LATIHAN MANDIRI
FILSAFAT ILMU
(IDIK4006)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 41, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Makna filsafat
adalah cinta pada ....
A. sesama manusia
B. bangsa dan negara
C. penalaran
D. ilmu
2. Filsafat timbul
karena keingintahuan manusia pada hal-hal berikut, kecuali ....
A. dewa-dewa yang menguasai langit
dan bumi
B. asal segala yang ada di alam
ini
C. sebab terjadinya gejala alam yang
sering dialami manusia
D. apa yang ada di balik terjadinya
peristiwa-peristiwa alam
3. Pada awalnya, landasan manusia
berpikir tentang sesuatu yang ada di balik peristiwa-peristiwa alam yang
diamati dengan indranya adalah ....
A. antropologi
B. sosiologi
C. mitologi
D. historiologi
4. Di Yunani Kuno,
filsafat alam timbul sebagai hasil pemikiran para filsuf tentang ....
A. hakikat hidup dan kehidupan
B. fenomena alam yang menakjubkan
dan menakutkan
C. manusia dan alam sekitarnya
D. hakikat manusia dan kemanusiaan
5. Menurut Thales, air merupakan asal segala
sesuatu sebab air itu ....
A. terdapat dimana-mana
B. diperlukan oleh seluruh makhluk
hidup
C. bersifat cair
D. selalu bergerak
6. Menurut Herakleitos, hakikat
segala sesuatu adalah perubahan. Perubahan itu bersifat kekal dan berlaku di
bawah hukum logos. Arti kata logos adalah ....
A. perkataan yang jujur
B. pikiran yang benar
C. gagasan yang baik
D. pendapat yang benar
7. Pythagoras
berpendapat bahwa asal segala sesuatu adalah ....
A. bilangan
B. udara
C. tanah
D. air
8. Teori atom
dikemukakan oleh salah seorang tokoh filsuf Yunani Kuno yang bernama ....
A. Sokrates
B. Leukippos
C. Plato
D. Demokritos
9. Sokrates tidak
pernah memaksakan ajarannya kepada orang lain. Ia menggunakan cara berdialog agar mendapat respons dari lawan
bicaranya. Penggunaan metode dialektika seperti ini dimaksudkannya untuk ....
A. berpolemik
B. memperoleh ide atau alternatif
baru
C. berdebat
D. menimbulkan rasa antipati
10. Menurut Plato,
dunia ide hanya dapat dilihat melalui ....
A. pikiran
B. pengamat indrawi
C. perasaan
D. akal budi
11. Logika, menurut Aristoteles, memegang peranan
yang sangat penting bagi pemikiran manusia untuk mencapai kebenaran. Inti
logika adalah silogisme, yaitu cara berpikir yang bertolak dari ....
A. dua proposisi untuk disimpulkan
B. pengamatan indrawi
C. pengalaman empiris
D. internalisasi pengalaman
12. Menurut paham idealisme, realitas yang tampak
oleh indra manusia hanya merupakan bayangan realitas fundamental yang ada dalam
dunia ide. Ini menunjukkan bahwa kekuatan idealisme terletak pada segi mental dan
spiritual kehidupan. Akibatnya, kelompok pengikut aliran ini beranggapan bahwa
....
A. setiap anak yang dilahirkan masih sebersih
kertas kosong yang harus dididik agar mampu menalar
B. kegiatan berpikir sebagai proses mencari
kebenaran ilmiah
C. rasio sebagai satu-satunya sumber ilmu yang
terpercaya
D. kebudayaan dan tradisi merupakan nilai-nilai
kehidupan yang mempunyai tingkat paling tinggi dari sekedar nilai kelompok
individu
13. Humanisme individu mengutamakan kemerdekaan
berpikir, mengeluarkan pendapat, dan berkreasi, sedangkan humanisme sosial
mengutamakan hal-hal berikut, kecuali ....
A. pendidikan untuk masyarakat secara
keseluruhan
B. penalaran untuk mencari kebenaran ilmiah
C. kesejahteraan sosial
D. perbaikan hubungan antarmanusia
14. Penganut paham rasionalisme memandang akal
sebagai ....
A. sumber pengetahuan yang terpercaya
B. alat untuk menemukan kebenaran
C. sumber pengalaman hidup
D. alat untuk berpikir logis
15. Implikasi ajaran tabula rasa dari John Locke
bagi pendidikan adalah bahwa pendidikan formal memiliki tugas utama untuk ....
A. meningkatkan prestasi belajar anak
B. menyampaikan ilmu kepada anak
C. melatih anak pandai bernalar
D. mendidik anak mampu mandiri
16. Menurut J.J. Rousseau, anak harus dididik
sesuai dengan ....
A. minatnya
B. kesiapannya
C. kecepatan belajarnya
D. kemampuan menalarnya
17. Aliran empirisme menyatakan bahwa pengalaman
merupakan sumber pengetahuan. Ini berarti, ilmu harus dapat diuji kebenarannya
melalui ....
A. pemahaman
B. penghayatan
C. penalaran
D. pengalaman
18. Menurut Thomas Hobbes, manusia merupa-kan
bagian dari dunia. Oleh sebab itu, apa yang terjadi pada dirinya dapat
dijelaskan secara mekanistis. Pandangan seperti itu menyebabkan Thomas Hobbes
dipandang sebagai penganjur aliran ....
A. materialisme
B. eksistensialisme
C. idealisme
D. kritisisme
19. Kritisisme merupakan hasil penyempurnaan
filsafat pada abad ke-18 yang dilakukan oleh Emmanuel Kant. Caranya dengan
memadu-kan pandangan aliran ....
A. humanisme dengan idealisme
B. idealisme dengan rasionalisme
C. empirisme dengan rasionalisme
D. empirisme dengan idealisme
20. Pembagian filsafat menjadi beberapa cabang
filsafat terjadi karena disebabkan oleh hal-hal berikut, kecuali ....
A. semakin luasnya pengetahuan manusia
B. filsafat merupakan kumpulan pengetahu-an
tentang Tuhan, manusia, dan alam sekitar
C. semakin luasnya bidang garapan filsafat
D. kajian filsafat semakin rasional dan
sistematis
21. Epistemologi merupakan cabang yang mem-bahas
....
A. keindahan
B. kebenaran
C. penalaran
D. pengetahuan
22. Metafisika adalah cabang filsafat yang
mempelajari hakikat ....
A. penalaran
B. berpikir
C. realitas
D. manusia
23. Logika adalah salah satu cabang filsafat yang
mendasarkan kajiannya pada ....
A. pengetahuan
B. penalaran
C. hakikat manusia
D. hakikat ilmu
24. Etika merupakan salah satu cabang filsafat
yang membahas ....
A. berbagai penerapan metode ilmiah untuk
menemukan kebenaran ilmiah
B. usaha manusia dalam meningkatkan harkat dan
martabatnya
C. usaha manusia untuk menemukan kebenaran
mutlak
D. baik buruknya perilaku manusia dalam
bermasyarakat
25. Masalah yang berkaitan dengan hukum-hukum
keindahan dibahas dalam ....
A. epistemologi
B. metafisika
C. etika
D. estetika
26. Pembahasan hakikat ilmu dan metode ilmiah
untuk menemukan asas realitas yang dipermasalahkan dalam ilmu terdapat dalam
filsafat ....
A. alam
B. manusia
C. ilmu
D. moral
27. Pengetahuan diperoleh dengan cara ....
A. membayangkan sesuatu
B. memikirkan sesuatu
C. mengamati sesuatu
D. memahami sesuatu
28. Filsafat bertugas menganalisis konsep-konsep
dan asumsi-asumsi ilmu,serta mengatur produk berbagai ilmu dalam suatu
pandangan hidup yang terintegrasi, komprehensif, dan konsisten. Sebaliknya,
sikap ilmiah sebagai landasan perkembangan ilmu bermanfaat pula bagi perkembangan
filsafat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hubungan antara
filsafat dengan ilmu bersifat ....
A. saling memerlukan
B. saling mendominasi
C. independen
D. dependen
29. Filsafat moral adalah cabang filsafat yang membahas ....
A. perilaku manusia
B. etika bermasyarakat
C. manusia dan hubungan antarmanusia
D. manusia dan lingkungannya
30. Tragedi kemanusiaan sebagai akibat digunakannya bom atom dalam
Perang Dunia II menyadarkan kita akan perlunya mempersoalkan pengembangan ilmu
pada aspek moralitas, etika, dan spiritualitas. Itulah sebabnya, kita perlu
memahami dengan benar filsafat ....
A. manusia
B. ilmu
C. alam
D. moral
31. Sains adalah semua pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan
metode ilmiah. Pendapat itu dikemukakan oleh ....
A. Connant
B. Dampier
C. Kemeny
D. Suppe
32. Pengetahuan positif ialah pengetahuan yang dipahami manusia
melalui ....
A. pengamatan indranya
B. kegiatan penalarannya
C. kegiatan berpikirnya
D. kegiatan penafsirannya
33. Dalam sains, teori dan hukum bersifat tentatif.
Artinya, berlakunya teori dan hukum sains bersifat ....
A. tetap
B. sementara
C. ajeg
D. berubah-ubah
34. Dalam penelitian ilmu sosial, metode
eksperimen tidak harus digunakan karena ....
A. memerlukan banyak biaya
B. memerlukan banyak waktu
C. variabelnya sulit dikontrol
D. sampel yang diperlukan sangat banyak
35. Ilmuwan harus memilih subyek penelitian yang
tidak melanggar etika supaya hasil penelitiannya ....
A. tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat
B. mudah diimplementasikan
C. bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia
D. bernilai jual tinggi
36. Guru harus menguasai dengan baik materi
pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan pembelajaran agar ....
A. pembahasannya tidak menyimpang dari
penjelasan ilmiahnya
B. siswa mudah menangkap isi pesan
pembelajarannya
C. siswa dapat belajar secara optimal
D. siswa tidak bosan mengikuti pelajaran
37. Seorang ilmuwan mengadakan serangkaian
pengamatan untuk menyangkal hipotesis yang telah diajukan. Ternyata, hasil pengamatan yang dilakukannya
itu sesuai dengan hipotesis yang diajukannya itu.
Ilustrasi tersebut menggambarkan prosedur penelitian
dengan ....
A. penalaran induksi
B. metode ilmiah Francis Bacon
C. argumen induktif-deduktif
D. sistem hypothetico-deductive Karl Popper
38. Tidak semua pengetahuan yang kita miliki dapat dinamakan ilmu
sebab untuk memperoleh ilmu diperlukan syarat tertentu, yaitu ....
A. akal
sehat
B. penelitian
C. metode ilmiah
D. penalaran
39. Kebenaran ilmiah dapat diperoleh dengan berbagai cara yang
dilandasi dengan paradigma tertentu. Pada hakikatnya, paradigma adalah ....
A. metode ilmiah yang digunakan dalam penelitian
B. cara memandang suatu masalah penelitian
C. hukum-hukum yang akan diuji kebenarannya
D. hipotesis yang akan difalsifikasi dalam
penelitian
40. Penggunaan paradigma ganda dalam ilmu-ilmu
sosial disebabkan oleh banyaknya paradigma yang dianut oleh para ilmuwan dalam
....
A. kurun waktu yang sama
B. kurun waktu yang berbeda
C. penelitian yang sama
D. penelitian yang berbeda
41. Sikap ilmiah, seperti selalu ragu-ragu
menghadapi sesuatu yang belum teruji kebenarannya dan selalu ingin mengetahui
atau meneliti fenomena tertentu, harus dimiliki oleh setiap ilmuwan. Bagi
ilmuwan, sikap seperti itu memiliki peranan yang amat penting sebagai ....
A. kredo pengabdiannya
B. kekuatan moralnya untuk mencapai kebenaran
ilmiah
C. kode etik keilmuwanannya
D. pemicu semangat kerjanya
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 42
SAMPAI 50, PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
42. Tokoh-tokoh filsafat alam dari jaman Yunani
Kuno adalah ....
1) Plato
2) Thales
3) Leukippos
43. Giambattista Vico berpendapat bahwa
pengetahuan seseorang tentang sesuatu merupakan hasil konstruksi individu melalui
interaksinya dengan ....
1) obyek atau fenomenanya
2) pengalaman atau lingkungannya
3) penalaran atau pikirannya
44. Pemerolehan ilmu oleh seseorang dilakukan
dengan cara ....
1) mengamati sesuatu
2) meneliti sesuatu dengan menggunakan metode
ilmiah
3) melakukan eksperimen secara sistematis
45. Pengetahuan filsafati diperoleh dengan cara
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mendasar tentang segala sesuatu yang
diamati secara ....
1) rasional dan mendasar
2) kritis dan logis
3) analitis dan sistematis
46. Hubungan sains dengan teknologi sangat erat
dan bersifat timbal balik. Contohnya ....
1) dengan ditemukannya konsep-konsep sains yang
baru, produk “Hi-tech” dapat diciptakan
2) penelitian di bidang sains dapat lebih
berkembang dengan adanya produk teknologi modern
3) dengan adanya mikroskop elektron, ilmu
biologi berkembang dengan pesat
47. Ilmu-ilmu sosial membahas ....
1) hakikat manusia
2) manusia sebagai individu
3) manusia sebagai makhluk sosial
48. Cakupan ilmu pendidikan yang memiliki bidang
kajian spesifik adalah pendidikan ....
1) Biologi
2) Kimia
3) Matematika
49. Kajian filsafat ilmu meliputi ....
1) hakikat ilmu
2) sarana dan cara memperoleh pengeta-huan
3) manfaat ilmu
50. Seorang ilmuwan harus memiliki sikap jujur
dan bertanggung jawab, misalnya ....
1) tidak memanipulasi data dalam penelitiannya
2) menyaring informasi yang akan disampaikan
dalam pertemuan ilmiah agar tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat
3) menggunakan data orang lain dengan
menyebutkan sumbernya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar