TUGAS MANDIRI
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2
(MKDK4402)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 38, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Menurut pandangan modern kurikulum diartikan
sebagai ....
A. semua kegiatan yang dilakukan untuk menguasai
suatu mata pelajaran
B. segala kegiatan pembelajaran yang berlangsung
di kelas
C. seluruh kegiatan yang dilakukan di luar
sekolah
D. semua aktivitas yang dijalankan siswa di
sekolah
2. Komponen tujuan dalam suatu kurikulum
merupakan suatu gambaran tentang ....
A. hasil penilaian akhir dari suatu pembelajaran
B. kemampuan yang ditetapkan untuk dikuasai oleh
siswa
C. tingkat pencapaian target oleh siswa
D. kriteria keberhasilan yang ditetapkan oleh
guru
3. Komponen isi dari kurikulum ditentukan
melalui proses ....
A. identifikasi pengalaman belajar
B. pengkajian struktur materi pelajaran
C. penelaahan kurikulum yang terorganisasi
D. pemilihan tujuan pembelajaran yang
ditargetkan
4. Komponen metode dari kurikulum berkenaan
dengan ....
A. pengalaman belajar di kelas
B. teknik pengelolaan pembelajaran
C. proses pencapaian tujuan
D. penyampaian isi kurikulum
5. Manakah dari pernyataan berikut yang benar
tentang komponen evaluasi pada kurikulum?
A. Evaluasi dilakukan di akhir pembelajaran saja
B. Sasaran evaluasi adalah hasil dan proses
kurikulum
C. Dalam proses evaluasi terdapat kriteria
keberhasilan yang ditetapkan
D. Evaluasi dilaksanakan berdasarkan materi
kurikulum
6. Penerapan prinsip berkesinambungan dalam
merumuskan organisasi kurikulum menurut Tyler dapat terlihat pada contoh
berikut ini ....
A. konsep tambah dan kurang merupakan dasar dari
konsep perkalian sehingga harus terus menerus diulas
B. cara pengurutan materi pelajaran di kelas I
SD untuk keterampilan menulis akan lebih sederhana daripada di kelas II
C. dengan menggunakan pembelajaran terpadu,
keterampilan dapat menghitung dapat diterapkan pada berbagai mata pelajaran
D. materi pelajaran untuk penguasaan keterampilan
membaca di SLTP tidak akan sedalam materi pelajaran untuk di SLTA
7. Evaluasi hasil kurikulum adalah penilaian
terhadap ....
A. tingkah laku siswa yang tampak sepanjang
pembelajaran
B. metode dan materi kurikulum yang digunakan
C. keterlaksanaan proses kurikulum dalam
pembelajaran
D. ketercapaian target kurikulum yang diharapkan
8. Evaluasi proses kurikulum berkenaan dengan
....
A. pengukuran ketercapaian tujuan yang
ditetapkan
B. proses penilaian rencana pembelajaran
C. penilaian jalannya proses pembelajaran
D. penilaian keberhasilan siswa dalam belajar
9. Hubungan kurikulum dengan buku teks dapat
diibaratkan seperti berikut ....
A. jika kurikulum sebuah ruangan, maka buku teks
merupakan perabotannya
B. jika kurikulum adalah buku kumpulan model busana,
maka buku teks adalah peralatan yang ada untuk menjadikan sebuah gaun
C. apabila kurikulum merupakan sebuah mobil,
maka buku teks merupakan bagian dari mesinnya
D. apabila kurikulum disamakan dengan seorang
anak, maka buku teks bisa disamakan dengan orang tuanya
10. Rumusan tujuan dalam pengembangan kurikulum
ditentukan berdasarkan ....
A. penentuan seluruh komponen proses pembelajaran
B. balikan dari siswa tentang kebutuhan belajar
C. analisis berbagai kebutuhan dan harapan masyarakat dan siswa
D. pertimbangan berbagai kebijakan pendidikan yang bersifat makro
11. Penentuan isi dalam pengembangan kurikulum mencakup pemilihan ....
A. metode pembelajaran yang sedang berkembang
B. segala inovasi atau pembaharuan pada kurikulum
C. model pembelajaran yang disesuaikan dengan ciri-ciri kurikulum
D. materi yang dapat dikemas dalam topik kehidupan sehari-hari
12. Perumusan kegiatan pembelajaran dalam pengembangan kurikulum
mencakup kegiatan ....
A. pengambilan keputusan dalam memilih bentuk pembelajaran
B. penentuan metode dan prosedur pembelajaran
C. analisa tuntutan siswa tentang pembelajaran yang diinginkan
D. pemilihan materi yang sesuai dengan strategi pembelajaran
13. Pelaksanaan evaluasi dalam pengembangan kurikulum mempunyai maksud
untuk ....
A. memperoleh balikan dalam rangka perbaikan pembelajaran
B. menyusun target-target berikutnya yang akan dicapai
C. mengukur proses pembelajaran yang telah berlangsung
D. melihat kemampuan siswa dan guru dalam proses pembelajaran
14. Prinsip fleksibilitas dalam pengembangan kurikulum mengandung
pengertian bahwa kurikulum harus ....
A. memperhatikan perkembangan pribadi siswa
B. disusun secara berkesinambungan untuk setiap tingkatan kelas
C. dapat mengandung program-program yang dapat dipilih siswa
D. dikembangkan berdasarkan tujuan yang tersusun jelas
15. Salah satu kegiatan yang dilakukan saat mengembangkan kurikulum di
tingkat institusional adalah kegiatan ....
A. mengidentifikasi beberapa topik yang akan dijadikan bahan
pelajaran
B. menyusun rencana pembelajaran untuk setiap topik pelajaran
C. memilih bidang studi yang sesuai untuk setiap tingkatan kelas
D. menetapkan program intra, ko, dan ekstra kurikuler untuk setiap
mata pelajaran
16. Salah satu langkah dalam pengembangan kurikulum tingkat mata
pelajaran adalah ....
A. mengidentifikasi tujuan instruksional khusus untuk tiap mata
pelajaran
B. menjabarkan penyebaran waktu yang sesuai untuk tiap pokok bahasan
C. menentukan metode dan sumber belajar yang cocok untuk tiap jenis
pokok bahasan
D. memilih bidang studi yang sesuai untuk masing-masing tingkatan
kelas
17. Pengembangan kurikulum yang
harus dilakukan oleh setiap guru untuk setiap kali mengelola pembelajaran di
kelas adalah ....
A. menyusun rencana pembelajaran
B. membuat silabus untuk tiap mata pelajaran
C. mengembangkan GBPP untuk tiap bidang studi
D. membuat matriks kegiatan pembelajaran harian
18. Kecerdasan ganda dapat mengandung pengertian sebagai berikut ....
A. kemampuan lebih di berbagai bidang matematika yang dimiliki
seseorang
B. potensi untuk menciptakan produk sesuai dengan konteksnya
C. skor IQ yang mencapai 130 ke atas
D. kemampuan yang seimbang antara otak kiri dan kanan
19. Yang dimaksud dengan intelegensi intrapersonal adalah ....
A. bakat seseorang untuk menginterpretasikan suara alam
B. kemampuan mengkoordinasikan gerakan anggota tubuh
C. potensi yang lebih untuk berkomunikasi dengan orang lain
D. kemampuan yang besar untuk mengevaluasi diri sendiri
20. Salah satu cara yang dapat mengaktifkan seluruh indra siswa adalah
guru ....
A. meminta siswa menulis pengalamannya yang paling mengesankan dalam
buku catatan kecil di setiap akhir minggu dan memeriksanya secara teratur serta
memberikan balikan
B. meluangkan waktu pada awal pelajaran untuk mengajak siswa
memikirkan sejenak apa yang telah dilakukan siswa di rumah dan mengajukan
beberapa pertanyaan
C. meminta siswa saling mengajukan pertanyaan-pertanyaan singkat
seputar kehidupan siswa sehari-hari pada setiap kesempatan
D. meminta siswa selalu menempelkan hasil karya terbaiknya setiap
hari di papan yang telah disediakan dan memberi alasan pemilihan hasil karya
terbaiknya untuk ditempel
21. Penerapan dari langkah pertama yang dilakukan guru untuk melatih
kecerdasan yang berimbang adalah ....
A. memadukan keterampilan mengadakan variasi dengan menggunakan
berbagai media pembelajaran dan pendekatan bercerita
B. memilih tema yang menarik siswa sebagai inti pembelajaran dalam
mengorganisasikan beberapa pelajaran yang dibahas sekaligus
C. menerapkan beberapa alat evaluasi yang dikemas dalam bentuk
permainan seperti teka-teki silang, melengkapi gambar, dan mencocokkan kalimat
D. menyiapkan beberapa daftar cek untuk memantau kegiatan siswa pada
saat mengarang dan berdiskusi
22. Model yang dapat ditiru guru untuk melatih silang kecerdasan yang
berbeda adalah ....
A. membuat kuesioner yang berisi tentang kesan siswa tentang setiap
mata pelajaran dan meminta siswa mengisinya pada akhir jam pelajaran
B. mengemas dua mata pelajaran yang sejenis sekaligus dalam satu
waktu pelajaran tertentu dengan titik berat pada satu pelajaran saja
C. mempersiapkan beberapa aktivitas yang berbeda dan meminta siswa
secara berkelompok melakukan beberapa aktivitas tersebut secara bergantian
dalam satu kurun waktu yang telah ditetapkan
D. membuat berbagai paket permainan untuk beberapa mata pelajaran
sekaligus, kemudian seluruh siswa secara bersamaan diminta mencoba paket-paket
tersebut secara sistematis dan berurutan
23. Menurut teori kognitif, kata motivasi memiliki pengertian sebagai
....
A. dorongan individu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya
B. minat seseorang yang sangat kuat sehingga dapat menjadi kebutuhan
C. dorongan yang dikembangkan sendiri oleh seseorang untuk melakukan
sesuatu
D. pola pikir individu yang melibatkan kebutuhan nilai-nilai,
persepsi, tujuan dan pengalaman
24. Motivasi intrinsik dapat dicontohkan seperti berikut ....
A. Ani yang semula malas mengikuti les menari balet menjadi
bersemangat karena melihat gurunya yang baik dan cantik
B. Diya bisa menjadi anak yang berani akibat latihan yang diberikan
guru olahraganya yang meminta menjadi ketua tim bola kasti
C. Tiyo sangat terampil dalam mengoperasikan komputer karena
kegemarannya berlatih komputer di rumah
D. Suryo selalu mendapat nilai bagus untuk pelajaran IPA karena
memang ada keturunan dari ayahnya yang ilmuwan
25. Berikut ini adalah ilustrasi dari motivasi ekstrinsik ....
A. Karena ibunya seorang penyanyi tenar, maka Biyan berbakat di
bidang musik
B. Gilang bertekad akan berprestasi di bidang fisika, agar seperti
Yuri Gargarin yang dapat pergi ke bulan
C. Tanto tidak lagi sering menangis di tengah malam, setelah neneknya
menemani tidur di sampingnya
D. Badu bisa berenang karena Bapaknya rajin mengajarinya
26. Guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara ....
A. menasehati siswa setiap memulai pelajaran
B. memberikan kegiatan yang bervariasi untuk setiap pembelajaran
C. mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat motivasi belajarnya
D. membuat rencana pembelajaran yang sangat rinci
27. Motivasi yang bersifat afektif dapat digambarkan seperti berikut
ini ....
A. nilai-nilai yang ditularkan melalui ceramah agama mampu membuat
seseorang mengubah cara berkomunikasinya menjadi lebih santun
B. cerita-cerita tentang orang sukses di bidang ekonomi, dapat
membuat siswa memacu dirinya untuk dapat mengerjakan ulangan di akhir jam
pelajaran
C. logika seseorang yang semula sempit dapat menjadi luas setelah
mendengarkan penjelasan tentang kejadian alam semesta
D. cara berjalan siswa yang semula lamban bisa menjadi lebih cepat
karena guru selalu mengajak siswa melakukan senam ringan sebelum pelajaran
dimulai
28. Guru yang terus menerus menekankan dengan keras bahwa orang yang
berhasil merupakan orang yang selalu bekerja keras dan mewajibkan siswanya
selalu bekerja keras dapat mengakibatkan siswa ....
A. memiliki semangat berkompetisi yang kuat
B. menjadi tegang dan tidak bisa konsentrasi
C. menunjukkan sikap yang acuh tak acuh
D. memiliki rasa takut kepada gurunya
29. Untuk meningkatkan motivasi siswa, guru harus ....
A. memberikan ulangan yang terstruktur baik dan bertahap
B. membuat ringkasan bahan pelajaran yang dapat dipelajari dengan
mudah
C. mengelola pembelajaran sehingga dapat mengembangkan potensi siswa
D. mengatasi kesulitan belajar para siswa baik di sekolah dan di
rumah
30. Faktor yang mempengaruhi motivasi menurut teori kebutuhan untuk
berprestasi adalah ....
A. balikan yang diberikan guru terhadap hasil ulangan
B. kesadaran siswa akan standar kualitas yang harus dicapainya
C. manfaat dari kegiatan yang telah dilaksanakan
D. rasa percaya diri dalam melakukan sesuatu
31. Agar para siswa lebih bersemangat dalam menerima pelajaran
matematika, Pak Yudi berusaha selalu menutup pelajaran dengan kegiatan yang
bervariasi. Salah satu variasi yang dapat dilakukan pada saat memberikan tes
formatif adalah dengan ....
A. memberikan soal yang jumlahnya bervariasi setiap kali tes formatif
B. mengijinkan siswa membuka buku paket saat mengerjakan soal
C. membentuk kelompok dan mengerjakan soal dalam kelompok
D. menerapkan format penyampaian tes yang bervariasi seperti lomba
cerdas cermat berkelompok atau kuis
32. Bu Rani merupakan guru yang sering merangkap kelas karena
keterbatasan guru di suatu sekolah. Agar seluruh siswa dari beberapa tingkatan
kelas yang berbeda tersebut dapat memacu semangat belajarnya sendiri sesuai
dengan kemampuan dan perkembangan siswa masing-masing, Bu Rani dapat melakukan
kegiatan sebagai berikut ....
A. menuliskan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa di papan
tulis di kelas yang diajarinya pada saat
memulai pembelajaran
B. Membagi lembaran kerja yang berisikan bentuk tugas yang
berbeda-beda dengan cara pengerjaan yang berbeda pula untuk setiap tingkatan
kelas
C. menerangkan materi dengan melibatkan beberapa siswa untuk
bercerita tentang pengalamannya yang berkenaan dengan materi yang sedang
dibahas
D. menggabungkan kelas-kelas yang diajarnya dan belajar di alam
terbuka dengan model tutor sebaya
33. Strategi yang dapat diterapkan guru untuk membantu siswa yang
tergolong “slow learner” agar tidak merasa rendah diri diantara kawan-kawan
sekelasnya dan mempunyai motivasi belajar yang baik, diantaranya adalah ....
A. meminta siswa yang tergolong “slow learner” secara bergantian
untuk menerangkan materi dengan cara mencari gambar yang sesuai dengan topik
yang dibicarakan
B. mengutarakan target yang harus dicapai pada setiap akhir pelajaran
kepada seluruh siswa sehingga siswa yang tergolong “slow learner” dapat bekerja
lebih keras
C. mengelompokkan siswa-siswa yang tergolong “slow learner” dalam
satu kelompok belajar dan diberikan tugas yang sesuai dengan kemampuannya
D. menggunakan media belajar yang bervariasi dan yang dapat
merangsang siswa-siswa “slow learner” menjadi lebih aktif
34. Agar suasana kelas aktif dan menyenangkan serta para siswa
mendapatkan kepuasan, Bu Ita dapat menjaga dan membangun motivasi belajar siswa
dengan ....
A. memberikan layanan bantuan belajar yang mengakomodasi perbedaan
kemampuan individu para siswa dengan variasi tugas dan cara penyampaian materi
B. mengajak siswa untuk melakukan perenungan setelah pelajaran
berakhir dan melakukan diskusi terbuka saat akan menerangkan suatu materi
C. membuat kesepakatan-kesepakatan tentang disiplin kelas dan
memberikan balikan terhadap prestasi dan pelang-garan kesepakatan tersebut
D. mengajak siswa keluar kelas untuk melihat contoh nyata dari materi
yang telah diterangkan
35. Motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan membantu siswa
untuk dapat mengatur dan menata sendiri belajarnya melalui berbagai cara yang
dilakukan guru. Yang terpenting segala upaya yang dilakukan guru tersebut harus
dapat memberikan kesadaran pada siswa bahwa ....
A. target belajar yang dilakukan siswa adalah kematangan
masing-masing siswa itu sendiri
B. siswa mampu untuk memilih bentuk belajar yang sesuai dengan
kondisi masing-masing siswa
C. kemandirian siswa dapat mendorong terciptanya suasana belajar yang
menyenangkan
D. usaha yang dilakukan siswa berkaitan erat dengan pencapaian tujuan
pribadi siswa
36. Berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar, para siswa perlu
didorong untuk mengembangkan hubungan antar personal diantara para siswa
lainnya. Kerjasama antar-siswa dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh
terhadap peningkatan motivasi belajar, karena kerjasama antar siswa dapat
membuat siswa ....
A. dipaksa untuk melakukan komunikasi yang aktif diantara siswa
lainnya
B. mengukur kemampuan sendiri berdasarkan balikan dari siswa lainnya
C. mendorong diri sendiri untuk mengembangkan kreativitasnya
D. memperoleh wawasan dan pemahaman yang luas tentang arti pertemanan
37. Motivasi belajar anak ditentukan oleh sejauh mana keterlibatan
orang tua dalam proses belajar anaknya selain guru di kelas. Usaha yang dapat
dilakukan guru untuk mengajak orang tua meningkatkan motivasi belajar adalah
....
A. memberikan informasi tentang pentingnya peran orang tua dalam
mensukseskan anak dalam belajar
B. mengadakan kesepakatan dengan orangtua siswa bahwa belajar di
rumah merupakan tanggung jawab orangtua, sedangkan untuk belajar di kelas
merupakan tanggung jawab guru sepenuhnya
C. meminta keterlibatan yang aktif dari orang tua untuk memberikan
fasilitas yang optimal untuk meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak
D. mengkomunikasikan secara berkala berbagai kendala yang dihadapi
guru untuk meningkatkan motivasi belajar para siswa
38. Sejak dari SD, anak sudah bisa diajari untuk memotivasi dirinya
sendiri dengan mengatur cara belajarnya. Salah satu kegiatan yang dapat
dikembangkan guru untuk memotivasi siswa melakukan regulasi belajar adalah
dengan ....
A. meminta
setiap siswa menuliskan kesan-kesan dan komentarnya setelah pembelajaran di
kelas dengan kata-kata sendiri
B. mengkomunikasikan kemajuan belajar yang telah dicapai siswa kepada
orang tua setiap minggu melalui portofolio
C. membuat kelompok belajar diantara para siswa yang anggotanya
merupakan siswa-siswa yang mempunyai kemampuan kognitif bervariasi
D. membiasakan kepada seluruh siswa untuk langsung berkomentar ketika
mereka tidak mengerti atau tidak setuju dengan pendapat guru
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 39 SAMPAI 50,
PILIHLAH:
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
39. Bagi guru, kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam ....
1) mengidentifikasi bahan yang sesuai dengan target yang ditetapkan
2) melaksanakan proses pembelajaran
3) mengembangkan kurikulum yang lebih baik dari yang sudah ada
40. Penerapan asas filosofis dalam pengem-bangan kurikulum menuntut
guru untuk ....
1) memperhatikan keseimbangan antara kebutuhan siswa dengan
permintaan masyarakat terhadap norma-norma yang tumbuh
2) menyatakan dengan jelas makna kemampuan yang ditargetkan dikuasai
siswa
3) menjabarkan hakikat, definisi dan ruang lingkup dari kemampuan
yang harus dikuasai siswa
41. Asas psikologis dalam pengembangan kurikulum berkaitan dengan
tingkah laku manusia yang meliputi teori tentang ....
1) perkembangan peserta didik
2) proses belajar peserta didik
3) nilai-nilai yang dianut peserta didik
42. Dalam pengembangan kurikulum yang memperhatikan asas sosiologis,
faktor yang harus dipertimbangkan adalah ....
1) masyarakat
2) perilaku peserta didik
3) landasan sosial budaya
43. Berdasarkan asas organisatoran, kurikulum dapat dikembangkan dalam
bentuk ....
1) separated-subject curriculum
2) correlated curriculum
3) integrated curriculum
44. Contoh materi kurikulum jenis separated-subject
curriculum adalah ....
1) IPA, IPS dan Bahasa
2) Menulis, Membaca dan Mengarang
3) Berhitung, Aljabar dan Seni Rupa
45. Dengan menerapkan correlated
curriculum berarti ....
1) jumlah mata pelajaran diperkecil
2) cakupan dari tiap pelajaran dipersempit
3) ruang lingkup tiap mata pelajaran diperluas
46. Inti dari integrated
curriculum adalah ....
1) semua mata pelajaran dipusatkan pada suatu topik tertentu
2) pembelajaran dikemas dalam bentuk tematik
3) penggabungan beberapa mata pelajaran sekaligus
47. Ciri-ciri seseorang yang mempunyai intelegensi bahasa adalah ....
1) dapat menceritakan kembali cerita yang pernah didengar
2) pandai menguraikan makna dan maksud dari suatu paragraf
3) berbakat dalam menyusun skenario
48. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi menurut teori kebutuhan
adalah ....
1) rasa lapar dan haus
2) sikap guru dan jenis kegiatan
3) tingkat kenyamanan dan keamanan seseorang
49. Sikap guru yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa menurut
teori atribusi adalah seperti berikut ....
1) memilih siswa tertentu untuk mengerjakan soal papan tulis
2) memberikan soal ulangan yang materinya belum diterangkan
3) menghukum siswa yang dianggap mengganggu ketertiban kelas
50. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi yang didasarkan pada
teori “expectancy-value” yang dilihat
dari sisi usaha siswa adalah ....
1) rasa percaya diri
2) harapan untuk berhasil
3) manfaat yang diperoleh
sangat membantu dan menjadikan pengetahuan tambahan tentang belajar, agar dapat mengevaluasi lebih lanjut, apakah ada kunci jawaban dari soal-soal diatas pak?
BalasHapus