:
Buatlah sebuah surat lamaran untuk
mengisi lowongan kerja sebagai tenaga pemasaran di sebuah perusahaan.
Perhatikan tata cara penulisan surat yang berlaku.
Pedoman penskoran yang paling baik
digunakan dalam penskoran soal di atas adalah ....
A.
No. Soal
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor Maks.
|
1.
|
Format
surat
|
3
|
|
Isi
surat
|
10
|
|
Bahasa
|
3
|
B.
No. Soal
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
1.
|
Format
surat
|
1-3
|
|
Isi
surat
|
5-10
|
|
Bahasa
|
1-3
|
C.
No. Soal
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
1.
|
Format
surat: - Mengukuti format
- Hampir mengikuti
format
(50%)
- Tidak mengikuti format
|
3
2
1
|
|
Isi
surat : - Sangat sesuai
- Hampir sesuai (50%)
- Tidak sesuai
|
6-10
2-5
0-1
|
|
Bahasa
|
3
|
D.
No. Soal
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
Maks.
|
1.
|
Format
surat benar, isi sesuai, bahasa baik
|
8
|
|
Format
surat tidak benar, isi sesuai, bahasa baik
|
7
|
|
Format
surat benar, isi tidak sesuai, bahasa baik
|
6
|
|
Format
surat tidak benar, isi tidak sesuai, bhs. baik
|
5
|
|
Format
surat benar, isi sesuai, bahasa tidak baik
|
4
|
|
Format
surat benar, isi tidak sesuai, bahasa baik
|
3
|
|
Format
surat benar, isi tidak sesuai, bhs. tidak baik
|
2
|
|
Format
surat tidak benar, isi tidak sesuai, bahasa tidak baik
|
1
|
13. Untuk mengurangi kecenderungan menebak dapat dilakukan hal berikut
yaitu ....
A. menerapkan formula tebakan dalam penskoran
B. menambah jumlah alternatif jawaban
C. menulis soal pada jenjang kemam-puan tinggi
D. menggunakan tes jenis pilihan ganda
14. Contoh soal berikut yang mengukur proses berpikir pada jenjang
kemampuan penerapan adalah ....
A. Pemisahan suku kata yang kurang tepat adalah ....
a. ke - ge - ma - ran
b. pe - ka - rang - an
c. ha - la - man
d. me - na - nam
B. Kitab suci orang Hindu adalah ....
a. Weda c. Injil
b. Tripitake d. Al-Qur’an
C. Tumbuhan dimakan ulat, ulat dimakan burung. Peristiwa tersebut
disebut ....
a. makan memakan
b. rantai makanan
c. makan bersama
d. jaring-jaring makanan
D. Rasa nasionalisme Indonesia muncul setelah adanya ....
a. pergerakan nasional
b. kerjasama Indonesia-Belanda
c. penjajahan barat
d. perlawanan raja-raja
15. Pak Adi ingin mengetahui kemampuan siswanya menggunakan kosa kata
yang tepat dalam sebuah kalimat. Soal yang paling tepat untuk mengukur
kemampuan tersebut adalah ....
A. Macam pesona itu meliputi aneka corak adat-istiadat. Kata
adat-istiadat termasuk jenis kata ....
a. ulang c.
jadian
b. majemuk d. sifat
B. Dalam TMII tergambar Indonesia secara utuh. Kata utuh lawan
katanya adalah ....
a. terpecah-pecah
b. terbagi-bagi
c. terpisah-pisah
d. terpencar-pencar
C. ... digunakan untuk mengukur kecepatan angin.
a. Anemometer c.
Termometer
b. Barometer d.
Speedometer
D. Padanan kata yang tidak tepat adalah ....
a. rumbun = rindang
b. pintar = pandai
c. bau= wangi
d. gemar = suka
16. Dalam pengembangan tes, kisi-kisi berfungsi sebagai ....
A. alat ukur proses pengembangan tes
B. standar yang harus dicapai selama pengembangan tes
C. rambu-rambu yang dijadikan acuan pengembangan tes
D. alat uji kualitas set soal yang dikembangkan
17. Faktor yang harus diperhatikan dalam penyusunan kisi-kisi adalah
....
A. keterwakilan materi
B. jenis tes objektif
C. jumlah peserta tes
D. karakteristik peserta tes
18. Langkah pertama dalam pengembangan tes objektif adalah menentukan
....
A. tujuan pembelajaran
B. pokok bahasan yang mewakili tujuan
C. jumlah soal dalam tes
D. waktu untuk administrasi tes
19. Langkah pengembangan pedoman observasi yang dilakukan setelah uji
coba lapangan adalah ....
A. membuat kisi-kisi pedoman
B. penyempurnaan pertanyaan oleh pakar
C. mengolah hasil uji coba
D. memelihara pedoman untuk digunakan ulang
20. Soal yang paling tepat digunakan untuk mengukur proses berpikir
pada jenjang kemampuan pemahaman adalah ....
A. Gas yang dibutuhkan dalam pem-bakaran adalah ....
a. karbon dioksida c. nitrogen
b. oksigen d. uap air
B. Rongga dada dibentuk oleh ....
a. tulang tengkorak c.
tulang rusuk
b. tulang pinggul d.
tulang kering
C. Udara yang mengalir mempunyai tekanan ... udara yang diam.
a. lebih tinggi daripada
b. sama tinggi dengan
c. lebih besar daripada
d. lebih rendah daripada
D. Oksigen dapat diproduksi oleh ....
a. batuan c.
tumbuhan
b. manusia d.
semua hewan
21. Perbedaan utama antara observasi dan wawancara terletak pada ....
A. ada tidaknya kisi-kisi
B. jenis responden
C. jenis informasi yang dikumpulkan
D. langkah pengembangan pedoman
22. Sebuah skala sikap hendaknya terdiri dari butir pertanyaan atau
pernyataan yang ....
A. hanya mempunyai satu pengertian
B. menyangkut keperluan semua orang
C. menanyakan sesuatu yang bersifat faktual
D. menghendaki orang mengingat yang lalu
23. Alat ukur yang paling tepat digunakan oleh seorang guru untuk
mengetahui kemampuan siswanya dalam membaca not balok adalah ....
A. skala likert
B. portofolio
C. wawancara
D. oservasi
24. Portofolio paling tepat digunakan untuk mengukur ....
A. perubahan sikap siswa
B. proses dan produk belajar siswa
C. kemampuan siswa belajar
D. kapasitas berkarya siswa
25. Angket dapat digunakan secara berulang karena itu penyimpanan
harus dilakukan secara baik dalam sebuah map yang terdiri dari ....
A. setiap pertanyaan dan indikator atribut
B. satu angket beserta karakteristiknya
C. satu angket dan indikator atribut
D. angket, indikator atribut, dan karak-teristiknya
26. Seorang guru memberikan pengayaan kepada beberapa siswa selama
satu semester. Sebelum memutuskan untuk meneruskan pengayaan semester
berikutnya, guru tersebut ingin mengetahui apakah siswa merasakan manfaat
pengayaan. Pertanyaan wawancara yang paling tepat untuk diajukan adalah ....
A. Apa keuntungan bagi kamu mengikuti pelajaran tambahan?
B. Apakah kamu menyukai pelajaran tambahan yang diberikan?
C. Materi tambahan apa saja yang kamu senangi?
D. Apakah kamu memerlukan materi pelajaran tambahan?
27. Tes Potensi Akademik (TPA) yang dibuat oleh sebuah institusi mampu
mem-prediksi keberhasilan siswa pada jenjang pendidikan lanjutan. Tes tersebut
dikatakan mempunyai ....
A. validitas isi
B. validitas kriteria
C. reliabilitas stabilitas
D. reliabilitas konsistensi
28. Hasil dari sebuah tes potensi akademik yang diadministrasikan di
dua sekolah mempunyai korelasi yang tinggi. Tes tersebut dikatakan memiliki
....
A. validitas konstruk
B. validitas kriteria
C. reliabilitas stabilitas
D. reliabilitas “split-half”
29. Perbedaan utama antara validitas dan reliabilitas terletak pada
....
A. informasi yang dihasilkan
B. objek pengukuran
C. instrumen pengumpulan data
D. sampel yang digunakan
30. Pernyataan berikut yang menyatakan hubungan yang benar antara
validitas dan reliabilitas adalah ....
A. validitas lebih penting dari reliabilitas
B. reliabilitas lebih penting dari validitas
C. validitas dan reliabilitas sama pentingnya
D. reliabilitas harus ada sebelum validitas
31. Jika sebuah tes diberikan kepada 50 orang siswa dan butir soal
nomor 1 dijawab dengan benar oleh 6 siswa, maka tingkat kesukaran soal tersebut
adalah ....
A. 0,01
B. 0,12
C. 0,21
D. 12
32. Sebuah tes diberikan kepada sejumlah siswa. Butir soal nomor 3
dijawab dengan benar oleh 7 dari 15 siswa kelompok atas dan dijawab dengan
benar oleh 5 dari 15 siswa kelompok bawah. Daya beda soal tersebut adalah ....
A. 0,133
B. -0,133
C. 0,013
D. -0,013
33. Perhatikan jawaban 50 siswa terhadap butir soal nomor 10 berikut:
|
ALTERNATIF
JAWABAN
|
|
|||
Kelompok
|
A
|
B
|
C
|
D*
|
Jumlah
|
Atas
|
2
|
3
|
2
|
7
|
14
|
Tengah
|
6
|
6
|
5
|
5
|
22
|
Bawah
|
3
|
4
|
6
|
1
|
14
|
* Kunci
Tingkat
kesukaran dan daya beda butir soal diatas adalah ....
A. P = 0,26 dan D = 0,429
B. P = 0,429 dan D = 0,429
C. P = 0,26 dan D = -0,429
D. P = 0,429 dan D = -0,429
34. Perhatikan soal dan hasil analisisnya berikut ini:
Kepada orang yang lebih tua, kita harus bersikap ....
a. menghormati c.
acuh tak acuh
b. menjauhi d.
merasa takut
|
Alternatif
jawaban
|
|||
Karakteristik
|
A*
|
B
|
C
|
D
|
Tingkat
kesukaran
|
0,86
|
|
|
|
Daya
beda
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
0,00
|
* Kunci
Soal
di atas dapat dibuat lebih baik dengan cara ....
A. memperbaiki stem soal
B. membuat alternatif jawaban homogen
C. membuat soal menjadi lebih sukar
D. mengganti kunci jawaban soal
35. Pelaksanaan tes seleksi dalam penerima-an calon instruktur baru di
suatu lembaga pendidikan bertujuan untuk ....
A. mengetahui kemampuan minimal pelamar
B. mengukur ketercapainya tujuan pem-belajaran sebelumnya
C. membuat kelompok calon instruktur
D. membatasi jumlah pelamar yang boleh ikut seleksi
36. Tes awal yang diberikan guru sebelum proses pembelajaran di mulai bertujuan
untuk mengukur ....
A. semua tujuan pembelajaran yang sudah dikuasai siswa
B. semua tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa
C. beberapa tujuan penting pembelajar-an yang sudah dikuasai siswa
D. beberapa tujuan penting pembelajar-an yang harus dikuasai siswa
37. Hasil dari sebuah tes seleksi calon pustakawan oleh sebuah
perguruan tinggi digunakan untuk ....
A. memilih pelamar dengan kualifikasi tertentu
B. menempatkan pelamar di bidang yang sesuai
C. menentukan jenis pelatihan yang harus diberikan
D. meningkatkan potensi pustakawan yang ada
38. Pelaksanaan tes formatif oleh seorang guru pada akhir suatu pokok
bahasan bertujuan untuk ....
A. mengetahui kemampuan siswa menyerap materi
B. menentukan kesulitan yang dialami oleh siswa
C. mengetahui keberhasilan proses pembelajaran
D. memberikan nilai akhir yang diperoleh siswa
39. Hasil dari tes diagnostik yang diberikan oleh guru dalam pelajaran
bahasa Inggris dapat dimanfaatkan untuk ....
A. mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan
B. memperoleh masukkan tentang kesulitan belajar siswa
C. memotivasi siswa untuk mempelajari materi baru
D. meningkatkan
efektivitas proses penilaian pembelajaran
40. Hasil dari tes yang diberikan oleh seorang instruktur olah raga di
akhir program pembelajaran kepada siswanya bermanfaat untuk ....
A. merencanakan program pembelajar-an lanjutan
B. memotivasi instruktur meningkatkan kualitas pembelajaran
C. menentukan keberhasilan siswa dalam pembelajaran
D. menentukan prasyarat bahan pem-belajaran lanjutan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar