LATIHAN MANDIRI
METODE PENELITIAN
(IDIK4007)
PETUNJUK:
UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI
DENGAN 35, PILIHLAH SATU JAWABAN
YANG PALING TEPAT!
1. Ilmu
pengetahuan adalah
A. jawaban pertanyaan yang diperoleh
melalui pengalaman.
B. prinsip yang merupakan hasil
observasi secara tidak sengaja.
C. fakta, konsep, atau prinsip yang
diperoleh dengan metode ilmiah.
D. pengetahuan yang merupakan
jawaban terhadap rasa ingin tahu manusia.
2. Hubungan antara
suatu fakta dengan fakta lainnya akan membentuk
A. prinsip.
B. konsep.
C. teori.
D. pengetahuan.
3. Ilmu pengetahuan didasarkan atas
dua pilar, yaitu
A. struktur etika dan metode ilmiah.
B. struktur moral dan metode
kuantitatif.
C. struktur logis dan pengujian
empiris.
D. struktur validitas dan metode
kualitatif.
4. Suatu
pernyataan yang siap untuk diuji secara terbuka, menunjukkan bahwa pernyataan
tersebut telah memenuhi kaidah
A. validitas.
B. ilmiah.
C. konseptual.
D. prinsipal.
5. Salah satu
miskonsepsi tentang sains adalah
A. “tujuan sains adalah mencari
korelasi antar fakta”.
B. “tujuan sains adalah mengumpulkan
fakta sebanyak mungkin”.
C. “sains tidak mempunyai manfaat
praktis”.
D. sains tidak bersifat absolut”.
6. Norma-norma yang dipegang teguh
dalam ilmu pengetahuan adalah
A. orisinalitas, tanpa pamrih,
universalitas, skeptisme, dan terbuka.
B. orisinalitas, tanpa pamrih,
kontektual, skeptisme, dan terbuka.
C. orisinalitas, tanpa pamrih,
universalitas, dogmatis, dan terbuka.
D. orisinalitas, tanpa pamrih,
kontektual, dogmatis, dan terbuka.
7. Salah satu
perbedaan pokok antara metode ilmiah dan metode non-ilmiah adalah
A. permasalahan yang dirumuskan
secara umum.
B. proses pengumpulan data
melalui wawancara.
C. jawaban permasalahan didukung data.
D. kesimpulan diturunkan dari permasalah-an.
8. Contoh bentuk perumusan masalah yang paling
baik adalah
A. Bagaimana reaksi orang tua siswa di sekolah
negeri dan swasta terhadap perubahan kurikulum di tingkat SD?.
B. Apakah perubahan kurikulum SD berpengaruh
terhadap orang tua berdasarkan jenis sekolah dimana anaknya terdaftar
(negeri/swasta)?.
C. Apakah reaksi orang tua terhadap perubahan
kurikulum SD dipengaruhi oleh jenis sekolah (negeri/swasta) dimana anaknya
terdaftar?.
D. Apakah ada perbedaan reaksi terhadap
perubahan kurikulum SD antara orang tua siswa di sekolah negeri dengan orang
tua siswa di sekolah swasta?.
9. Bab tinjauan
pustaka dalam laporan penelitian antara lain dapat menunjukkan
A. banyaknya buku yang telah dibaca
oleh peneliti.
B. bahwa penelitian didasarkan pada
hasil penelitian sebelumnya.
C. bahwa penelitian dilakukan dengan
benar.
D. keaslian dari penelitian yang
dilakukan.
10. Etika dalam penelitian sosial sangat penting
karena
A. penelitian sosial melibatkan manusia sebagai
objek penelitiannya.
B. peneliti perlu rambu-rambu agar bersifat
ilmiah.
C. objek penelitian perlu diberi rambu-rambu
agar dapat berpartisipasi.
D. penelitian bersifat sosial dan kualitatif.
11. Masalah etika yang harus diperhatikan pada
saat pengumpulan data antara lain
A. objek penelitian harus boleh mengundurkan
diri kapan saja.
B. data yang dikumpulkan harus direkapitulasi
dengan jelas.
C. peneliti harus terlibat langsung pada proses
pengumpulan data.
D. objek penelitian harus mau membuka
identitasnya.
12. Inform
Consent adalah
A. surat persetujuan peneliti untuk melakukan
penelitian.
B. surat persetujuan objek penelitian untuk
berpartisipasi secara sukarela.
C. surat penugasan untuk mengumpulkan data.
D. surat penugasan pada objek penelitian untuk
berpartisipasi.
13. Proposal penelitian adalah dokumen yang
berisi
A. rumusan masalah dan tujuan penelitian.
B. rumusan ide dan rencana strategi pelaksanaan
penelitian.
C. rencana cara pengumpulan data suatu
penelitian.
D. rumusan tujuan dan hipotesis penelitian.
14. Sistematika penelitian sangat beragam, namun
pada umumnya diurutkan sebagai berikut
A. pendahuluan, metodologi, tinjaun pustaka,
kesimpulan.
B. pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi,
hasil dan pembahasan, kesimpulan.
C. latar belakang, tujuan, metodologi, hasil dan
pembahasan, kesimpulan.
D. latar belakang, metodologi, tujuan, hasil dan
pembahasan, kesimpulan.
15. Penjelasan mengenai sumber data, cara
pengumpulan data, dan analisis data terdapat pada bagian
A. pendahuluan.
B. tinjauan pustaka.
C. metodologi.
D. kerangka pemikiran.
16. Beberapa pertimbangan untuk penentuan
permasalah penelitian adalah
A. orisinalitas, signifikansi, dan
empirikalitas.
B. keaslian, kemanfaatan, dan kemungkinan
pengujian secara empiris.
C. keaslian, kemanfaatan, dan kemudahan mencari
data yang mendukung.
D. orisinalitas, signifikansi, dan
generalibitas.
17. Dari pernyataan berikut, mana yang paling
baik dari segi pembatasan fokus penelitian
A. penelitian ini bertujuan untuk melihat
faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi anak di sekolah.
B. penelitian ini bertujuan untuk melihat
korelasi antara usia anak dengan tingkat kenakalan mereka di sekolah.
C. penelitian ini akan melihat hubungan antara
tingkat kehadiran di kelas dengan hasil ulangan rata-rata pelajaran Matematika.
D. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah
ada korelasi antara tingkat kehadiran dengan nilai ulangan rata-rata anak kelas
6 SD pada matapelajaran Matematika.
18. Suatu penelitian memiliki rumusan masalah
sebagai berikut: “mempelajari ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang
tua terhadap partisipasi orang tua dalam kegiatan belajar anak di rumah”. Variabel bebas penelitian tersebut adalah
A. pengaruh tingkat pendidikan.
B. tingkat pendidikan orang tua.
C. partisipasi orang tua.
D. kegiatan belajar anak di rumah.
19. Variabel yang bersifat abstrak perlu
dijabarkan ke dalam bentuk konkrit yang dapat diukur yang biasa disebut
A. konsep.
B. faktor.
C. indikator.
D. fenomena.
20. Peningkatan wawasan melalui kegiatan tinjauan
pustaka penting dilakukan agar
A. dapat melakukan replikasi penelitian
sebelumnya.
B. tidak memilih variabel-variabel yang telah
diteliti oleh orang lain.
C. dapat membuat teori baru.
D. dapat membuat rancangan penelitian yang lebih
baik.
21. Manfaat yang diperoleh peneliti dari kegiatan
tinjauan pustaka untuk penulisan laporan terutama untuk
A. membatasi masalah dan ruang lingkup penelitian.
B. melihat hasil penelitian sebelumnya.
C. menentukan variabel-variabel yang relavan.
D. menginterpretasikan hasil analisis data.
22. Bibliografi merupakan salah satu sumber
pustaka berupa
A. ringkasan hasil-hasil penelitian terdahulu.
B. data publikasi dalam sub topik tertentu.
C. buku acuan tentang informasi langsung.
D. data lokasi pustaka tertentu.
23. Salah satu contoh sumber pustaka sekunder
adalah
A. laporan penelitian.
B. artikel hasil penelitian.
C. artikel bedah/resensi buku.
D. artikel dalam suatu buletin penelitian.
24. Jika dalam suatu daftar pustaka terdapat data
berikut: “ Sudirman, N (1999). Analisis Pembelanjaan Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan, 5(2):33-49”. Artinya sumber pustaka tersebut berupa
A. buku teks.
B. artikel.
C. laporan penelitian.
D. buku acuan langsung.
25. Usenet merupakan salah satu fasilitas di
Internet yang dapat digunakan untuk
A. mentransfer file yang diinginkan.
B. mencari alamat sumber pustaka.
C. berdiskusi dengan pemakai Internet lain.
D. menyalin file dari Internet disket.
26. Kutipan tidak langsung adalah
A. potongan imformasi yang persis seperti
kata-kata aslinya.
B. catatan imformasi dengan kata-kata sendiri.
C. imformasi utuh yang disalin dari sumber
pustaka tertentu.
D. catatan data dari sumber tidak langsung.
27. Penyusunan kerangka teori biasanya merupakan
kelanjutan dari kegiatan
A. perumusan masalah.
B. perumusan tujuan.
C. tinjauan pustaka.
D. penentuan metodologi.
28. Hipotesis adalah
A. tujuan penelitian dalam bentuk pertanyaan.
B. tujuan penelitian dalam bentuk pernyataan.
C. jawaban sementara terhadap masalah/
pertanyaan penelitian.
D. jawaban pasti terhadap masalah/ pertanyan
penelitian.
29. Pendekatan penelitian menunjukkan
A. teknik pengumpulan data yang akan dilakukan.
B. jenis informasi yang akan dikumpulkan.
C. metode sampling yang akan digunakan.
D. teknik wawancara yang akan dilakukan.
30. Dasar penentuan pendekatan penelitian sensus,
survei, dan studi kelompok kecil adalah
A. teknik analisis.
B. cara pelaporan hasil analisis.
C. tingkat generalisasi temuan.
D. ada tidaknya perlakukan percobaan.
31. Berdasarkan jenis data yang digunakan, maka
penelitian dapat pula dibedakan menjadi
A. eksperimental dan noneksperimental.
B. kuantitatif dan kualitatif.
C. eksploratoris dan deskripstif.
D. sensus dan survey.
32. Desain penelitian korelasional bertujuan
untuk menjawab pertanyaan mengenai
A. ada tidaknya korelasi antarvariabel.
B. hubungan kausal antarvariabel.
C. gambaran suatu fenomena secara kualitatif.
D. gambaran suatu kelompok kecil.
33. Ancaman maturasi pada sistemdesain penelitian
eksperimental adalah
A. adanya perubahan pada lingkungan subjek
penelitian.
B. terjadinya kesalahan pengukuran variabel.
C. adanya perubahan pada diri subjek penelitian.
D. adanya penurunan jumlah subjek penelitian.
34. R X O
R O
Gabaran desain
eksperimental di atas disebut
A. pretest-postest control
group design.
B. postest-only control group
design.
C. Solomon-group design.
D. Time series group design.
35. Validitas eksternal pada umumnya menjadi
masalah pada desain penelitian
A. pra-eksperimental.
B. eksperimental sejati.
C. korelasional.
D. eksploratoris.
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 36 SAMPAI
60, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN
2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
36. Komponen utama suatu proposal penelitian
adalah
1) penyajian yang sistematis
2) masalah penelitian yang jelas
3) objektivitas peneliti
37. Format penyusunan proposal sangat penting
untuk diikuti, karena format proposal
1) merupakan informasi tentang kepentingan
peneliti
2) menunjukkan prioritas dan kepentingan
penyandang dana penelitian
3) menunjukkan jalan pikiran peneliti mengenai
rencana penelitiannya
38. Bagian pendahuluan pada proposal penelitian
berfungsi untuk menginformasikan
1) konteks dimana permasalahan penelitian
ditemukan/terjadi
2) signifikansi permasalahan penelitian
3) latar belakang permasalahan penelitian
39. Proposal yang baik dapat berfungsi sebagai
1) alat komunikasi
2) rencana
3) kontrak
40. Generalisasi hasil penelitian merupakan
fungsi dari
1) sampel yang dipilih
2) analisis data yang dilakukan
3) masalah yang dirumuskan
41. Masalah penelitian sebaiknya dirumuskan
secara
1) singkat
2) jelas
3) operasional
42. Masalah penelitian dapat ditemukan pada
1) pengalaman sehari-hari
2) hasil studi kepustakaan
3) rasa ingin tahu
43. Menentukan batasan fokus penelitian sangat
penting untuk
1) pendefinisian variabel-variabel penelitian
2) menjelaskan konteks penarikan sampel
3) pembuatan generalisasi berdasarkan kesimpulan
44. Perumusan masalah penelitian dapat berupa
1) pertanyaan
2) hipotesis
3) pernyataan
45. Kegiatan tinjauan pustaka merupakan kegiatan
1) menelaah hasil penelitian relevan terdahulu
2) mengkaji teori dan konsep relevan yang ada
3) mengamati seluruh fenomena relevan yang
ditemui
46. Anda tertarik untuk meneliti dampak
kebijaksanaan baru pemerintah tentang kenaikan tunjangan fungsional guru
terhadap prestasi mengajar guru di sekolah. Rumusan masalah yang dapat Anda
buat antara lain
1) Adakah pengaruh peningkatan fungsional guru
terhadap prestasi mengajar mereka?
2) penelitian ini bertujuan untuk melihat ada
tidaknya hubungan antara kenaikan tunjangan fungsional guru dengan prestasi
mengajar mereka di sekolah
3) peningkatan tunjangan fungsional guru mempunyai korelasi positif terhadap prestasi
mengajar mereka
47. Suatu penelitian memiliki rumusan masalah
sebagai berikut: “mempelajari ada tidaknya hubungan antara latar belakang
sosial budaya guru dengan sikap guru dalam menangani kenakalan murid di
sekolah”
Variabel-variabel
yang harus diukur dalam penelitian tersebut adalah
1) latar belakang sosial budaya guru
2) kenakalan murid di sekolah
3) sikap guru dalam menangani kenakalan murid
48. Salah satu cara untuk mempermudah pencarian
pustaka yang relevan adalah dengan
1) menentukan masalah penelitian setepat mungkin
2) menentukan kata kunci
3) mencari perpustakaan terlengkap di kota Anda
49. Penelaahan pustaka dapat dilakukan dengan
cara membuat
1) ringkasan pustaka
2) kutipan langsung
3) kutipan tidak langsung
50. Kunci penelaahan pustaka adalah pada
1) kemutakhiran pustaka
2) jumlah pustaka yang ditelaah
3) relevansi substansi dengan masalah penelitian
51. Cara penulisan kutipan langsung perlu
memperhatikan
1) ketepatan penyalinan kata-kata sesuai aslinya
2) panjang pendeknya kutipan
3) letak halaman dari mana kutipan tersebut
diambil
52. Kerangka teori merupakan
1) deskripsi tentang sudut pandang penelitian
2) analisis hubungan antarkonsep yang digunakan
3) penjelasan teori yang mendasari penelitian
53. Kerangka teori yang baik harus dapat membantu
peneliti dalam
1) menentukan variabel yang akan diukur
2) memberikan jawaban sementara terhadap
permasalahan penelitian
3) menentukan teknik pengumpulan dan analisis
data yang akan digunakan
54. Pendekatan penelitian sensus mempunyai
karakteristik
1) sampling jenuh
2) dilakukan pada waktu yang bersamaan
3) kajian kelompok kecil
55. Pertimbangan untuk menentukan pendekatan
penelitian antara lain
1) Apakah informasi yang diperlukan sudah
tersedia?
2) Populasi seperti apa yang ingin diterangkan?
3) Sumberdaya apa yang tersedia?
56. Studi kasus adalah
1) pendekatan penelitian untuk generalisasi
2) salah satu bentuk studi kelompok kecil
3) pendekatan yang berfokus pada kajian
perubahan fenomena dari waktu ke waktu
57. Penelitian dengan pendekatan survey biasanya
bertujuan untuk
1) menerangkan sebab-akibat
2) memaparkan perilaku/keadaan apa adanya
3) membuat generalisasi dari temuannya
58. Berdasarkan teknik analisis dan pelaporannya,
penelitian antara lain dapat dibedakan menjadi penelitian
1) eksploratoris
2) deskriptif
3) korelasional
59. Desain penelitian dapat dinyatakan dalam
bentuk
1) formula
2) skema
3) diagram
60. X O
Perlakuan Pengukuran variabel tak
penelitian bebas
Dari gambaran desain di atas, hampir dapat dipastikan
bahwa penelitian tersebut merupakan penelitian
1) korelasional
2) eksploratoris
3) eksperimental
Tidak ada komentar:
Posting Komentar