TUGAS MANDIRI
PROFESI KEGURUAN 2
(MKDK4405)
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1
SAMPAI DENGAN 39, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Selain sebagai fasilitator yang mengangkat
potensi individu secara optimal, pendidikan juga harus dapat memberdayakan
potensi
A. intern
B. lingkungan
C. akademik
D. terpendam
2. Salah satu faktor ekstern yang menyumbang berkembangnya
potensi individu secara optimal adalah ….
A. alam
B. adat-istiadat
C. pendidikan
D. kebiasaan
3. Aliran psikologi pendidikan yang mempunyai
pandangan bahwa proses belajar pada manusia melibatkan proses pengenalan yang
bersifat kognitif ialah ....
A. kognitivisme
B. humanisme
C. behaviorisme
D. realisme
4. Pemberian
penguatan oleh guru kepada siswa secara tepat memegang peranan penting dalam
proses pendidikan. Hal itu sesuai dengan pendapat penganut paham ....
A. kognitivisme
B. behaviorisme
C. humanisme
D. naturalisme
5. Anak secara kelompok menentukan tema atau
pokok bahasan; kemudian mereka menyusun langkah-langkah pembelajaran yang akan
ditempuh. Proses pembelajaran seperti ini sangat dipengaruhi oleh paham ....
A. kognitivisme
B. behaviorisme
C. humanisme
D. realisme
6. Tokoh yang mempunyai pandangan bahwa manusia
itu dibentuk, bukan dilahirkan adalah ....
A. Thorndike
B. B.F. Skinner
C. J.B. Watson
D. William Crain
7. Menurut aliran
humanisme, puncak perkem-bangan individu ada pada tahap ....
A. identifikasi diri
B. pemahaman diri
C. aktualisasi diri
D. pengenalan diri
8. Tomi rajin
membawakan tas gurunya setiap kali beliau masuk kelas. Oleh gurunya, Tomi
selalu diberi nilai yang baik untuk setiap mata pelajaran yang diampunya. Ilustrasi
seperti itu merupakan contoh pemberian penguatan yang keliru, yang tidak sesuai
dengan maksud utama pemberian penguatan itu sendiri. Penguatan
seperti itu dinamakan ....
A. rewards
B. tricky matter
C. subject matter
D. goal matter
9. Peran guru
sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran tampak dalam kegiatan sebagai
berikut ini, yaitu ....
A. mengurusi pengadministrasian siswa
B. membantu menciptakan iklim kelas yang
kondusif dan bersikap positif terhadap pembelajaran
C. mendata latar belakang dan masalah-masalah
yang dihadapi siswa
D. melaporkan hasil pembelajaran
10. Semua barang yang ada di depan anak adalah
miliknya. Anak selalu berpendapat, “Aku yang paling menang, yang paling benar.”
Perilaku kognitif yang tampak pada anak tersebut biasanya berlangsung pada
tahap ....
A. sensori motorik
B. praoperasional
C. operasional konkret
D. operasional formal
11. Peran, tugas, dan tanggung jawab guru sebagai
pengajar disebut
A. konservator, transmitor, transformator
B. konservator, transformator, evaluator
C. planner, organisator, evaluator
D. organisator, konservator, planner
12. Perilaku guru yang sopan, selalu berbahasa yang baik dan benar
sehingga dapat dijadikan contoh bagi para siswanya, merupakan gambaran sosok
guru sebagai
A. instruktur
B. pendidik
C. penuntun
D. guru kelas
13. Peran dan fungsi guru sebagai pengarah bagi
anak didiknya sejalan dengan asas pengendalian pendidikan yang dikemukakan oleh
Ki Hajar Dewantara ....
A. ing ngarso sung tulodo
B. ing madya mangun karso
C. ing arso mangun tulodo
D. tut wuri handayani
14. Pada dasarnya, tujuan pendidikan di berbagai jenjang dan jalur
adalah tercapainya kematangan fungsi dan struktur fisik ataupun psikis anak
didik sehingga menjadi dewasa. Dalam konteks ini tugas guru SMU sebagai
pendidik mengarahkan perkembangan anak didiknya mencapai tingkat kematangan
intelektualnya yang benar sehingga mereka mampu berpikir ....
A. imitatif
B. intuitif
C. operasional konkret
D. operasional formal
15. Menurut Freud, anak dikatakan dewasa apabila
ia sudah ....
A. memperoleh struktur-struktur psikologis
sehingga ia dapat berpikir logis dan abstrak
B. mengenal hal-hal yang aktual dan hipotetis
C. mencapai kepribadian yang matang
D. mencapai kekuatan fisik yang optimal
16. Kursus menjahit termasuk lembaga pendidikan
....
A. informal
B. formal
C. nonformal
D. swasta
17. Proses pendidikan informal berlangsung di ....
A. madrasah
B. dalam keluarga
C. sekolah
D. dalam masyarakat
18. Pendidikan pada hakikatnya merupakan upaya
....
A. mendewasakan siswa
B. memanusiakan manusia secara manu-siawi
C. membantu ketidakberdayaan manusia menghadapi lingkungan
D. menyediakan environmental
inputs
19. Pendidikan formal di dalam keluarga menjadi suatu garis yang akan
membimbing kehidupan anak (leitlini). Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. Roopnanire
B. Johnson
C. Adler
D. Mowgly
20. Rasul Tuhan adalah sosok manusia uswatun hasanah. Ketika seorang
guru ingin menerus-kan sistem nilai dan ajaran budi pekerti luhur dari rasul
Tuhan kepada anak didik, maka peran, fungsi, dan tanggung jawab guru dalam
konteks ini sebagai ....
A. inovator
B. transmitor
C. transformator
D. konservator
21. Organisasi digambarkan sebagai sebuah rantai
komando (chain of command) yang menggunakan disiplin dan aturan-aturan serta
supervisi yang kaku. Gambaran tentang organisasi seperti
itu terdapat pada abad ....
A. I - VII
B. VIII - XVI
C. XVII - XVIII
D. XIX - XX
22. Teori organisasi selalu berubah sesuai dengan
situasi yang melatarinya karena teori organisasi merupakan ....
A. perpaduan antara sistem formal dan sistem nonformal
B. refleksi dari situasi di mana para ahli teori tersebut hidup dan
mengembangkan teorinya
C. interaksi tugas-tugas dan aturan-aturan
D. diversifikasi hasil dari para ahli
23. Sekumpulan pengetahuan yang tersusun, dihimpun, dan diterima
berkenaan dengan pemahaman umum tentang administrasi adalah pengertian
administrasi sebagai ....
A. ilmu
B. seni
C. strategi
D. metode
24. Administrasi pendidikan bukan sekedar clerical work tetapi
merupakan keseluruhan kegiatan yang dilakukan di semua pihak yang bersangkut
paut dengan pencapaian tujuan pendidikan. Pengertian ini dikemukakan oleh ....
A. Oteng Sutisna
B. Arifin Abdurahman
C. Ngalim Purwanto
D. Robert E. Wilson
25. Dalam kegiatan administrasi, manajemen sangat menentukan tercapainya
tujuan kegiat-an tersebut sebab manajemen mempunyai fungsi yang lebih khusus,
yaitu ....
A. merencanakan dan mengorganisasikan seluruh kegiatan
B. mengelola orang-orang sebagai pelaksana proses administrasi
C. mengarahkan dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia
D. membantu melayani pimpinan
26. Dalam proses administrasi pendidikan, kegiatan memikirkan dan
memilih rangkaian tindakan-tindakan yang tertuju pada tercapainya tujuan
pendidikan disebut ....
A. pengorganisasian
B. pengkoordinasian
C. perencanaan
D. pengkomunikasian
27. Seorang kepala sekolah merencanakan berapa
besar biaya yang diperlukan untuk melaksanakan ulangan umum, dari mana sumber
dana akan diperoleh, dan bagaimana penggunaannya. Dalam kaitannya dengan proses
administrasi pendidikan, kegiatan kepala sekolah tersebut merupakan penjabaran
fungsi ....
A. perencanaan
B. pengkoordinasian
C. penilaian
D. pembiayaan
28. Dalam proses administrasi, aktivitas
mengarahkan secara sinergis orang-orang, material, pikiran, teknik, dan tujuan
dalam hubungan yang harmonis dan produktif merupakan penjabaran fungsi ....
A. pengorganisasian
B. perencanaan
C. pengkoordinasian
D. pengawasan
29. Kegiatan administrasi yang menyangkut ketatausahaan sekolah,
keuangan sekolah, gedung dan sarana/prasarana serta alat-alat perlengkapan
sekolah adalah termasuk bidang administrasi ....
A. material
B. kurikulum
C. personel
D. keuangan
30. Seorang dokter memberikan pengobatan secara
cuma-cuma di daerah pelosok. Tindakan dokter ini mengemban tanggung jawab
profesi kedokterannya yang bersifat ....
A. filosofis
B. pengabdian
C. pragmatis
D. edukatif
31. Seorang guru SD mengikuti program S1 PGSD
atas biaya PGRI. Upaya PGRI membiayai guru tersebut merupakan realisasi dari
tujuan organisasi itu untuk meningkatkan ....
A. karier guru
B. kompetensi
C. kewenangan profesional guru
D. kesejahteraan guru
32. Seorang guru mampu berpikir logis, kritis,
rasional, dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah. Kinerja yang ditampilkan
guru tersebut merupakan aktualisasi perangkat kompetensi yang disebut ....
A. professional component
B. subject component
C. process component
D. performance component
33. Berdasarkan struktur dan kedudukannya, ISPI
dan IPBI merupakan organisasi kependidikan yang bersifat ....
A. lokal
B. nasional
C. internasional
D. regional
34. Apabila seorang profesional melanggar kode
etik profesinya akan mendapatkan sanksi tertentu, karena hakikat profesi
merupakan wujud ....
A. pekerjaan biasa
B. pernyataan terbuka
C. ikatan kerja
D. pernyataan tertutup
35. Disusunnya kode etik guru merupakan upaya
organisasi profesi kependidikan agar anggota-nya terhindar dari perlakuan tidak
manusiawi. Hal
ini sesuai dengan tujuan organisasi profesi dalam meningkatkan ....
A. karier anggota
B. kemampuan anggota
C. martabat anggota
D. kesejahteraan anggota
36. Landasan hukum untuk merealisasikan fungsi
peningkatan kemampuan profesional tertuang dalam ....
A. PP Nomor 28 tahun 1992 pasal 16
B. PP Nomor 38 tahun 1992 pasal 16
C. PP Nomor 38 tahun 1992 pasal 61
D. PP Nomor 28 tahun 1992 pasal 61
37. Suatu jabatan atau pelayanan yang menuntut keahlian, tanggung
jawab, dan kesetiaan terhadapnya dinamakan ....
A. profesional
B. profesi
C. profesionalisasi
D. profesionalitas
38. Dilihat dari segi derajat keeratan dan
keterkaitan antaranggotanya, IPBI merupakan organisasi profesi kependidikan
yang berbentuk ....
A. uni
B. federasi
C. aliansi
D. asosiasi
39. Bentuk organisasi profesi kependidikan yang para anggotanya
berasal dari pucuk-pucuk pimpinan berbagai organisasi adalah ....
A. persatuan
B. perserikatan
C. asosiasi
D. aliansi
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 40
SAMPAI 60 , PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
40. Bidang garapan administrasi pendidikan,
antara lain ....
1) administrasi personel
2) administrasi sekolah
3) administrasi material
41. Kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam
administrasi personel peserta didik antara lain ....
1) menerima siswa baru
2) melaksanakan administrasi personel siswa
3) membuat catatan anekdotal setiap kelas
42. Dalam kaitannya dengan administrasi,
perencanaan kurikulum di tingkat pusat mencakup beberapa program antara lain
....
1) pembuatan jadwal pelajaran
2) pembuatan GBPP
3) penyelenggaraan EBTANAS
43. Rekruitmen, seleksi dan penempatan guru dan
pegawai sekolah adalah bidang garapan administrasi ....
1) pendidikan
2) sarana prasarana pendidikan
3) personel kepegawaian
44. Ruang lingkup administrasi keuangan adalah
....
1) budgetting
2) accounting
3) auditing
45. Proses penataan yang bersangkut paut dengan
pengadaan, pendayagunaan, dan pengelolaan sarana/prasarana pendidikan untuk
mencapai tujuan disebut administrasi ....
1) sarana prasarana pendidikan
2) material
3) tata laksana pendidikan
46. Fungsi pengelolaan kelas mencakup kegiatan
....
1) perencanaan pembelajaran
2) pelaksanaan pembelajaran
3) penilaian pembelajaran
47. Rencana pembelajaran yang dirancang oleh guru
sebelum pembelajaran dilaksanakan mencakup ....
1) perumusan tujuan pembelajaran khusus
2) menyusun bahan pembelajaran
3) menyiapkan metode, media, dan instrumen
evaluasi
48. Penilaian hasil pembelajaran diwujudkan dalam
bentuk ....
1) tes lisan
2) kuesioner
3) tes tertulis
49. Contoh kegiatan prosedural ....
1) menyusun rencana pembelajaran (RP)
2) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
3) mengoreksi hasil ulangan
50. Unsur-unsur sistem pembelajaran adalah ....
1) guru dan siswa
2) fasilitas belajar
3) peralatan dan perlengkapan pembelajar-an
51. Wujud dari suatu pernyataan seorang
profesional yang tertuang dalam kode etik suatu profesi mengandung nilai ....
1) filosofis - kontekstual
2) etis - pragmatis
3) estetis - ritual
52. Suatu profesi menunjuk pada suatu pekerjaan
yang mempunyai fungsi layanan sosial. Ciri profesi ini dikemukakan
oleh ....
1) Sutan Zanti
2) Erik Hoyle
3) Dedi Supriadi
53. Organisasi profesi kependidikan memiliki fungsi tersendiri yang
bermanfaat bagi anggo-tanya yaitu fungsi ....
1) pemersatu
2) komunikasi
3) peningkatan kemampuan profesional
54. Pemerintah menerima usulan hasil kongres nasional PGRI agar
profesi guru dimasukkan kelompok jabatan fungsional. Usulan tersebut merupakan salah satu upaya PGRI dalam meng-gapai tujuan,
terutama untuk meningkatkan atau mengembangkan ....
1) karier guru
2) kemampuan guru
3) kesejahteraan guru
55. Dalam menyampaikan mata pelajaran IPA,
seorang guru betul-betul harus menguasai bahan ajar dan menguasai keterampilan
dalam melakukan praktikum. Secara lain dapat dikatakan, guru tersebut harus
menguasai ....
1) performance component
2) subject component
3) professional component
56. Menurut Abin Syamsuddin, bentuk organisasi
profesi kependidikan yang ada, berbentuk ....
1) persatuan
2) federasi
3) aliansi
57. PGRI yang didirikan pada tanggal 25 November
1945, di samping memiliki misi profesi juga mempunyai misi yang lain, yaitu
misi ....
1) politis - ideologis
2) peraturan organisatoris
3) kesejahteraan
58. IPBI didirikan dengan tujuan-tujuan tertentu,
di antaranya ....
1) menerbitkan buletin dan brosur Ikatan Petugas
Bimbingan Indonesia
2) menghimpun para petugas di bidang bimbingan
3) meningkatkan mutu profesi bimbingan
59. Sifat organisasi profesi kependidikan dapat
dilihat berdasarkan perbedaan ....
1) gender para anggotanya
2) gaji para anggotanya
3) etnis para anggotanya
60. Profesi muncul berawal dari adanya
kepercayaan masyarakat. Hal ini didasarkan oleh keyakinan bahwa ....
1) profesional adalah orang yang memiliki
keahlian khusus (expertise)
2) penyandang profesi akan bertanggung jawab
atas perilaku profesionalnya
3) anggota profesi memiliki motivasi untuk
memberikan layanan kepada orang-orang yang membutuhkannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar