Minggu, 29 Juni 2014

Latihan soal Belajar Dan Pembelajaran 2



TUGAS MANDIRI
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2
(MKDK4402)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 38,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Menurut pandangan modern kurikulum diartikan sebagai ....      
A.   semua kegiatan yang dilakukan untuk menguasai suatu mata pelajaran
B.   segala kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas
C.   seluruh kegiatan yang dilakukan di luar sekolah
D.   semua aktivitas yang dijalankan siswa di sekolah

2.   Komponen tujuan dalam suatu kurikulum merupakan suatu gambaran tentang ....
A.   hasil penilaian akhir dari suatu pembelajaran
B.   kemampuan yang ditetapkan untuk dikuasai oleh siswa
C.   tingkat pencapaian target oleh siswa
D.   kriteria keberhasilan yang ditetapkan oleh guru
     
3.   Komponen isi dari kurikulum ditentukan melalui proses ....
A.   identifikasi pengalaman belajar
B.   pengkajian struktur materi pelajaran
C.   penelaahan kurikulum yang terorganisasi
D.   pemilihan tujuan pembelajaran yang ditargetkan

4.   Komponen metode dari kurikulum berkenaan dengan ....
A.   pengalaman belajar di kelas
B.   teknik pengelolaan pembelajaran
C.   proses pencapaian tujuan
D.   penyampaian isi kurikulum

5.   Manakah dari pernyataan berikut yang benar tentang komponen evaluasi pada kurikulum?
A.   Evaluasi dilakukan di akhir pembelajaran saja
B.   Sasaran evaluasi adalah hasil dan proses kurikulum
C.   Dalam proses evaluasi terdapat kriteria keberhasilan yang ditetapkan
D.   Evaluasi dilaksanakan berdasarkan materi kurikulum

6.   Penerapan prinsip berkesinambungan dalam merumuskan organisasi kurikulum menurut Tyler dapat terlihat pada contoh berikut ini ....
A.   konsep tambah dan kurang merupakan dasar dari konsep perkalian sehingga harus terus menerus diulas
B.   cara pengurutan materi pelajaran di kelas I SD untuk keterampilan menulis akan lebih sederhana daripada di kelas II
C.   dengan menggunakan pembelajaran terpadu, keterampilan dapat menghitung dapat diterapkan pada berbagai mata pelajaran
D.   materi pelajaran untuk penguasaan keterampilan membaca di SLTP tidak akan sedalam materi pelajaran untuk di SLTA

7.   Evaluasi hasil kurikulum adalah penilaian terhadap ....
A.   tingkah laku siswa yang tampak sepanjang pembelajaran
B.   metode dan materi kurikulum yang digunakan
C.   keterlaksanaan proses kurikulum dalam pembelajaran
D.   ketercapaian target kurikulum yang diharapkan

8.   Evaluasi proses kurikulum berkenaan dengan ....
A.   pengukuran ketercapaian tujuan yang ditetapkan
B.   proses penilaian rencana pembelajaran
C.   penilaian jalannya proses pembelajaran
D.   penilaian keberhasilan siswa dalam belajar

9.   Hubungan kurikulum dengan buku teks dapat diibaratkan seperti berikut ....
A.   jika kurikulum sebuah ruangan, maka buku teks merupakan perabotannya
B.   jika kurikulum adalah buku kumpulan model busana, maka buku teks adalah peralatan yang ada untuk menjadikan sebuah gaun
C.   apabila kurikulum merupakan sebuah mobil, maka buku teks merupakan bagian dari mesinnya
D.   apabila kurikulum disamakan dengan seorang anak, maka buku teks bisa disamakan dengan orang tuanya


10.   Rumusan tujuan dalam pengembangan kurikulum ditentukan berdasarkan ....
A.   penentuan seluruh komponen proses pembelajaran
B.   balikan dari siswa tentang kebutuhan belajar
C.   analisis berbagai kebutuhan dan harapan masyarakat dan siswa
D.   pertimbangan berbagai kebijakan pendidikan yang bersifat makro

11.   Penentuan isi dalam pengembangan kurikulum mencakup pemilihan ....
A.   metode pembelajaran yang sedang berkembang
B.   segala inovasi atau pembaharuan pada kurikulum
C.   model pembelajaran yang disesuaikan dengan ciri-ciri kurikulum
D.   materi yang dapat dikemas dalam topik kehidupan sehari-hari

12.   Perumusan kegiatan pembelajaran dalam pengembangan kurikulum mencakup kegiatan ....
A.   pengambilan keputusan dalam memilih bentuk pembelajaran
B.   penentuan metode dan prosedur pembelajaran
C.   analisa tuntutan siswa tentang pembelajaran yang diinginkan
D.   pemilihan materi yang sesuai dengan strategi pembelajaran

13.   Pelaksanaan evaluasi dalam pengembangan kurikulum mempunyai maksud untuk ....
A.   memperoleh balikan dalam rangka perbaikan pembelajaran
B.   menyusun target-target berikutnya yang akan dicapai
C.   mengukur proses pembelajaran yang telah berlangsung
D.   melihat kemampuan siswa dan guru dalam proses pembelajaran

14.   Prinsip fleksibilitas dalam pengembangan kurikulum mengandung pengertian bahwa kurikulum harus ....
A.   memperhatikan perkembangan pribadi siswa
B.   disusun secara berkesinambungan untuk setiap tingkatan kelas
C.   dapat mengandung program-program yang dapat dipilih siswa
D.   dikembangkan berdasarkan tujuan yang tersusun jelas

15.   Salah satu kegiatan yang dilakukan saat mengembangkan kurikulum di tingkat institusional adalah kegiatan ....
A.   mengidentifikasi beberapa topik yang akan dijadikan bahan pelajaran
B.   menyusun rencana pembelajaran untuk setiap topik pelajaran
C.   memilih bidang studi yang sesuai untuk setiap tingkatan kelas
D.   menetapkan program intra, ko, dan ekstra kurikuler untuk setiap mata pelajaran

16.   Salah satu langkah dalam pengembangan kurikulum tingkat mata pelajaran adalah ....
A.   mengidentifikasi tujuan instruksional khusus untuk tiap mata pelajaran
B.   menjabarkan penyebaran waktu yang sesuai untuk tiap pokok bahasan
C.   menentukan metode dan sumber belajar yang cocok untuk tiap jenis pokok bahasan
D.   memilih bidang studi yang sesuai untuk masing-masing tingkatan kelas

17.   Pengembangan  kurikulum yang harus dilakukan oleh setiap guru untuk setiap kali mengelola pembelajaran di kelas adalah ....
A.   menyusun rencana pembelajaran
B.   membuat silabus untuk tiap mata pelajaran
C.   mengembangkan GBPP untuk tiap bidang studi
D.   membuat matriks kegiatan pembelajaran harian

18.   Kecerdasan ganda dapat mengandung pengertian sebagai berikut ....
A.   kemampuan lebih di berbagai bidang matematika yang dimiliki seseorang
B.   potensi untuk menciptakan produk sesuai dengan konteksnya
C.   skor IQ yang mencapai 130 ke atas
D.   kemampuan yang seimbang antara otak kiri dan kanan

19.   Yang dimaksud dengan intelegensi intrapersonal adalah ....
A.   bakat seseorang untuk menginterpretasikan suara alam
B.   kemampuan mengkoordinasikan gerakan anggota tubuh
C.   potensi yang lebih untuk berkomunikasi dengan orang lain
D.   kemampuan yang besar untuk mengevaluasi diri sendiri

20.   Salah satu cara yang dapat mengaktifkan seluruh indra siswa adalah guru ....
A.   meminta siswa menulis pengalamannya yang paling mengesankan dalam buku catatan kecil di setiap akhir minggu dan memeriksanya secara teratur serta memberikan balikan
B.   meluangkan waktu pada awal pelajaran untuk mengajak siswa memikirkan sejenak apa yang telah dilakukan siswa di rumah dan mengajukan beberapa pertanyaan
C.   meminta siswa saling mengajukan pertanyaan-pertanyaan singkat seputar kehidupan siswa sehari-hari pada setiap kesempatan
D.   meminta siswa selalu menempelkan hasil karya terbaiknya setiap hari di papan yang telah disediakan dan memberi alasan pemilihan hasil karya terbaiknya untuk ditempel

21.   Penerapan dari langkah pertama yang dilakukan guru untuk melatih kecerdasan yang berimbang adalah ....
A.   memadukan keterampilan mengadakan variasi dengan menggunakan berbagai media pembelajaran dan pendekatan bercerita
B.   memilih tema yang menarik siswa sebagai inti pembelajaran dalam mengorganisasikan beberapa pelajaran yang dibahas sekaligus
C.   menerapkan beberapa alat evaluasi yang dikemas dalam bentuk permainan seperti teka-teki silang, melengkapi gambar, dan mencocokkan kalimat
D.   menyiapkan beberapa daftar cek untuk memantau kegiatan siswa pada saat mengarang dan berdiskusi

22.   Model yang dapat ditiru guru untuk melatih silang kecerdasan yang berbeda adalah ....
A.   membuat kuesioner yang berisi tentang kesan siswa tentang setiap mata pelajaran dan meminta siswa mengisinya pada akhir jam pelajaran
B.   mengemas dua mata pelajaran yang sejenis sekaligus dalam satu waktu pelajaran tertentu dengan titik berat pada satu pelajaran saja
C.   mempersiapkan beberapa aktivitas yang berbeda dan meminta siswa secara berkelompok melakukan beberapa aktivitas tersebut secara bergantian dalam satu kurun waktu yang telah ditetapkan
D.   membuat berbagai paket permainan untuk beberapa mata pelajaran sekaligus, kemudian seluruh siswa secara bersamaan diminta mencoba paket-paket tersebut secara sistematis dan berurutan

23.   Menurut teori kognitif, kata motivasi memiliki pengertian sebagai ....
A.   dorongan individu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya
B.   minat seseorang yang sangat kuat sehingga dapat menjadi kebutuhan
C.   dorongan yang dikembangkan sendiri oleh seseorang untuk melakukan sesuatu
D.   pola pikir individu yang melibatkan kebutuhan nilai-nilai, persepsi, tujuan dan pengalaman

24.   Motivasi intrinsik dapat dicontohkan seperti berikut ....
A.   Ani yang semula malas mengikuti les menari balet menjadi bersemangat karena melihat gurunya yang baik dan cantik
B.   Diya bisa menjadi anak yang berani akibat latihan yang diberikan guru olahraganya yang meminta menjadi ketua tim bola kasti
C.   Tiyo sangat terampil dalam mengoperasikan komputer karena kegemarannya berlatih komputer di rumah
D.   Suryo selalu mendapat nilai bagus untuk pelajaran IPA karena memang ada keturunan dari ayahnya yang ilmuwan

25.   Berikut ini adalah ilustrasi dari motivasi ekstrinsik ....
A.   Karena ibunya seorang penyanyi tenar, maka Biyan berbakat di bidang musik
B.   Gilang bertekad akan berprestasi di bidang fisika, agar seperti Yuri Gargarin yang dapat pergi ke bulan
C.   Tanto tidak lagi sering menangis di tengah malam, setelah neneknya menemani tidur di sampingnya
D.   Badu bisa berenang karena Bapaknya rajin mengajarinya

26.   Guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan cara ....
A.   menasehati siswa setiap memulai pelajaran
B.   memberikan kegiatan yang bervariasi untuk setiap pembelajaran
C.   mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat motivasi belajarnya
D.   membuat rencana pembelajaran yang sangat rinci


27.   Motivasi yang bersifat afektif dapat digambarkan seperti berikut ini ....
A.   nilai-nilai yang ditularkan melalui ceramah agama mampu membuat seseorang mengubah cara berkomunikasinya menjadi lebih santun
B.   cerita-cerita tentang orang sukses di bidang ekonomi, dapat membuat siswa memacu dirinya untuk dapat mengerjakan ulangan di akhir jam pelajaran
C.   logika seseorang yang semula sempit dapat menjadi luas setelah mendengarkan penjelasan tentang kejadian alam semesta
D.   cara berjalan siswa yang semula lamban bisa menjadi lebih cepat karena guru selalu mengajak siswa melakukan senam ringan sebelum pelajaran dimulai

28.   Guru yang terus menerus menekankan dengan keras bahwa orang yang berhasil merupakan orang yang selalu bekerja keras dan mewajibkan siswanya selalu bekerja keras dapat mengakibatkan siswa ....
A.   memiliki semangat berkompetisi yang kuat
B.   menjadi tegang dan tidak bisa konsentrasi
C.   menunjukkan sikap yang acuh tak acuh
D.   memiliki rasa takut kepada gurunya

29.   Untuk meningkatkan motivasi siswa, guru harus ....
A.   memberikan ulangan yang terstruktur baik dan bertahap
B.   membuat ringkasan bahan pelajaran yang dapat dipelajari dengan mudah
C.   mengelola pembelajaran sehingga dapat mengembangkan potensi siswa
D.   mengatasi kesulitan belajar para siswa baik di sekolah dan di rumah

30.   Faktor yang mempengaruhi motivasi menurut teori kebutuhan untuk berprestasi adalah ....
A.   balikan yang diberikan guru terhadap hasil ulangan
B.   kesadaran siswa akan standar kualitas yang harus dicapainya
C.   manfaat dari kegiatan yang telah dilaksanakan
D.   rasa percaya diri dalam melakukan sesuatu

31.   Agar para siswa lebih bersemangat dalam menerima pelajaran matematika, Pak Yudi berusaha selalu menutup pelajaran dengan kegiatan yang bervariasi. Salah satu variasi yang dapat dilakukan pada saat memberikan tes formatif adalah dengan ....
A.   memberikan soal yang jumlahnya bervariasi setiap kali tes formatif
B.   mengijinkan siswa membuka buku paket saat mengerjakan soal
C.   membentuk kelompok dan mengerjakan soal dalam kelompok
D.   menerapkan format penyampaian tes yang bervariasi seperti lomba cerdas cermat berkelompok atau kuis

32.   Bu Rani merupakan guru yang sering merangkap kelas karena keterbatasan guru di suatu sekolah. Agar seluruh siswa dari beberapa tingkatan kelas yang berbeda tersebut dapat memacu semangat belajarnya sendiri sesuai dengan kemampuan dan perkembangan siswa masing-masing, Bu Rani dapat melakukan kegiatan sebagai berikut ....
A.   menuliskan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa di papan tulis di kelas yang  diajarinya pada saat memulai pembelajaran
B.   Membagi lembaran kerja yang berisikan bentuk tugas yang berbeda-beda dengan cara pengerjaan yang berbeda pula untuk setiap tingkatan kelas
C.   menerangkan materi dengan melibatkan beberapa siswa untuk bercerita tentang pengalamannya yang berkenaan dengan materi yang sedang dibahas
D.   menggabungkan kelas-kelas yang diajarnya dan belajar di alam terbuka dengan model tutor sebaya

33.   Strategi yang dapat diterapkan guru untuk membantu siswa yang tergolong “slow learner” agar tidak merasa rendah diri diantara kawan-kawan sekelasnya dan mempunyai motivasi belajar yang baik, diantaranya adalah ....
A.   meminta siswa yang tergolong “slow learner” secara bergantian untuk menerangkan materi dengan cara mencari gambar yang sesuai dengan topik yang dibicarakan
B.   mengutarakan target yang harus dicapai pada setiap akhir pelajaran kepada seluruh siswa sehingga siswa yang tergolong “slow learner” dapat bekerja lebih keras
C.   mengelompokkan siswa-siswa yang tergolong “slow learner” dalam satu kelompok belajar dan diberikan tugas yang sesuai dengan kemampuannya
D.   menggunakan media belajar yang bervariasi dan yang dapat merangsang siswa-siswa “slow learner” menjadi lebih aktif

34.   Agar suasana kelas aktif dan menyenangkan serta para siswa mendapatkan kepuasan, Bu Ita dapat menjaga dan membangun motivasi belajar siswa dengan ....
A.   memberikan layanan bantuan belajar yang mengakomodasi perbedaan kemampuan individu para siswa dengan variasi tugas dan cara penyampaian materi
B.   mengajak siswa untuk melakukan perenungan setelah pelajaran berakhir dan melakukan diskusi terbuka saat akan menerangkan suatu materi
C.   membuat kesepakatan-kesepakatan tentang disiplin kelas dan memberikan balikan terhadap prestasi dan pelang-garan kesepakatan tersebut
D.   mengajak siswa keluar kelas untuk melihat contoh nyata dari materi yang telah diterangkan

35.   Motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan membantu siswa untuk dapat mengatur dan menata sendiri belajarnya melalui berbagai cara yang dilakukan guru. Yang terpenting segala upaya yang dilakukan guru tersebut harus dapat memberikan kesadaran pada siswa bahwa ....
A.   target belajar yang dilakukan siswa adalah kematangan masing-masing siswa itu sendiri
B.   siswa mampu untuk memilih bentuk belajar yang sesuai dengan kondisi masing-masing siswa
C.   kemandirian siswa dapat mendorong terciptanya suasana belajar yang menyenangkan
D.   usaha yang dilakukan siswa berkaitan erat dengan pencapaian tujuan pribadi siswa

36.   Berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar, para siswa perlu didorong untuk mengembangkan hubungan antar personal diantara para siswa lainnya. Kerjasama antar-siswa dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar, karena kerjasama antar siswa dapat membuat siswa ....
A.   dipaksa untuk melakukan komunikasi yang aktif diantara siswa lainnya
B.   mengukur kemampuan sendiri berdasarkan balikan dari siswa lainnya
C.   mendorong diri sendiri untuk mengembangkan kreativitasnya
D.   memperoleh wawasan dan pemahaman yang luas tentang arti pertemanan

37.   Motivasi belajar anak ditentukan oleh sejauh mana keterlibatan orang tua dalam proses belajar anaknya selain guru di kelas. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengajak orang tua meningkatkan motivasi belajar adalah ....
A.   memberikan informasi tentang pentingnya peran orang tua dalam mensukseskan anak dalam belajar
B.   mengadakan kesepakatan dengan orangtua siswa bahwa belajar di rumah merupakan tanggung jawab orangtua, sedangkan untuk belajar di kelas merupakan tanggung jawab guru sepenuhnya
C.   meminta keterlibatan yang aktif dari orang tua untuk memberikan fasilitas yang optimal untuk meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak
D.   mengkomunikasikan secara berkala berbagai kendala yang dihadapi guru untuk meningkatkan motivasi belajar para siswa

38.   Sejak dari SD, anak sudah bisa diajari untuk memotivasi dirinya sendiri dengan mengatur cara belajarnya. Salah satu kegiatan yang dapat dikembangkan guru untuk memotivasi siswa melakukan regulasi belajar adalah dengan ....
        A.   meminta setiap siswa menuliskan kesan-kesan dan komentarnya setelah pembelajaran di kelas dengan kata-kata sendiri
B.   mengkomunikasikan kemajuan belajar yang telah dicapai siswa kepada orang tua setiap minggu melalui portofolio
C.   membuat kelompok belajar diantara para siswa yang anggotanya merupakan siswa-siswa yang mempunyai kemampuan kognitif bervariasi
D.   membiasakan kepada seluruh siswa untuk langsung berkomentar ketika mereka tidak mengerti atau tidak setuju dengan pendapat guru

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 39 SAMPAI  50,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
39.   Bagi guru, kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam ....
1)   mengidentifikasi bahan yang sesuai dengan target yang ditetapkan
2)   melaksanakan proses pembelajaran
3)   mengembangkan kurikulum yang lebih baik dari yang sudah ada

40.   Penerapan asas filosofis dalam pengem-bangan kurikulum menuntut guru untuk ....
1)   memperhatikan keseimbangan antara kebutuhan siswa dengan permintaan masyarakat terhadap norma-norma yang tumbuh
2)   menyatakan dengan jelas makna kemampuan yang ditargetkan dikuasai siswa
3)   menjabarkan hakikat, definisi dan ruang lingkup dari kemampuan yang harus dikuasai siswa

41.   Asas psikologis dalam pengembangan kurikulum berkaitan dengan tingkah laku manusia yang meliputi teori tentang ....
1)   perkembangan peserta didik
2)   proses belajar peserta didik
3)   nilai-nilai yang dianut peserta didik

42.   Dalam pengembangan kurikulum yang memperhatikan asas sosiologis, faktor yang harus dipertimbangkan adalah ....
1)   masyarakat
2)   perilaku peserta didik
3)   landasan sosial budaya

43.   Berdasarkan asas organisatoran, kurikulum dapat dikembangkan dalam bentuk ....
1)   separated-subject curriculum
2)   correlated curriculum
3)   integrated curriculum

44.   Contoh materi kurikulum jenis separated-subject curriculum adalah ....
1)   IPA, IPS dan Bahasa
2)   Menulis, Membaca dan Mengarang
3)   Berhitung, Aljabar dan Seni Rupa

45.   Dengan menerapkan correlated curriculum berarti ....
1)   jumlah mata pelajaran diperkecil
2)   cakupan dari tiap pelajaran dipersempit
3)   ruang lingkup tiap mata pelajaran diperluas

46.   Inti dari integrated curriculum adalah ....
1)   semua mata pelajaran dipusatkan pada suatu topik tertentu
2)   pembelajaran dikemas dalam bentuk tematik
3)   penggabungan beberapa mata pelajaran sekaligus

47.   Ciri-ciri seseorang yang mempunyai intelegensi bahasa adalah ....
1)   dapat menceritakan kembali cerita yang pernah didengar
2)   pandai menguraikan makna dan maksud dari suatu paragraf
3)   berbakat dalam menyusun skenario

48.   Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi menurut teori kebutuhan adalah ....
1)   rasa lapar dan haus
2)   sikap guru dan jenis kegiatan
3)   tingkat kenyamanan dan keamanan seseorang

49.   Sikap guru yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa menurut teori atribusi adalah seperti berikut ....
1)   memilih siswa tertentu untuk mengerjakan soal papan tulis
2)   memberikan soal ulangan yang materinya belum diterangkan
3)   menghukum siswa yang dianggap mengganggu ketertiban kelas
50.   Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi yang didasarkan pada teori “expectancy-value” yang dilihat dari sisi usaha siswa adalah ....
1)   rasa percaya diri
2)   harapan untuk berhasil
3)   manfaat yang diperoleh

1 komentar:

  1. sangat membantu dan menjadikan pengetahuan tambahan tentang belajar, agar dapat mengevaluasi lebih lanjut, apakah ada kunci jawaban dari soal-soal diatas pak?

    BalasHapus