Minggu, 29 Juni 2014

Latihan Soal Profesi Keguruan 2



TUGAS MANDIRI
PROFESI KEGURUAN 2
(MKDK4405)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 39,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1.   Selain sebagai fasilitator yang mengangkat potensi individu secara optimal, pendidikan juga harus dapat memberdayakan potensi
A.   intern
B.   lingkungan
C.   akademik
D.   terpendam

2.   Salah satu faktor ekstern yang menyumbang berkembangnya potensi individu secara optimal adalah ….  
A.   alam
B.   adat-istiadat
C.   pendidikan
D.   kebiasaan

3.   Aliran psikologi pendidikan yang mempunyai pandangan bahwa proses belajar pada manusia melibatkan proses pengenalan yang bersifat kognitif ialah ....
A.   kognitivisme
B.   humanisme
C.   behaviorisme
D.   realisme

4.   Pemberian penguatan oleh guru kepada siswa secara tepat memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Hal itu sesuai dengan pendapat penganut paham ....
A.   kognitivisme
B.   behaviorisme
C.   humanisme
D.   naturalisme

5.   Anak secara kelompok menentukan tema atau pokok bahasan; kemudian mereka menyusun langkah-langkah pembelajaran yang akan ditempuh. Proses pembelajaran seperti ini sangat dipengaruhi oleh paham ....
A.   kognitivisme
B.   behaviorisme
C.   humanisme
D.   realisme

6.   Tokoh yang mempunyai pandangan bahwa manusia itu dibentuk, bukan dilahirkan adalah ....
A.   Thorndike
B.   B.F. Skinner
C.   J.B. Watson
D.   William Crain

7.   Menurut aliran humanisme, puncak perkem-bangan individu ada pada tahap ....
A.   identifikasi diri
B.   pemahaman diri
C.   aktualisasi diri
D.   pengenalan diri

8.   Tomi rajin membawakan tas gurunya setiap kali beliau masuk kelas. Oleh gurunya, Tomi selalu diberi nilai yang baik untuk setiap mata pelajaran yang diampunya. Ilustrasi seperti itu merupakan contoh pemberian penguatan yang keliru, yang tidak sesuai dengan maksud utama pemberian penguatan itu sendiri. Penguatan seperti itu dinamakan ....
A.   rewards
B.   tricky matter
C.   subject matter
D.   goal matter

9.   Peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran tampak dalam kegiatan sebagai berikut ini, yaitu ....
A.   mengurusi pengadministrasian siswa
B.   membantu menciptakan iklim kelas yang kondusif dan bersikap positif terhadap pembelajaran
C.   mendata latar belakang dan masalah-masalah yang dihadapi siswa
D.   melaporkan hasil pembelajaran

10.   Semua barang yang ada di depan anak adalah miliknya. Anak selalu berpendapat, “Aku yang paling menang, yang paling benar.” Perilaku kognitif yang tampak pada anak tersebut biasanya berlangsung pada tahap ....
A.   sensori motorik
B.   praoperasional
C.   operasional konkret
D.   operasional formal

11.   Peran, tugas, dan tanggung jawab guru sebagai pengajar disebut
A.   konservator, transmitor, transformator
B.   konservator, transformator, evaluator
C.   planner, organisator, evaluator
D.   organisator, konservator, planner

12.   Perilaku guru yang sopan, selalu berbahasa yang baik dan benar sehingga dapat dijadikan contoh bagi para siswanya, merupakan gambaran sosok guru sebagai
A.   instruktur
B.   pendidik
C.   penuntun
D.   guru kelas

13.   Peran dan fungsi guru sebagai pengarah bagi anak didiknya sejalan dengan asas pengendalian pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara ....
A.   ing ngarso sung tulodo
B.   ing madya mangun karso
C.   ing arso mangun tulodo
D.   tut wuri handayani

14.   Pada dasarnya, tujuan pendidikan di berbagai jenjang dan jalur adalah tercapainya kematangan fungsi dan struktur fisik ataupun psikis anak didik sehingga menjadi dewasa. Dalam konteks ini tugas guru SMU sebagai pendidik mengarahkan perkembangan anak didiknya mencapai tingkat kematangan intelektualnya yang benar sehingga mereka mampu berpikir ....
A.   imitatif
B.   intuitif
C.   operasional konkret
D.   operasional formal

15.   Menurut Freud, anak dikatakan dewasa apabila ia sudah ....
A.   memperoleh struktur-struktur psikologis sehingga ia dapat berpikir logis dan abstrak
B.   mengenal hal-hal yang aktual dan hipotetis
C.   mencapai kepribadian yang matang
D.   mencapai kekuatan fisik yang optimal

16.   Kursus menjahit termasuk lembaga pendidikan ....       
A.   informal
B.   formal
C.   nonformal
D.   swasta

17.   Proses pendidikan informal berlangsung di ....
A.   madrasah
B.   dalam keluarga
C.   sekolah
D.   dalam masyarakat



18.   Pendidikan pada hakikatnya merupakan upaya ....
A.   mendewasakan siswa
B.   memanusiakan manusia secara manu-siawi
C.   membantu ketidakberdayaan manusia menghadapi lingkungan
D.   menyediakan environmental inputs

19.   Pendidikan formal di dalam keluarga menjadi suatu garis yang akan membimbing kehidupan anak (leitlini). Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.   Roopnanire
B.   Johnson
C.   Adler
D.   Mowgly

20.   Rasul Tuhan adalah sosok manusia uswatun hasanah. Ketika seorang guru ingin menerus-kan sistem nilai dan ajaran budi pekerti luhur dari rasul Tuhan kepada anak didik, maka peran, fungsi, dan tanggung jawab guru dalam konteks ini sebagai ....
A.   inovator
B.   transmitor
C.   transformator
D.   konservator

21.   Organisasi digambarkan sebagai sebuah rantai komando (chain of command) yang menggunakan disiplin dan aturan-aturan serta supervisi yang kaku. Gambaran tentang organisasi seperti itu terdapat pada abad ....
A.   I - VII
B.   VIII - XVI
C.   XVII - XVIII
D.   XIX - XX

22.   Teori organisasi selalu berubah sesuai dengan situasi yang melatarinya karena teori organisasi merupakan ....
A.   perpaduan antara sistem formal dan sistem nonformal
B.   refleksi dari situasi di mana para ahli teori tersebut hidup dan mengembangkan teorinya
C.   interaksi tugas-tugas dan aturan-aturan
D.   diversifikasi hasil dari para ahli

23.   Sekumpulan pengetahuan yang tersusun, dihimpun, dan diterima berkenaan dengan pemahaman umum tentang administrasi adalah pengertian administrasi sebagai ....
A.   ilmu
B.   seni
C.   strategi
D.   metode
24.   Administrasi pendidikan bukan sekedar clerical work tetapi merupakan keseluruhan kegiatan yang dilakukan di semua pihak yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan. Pengertian ini dikemukakan oleh ....
A.   Oteng Sutisna     
B.   Arifin Abdurahman
C.   Ngalim Purwanto
D.   Robert E. Wilson

25.   Dalam kegiatan administrasi, manajemen sangat menentukan tercapainya tujuan kegiat-an tersebut sebab manajemen mempunyai fungsi yang lebih khusus, yaitu ....
A.   merencanakan dan mengorganisasikan seluruh kegiatan
B.   mengelola orang-orang sebagai pelaksana proses administrasi
C.   mengarahkan dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia
D.   membantu melayani pimpinan

26.   Dalam proses administrasi pendidikan, kegiatan memikirkan dan memilih rangkaian tindakan-tindakan yang tertuju pada tercapainya tujuan pendidikan disebut ....
A.   pengorganisasian
B.   pengkoordinasian
C.   perencanaan
D.   pengkomunikasian

27.   Seorang kepala sekolah merencanakan berapa besar biaya yang diperlukan untuk melaksanakan ulangan umum, dari mana sumber dana akan diperoleh, dan bagaimana penggunaannya. Dalam kaitannya dengan proses administrasi pendidikan, kegiatan kepala sekolah tersebut merupakan penjabaran fungsi ....
A.   perencanaan
B.   pengkoordinasian
C.   penilaian
D.   pembiayaan

28.   Dalam proses administrasi, aktivitas mengarahkan secara sinergis orang-orang, material, pikiran, teknik, dan tujuan dalam hubungan yang harmonis dan produktif merupakan penjabaran fungsi ....
A.   pengorganisasian
B.   perencanaan
C.   pengkoordinasian
D.   pengawasan
29.   Kegiatan administrasi yang menyangkut ketatausahaan sekolah, keuangan sekolah, gedung dan sarana/prasarana serta alat-alat perlengkapan sekolah adalah termasuk bidang administrasi ....
A.   material
B.   kurikulum
C.   personel
D.   keuangan

30.   Seorang dokter memberikan pengobatan secara cuma-cuma di daerah pelosok. Tindakan dokter ini mengemban tanggung jawab profesi kedokterannya yang bersifat ....
A.   filosofis
B.   pengabdian
C.   pragmatis
D.   edukatif

31.   Seorang guru SD mengikuti program S1 PGSD atas biaya PGRI. Upaya PGRI membiayai guru tersebut merupakan realisasi dari tujuan organisasi itu untuk meningkatkan ....
A.   karier guru
B.   kompetensi
C.   kewenangan profesional guru
D.   kesejahteraan guru

32.   Seorang guru mampu berpikir logis, kritis, rasional, dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah. Kinerja yang ditampilkan guru tersebut merupakan aktualisasi perangkat kompetensi yang disebut ....
A.   professional component
B.   subject component
C.   process component
D.   performance component

33.   Berdasarkan struktur dan kedudukannya, ISPI dan IPBI merupakan organisasi kependidikan yang bersifat ....
A.   lokal
B.   nasional
C.   internasional
D.   regional

34.   Apabila seorang profesional melanggar kode etik profesinya akan mendapatkan sanksi tertentu, karena hakikat profesi merupakan wujud ....
A.   pekerjaan biasa
B.   pernyataan terbuka
C.   ikatan kerja
D.   pernyataan tertutup

35.   Disusunnya kode etik guru merupakan upaya organisasi profesi kependidikan agar anggota-nya terhindar dari perlakuan tidak manusiawi. Hal ini sesuai dengan tujuan organisasi profesi dalam meningkatkan ....
A.   karier anggota
B.   kemampuan anggota
C.   martabat anggota
D.   kesejahteraan anggota

36.   Landasan hukum untuk merealisasikan fungsi peningkatan kemampuan profesional tertuang dalam ....
A.   PP Nomor 28 tahun 1992 pasal 16
B.   PP Nomor 38 tahun 1992 pasal 16
C.   PP Nomor 38 tahun 1992 pasal 61
D.   PP Nomor 28 tahun 1992 pasal 61

37.   Suatu jabatan atau pelayanan yang menuntut keahlian, tanggung jawab, dan kesetiaan terhadapnya dinamakan ....
A.   profesional
B.   profesi
C.   profesionalisasi
D.   profesionalitas

38.   Dilihat dari segi derajat keeratan dan keterkaitan antaranggotanya, IPBI merupakan organisasi profesi kependidikan yang berbentuk ....
A.   uni
B.   federasi
C.   aliansi
D.   asosiasi

39.   Bentuk organisasi profesi kependidikan yang para anggotanya berasal dari pucuk-pucuk pimpinan berbagai organisasi adalah ....
A.   persatuan
B.   perserikatan
C.   asosiasi
D.   aliansi

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   40   SAMPAI  60 ,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
40.   Bidang garapan administrasi pendidikan, antara lain ....
1)   administrasi personel
2)   administrasi sekolah
3)   administrasi material

41.   Kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam administrasi personel peserta didik antara lain ....
1)   menerima siswa baru
2)   melaksanakan administrasi personel siswa
3)   membuat catatan anekdotal setiap kelas

42.   Dalam kaitannya dengan administrasi, perencanaan kurikulum di tingkat pusat mencakup beberapa program antara lain ....
1)   pembuatan jadwal pelajaran
2)   pembuatan GBPP
3)   penyelenggaraan EBTANAS

43.   Rekruitmen, seleksi dan penempatan guru dan pegawai sekolah adalah bidang garapan administrasi ....
1)   pendidikan
2)   sarana prasarana pendidikan
3)   personel kepegawaian

44.   Ruang lingkup administrasi keuangan adalah ....
1)   budgetting
2)   accounting
3)   auditing

45.   Proses penataan yang bersangkut paut dengan pengadaan, pendayagunaan, dan pengelolaan sarana/prasarana pendidikan untuk mencapai tujuan disebut administrasi ....
1)   sarana prasarana pendidikan
2)   material
3)   tata laksana pendidikan

46.   Fungsi pengelolaan kelas mencakup kegiatan ....
1)   perencanaan pembelajaran
2)   pelaksanaan pembelajaran
3)   penilaian pembelajaran

47.   Rencana pembelajaran yang dirancang oleh guru sebelum pembelajaran dilaksanakan mencakup ....
1)   perumusan tujuan pembelajaran khusus
2)   menyusun bahan pembelajaran
3)   menyiapkan metode, media, dan instrumen evaluasi

48.   Penilaian hasil pembelajaran diwujudkan dalam bentuk ....
1)   tes lisan
2)   kuesioner
3)   tes tertulis

49.   Contoh kegiatan prosedural ....
1)   menyusun rencana pembelajaran (RP)
2)   menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
3)   mengoreksi hasil ulangan

50.   Unsur-unsur sistem pembelajaran adalah ....
1)   guru dan siswa
2)   fasilitas belajar
3)   peralatan dan perlengkapan pembelajar-an

51.   Wujud dari suatu pernyataan seorang profesional yang tertuang dalam kode etik suatu profesi mengandung nilai ....
1)   filosofis - kontekstual
2)   etis - pragmatis
3)   estetis - ritual

52.   Suatu profesi menunjuk pada suatu pekerjaan yang mempunyai fungsi layanan sosial. Ciri profesi ini dikemukakan oleh ....
1)   Sutan Zanti
2)   Erik Hoyle
3)   Dedi Supriadi

53.   Organisasi profesi kependidikan memiliki fungsi tersendiri yang bermanfaat bagi anggo-tanya yaitu fungsi ....
1)   pemersatu
2)   komunikasi
3)   peningkatan kemampuan profesional

54.   Pemerintah menerima usulan hasil kongres nasional PGRI agar profesi guru dimasukkan kelompok jabatan fungsional. Usulan tersebut merupakan salah satu upaya PGRI dalam meng-gapai tujuan, terutama untuk meningkatkan atau mengembangkan ....
1)   karier guru
2)   kemampuan guru
3)   kesejahteraan guru
55.   Dalam menyampaikan mata pelajaran IPA, seorang guru betul-betul harus menguasai bahan ajar dan menguasai keterampilan dalam melakukan praktikum. Secara lain dapat dikatakan, guru tersebut harus menguasai ....
1)   performance component
2)   subject component
3)   professional component

56.   Menurut Abin Syamsuddin, bentuk organisasi profesi kependidikan yang ada, berbentuk ....
1)   persatuan
2)   federasi
3)   aliansi

57.   PGRI yang didirikan pada tanggal 25 November 1945, di samping memiliki misi profesi juga mempunyai misi yang lain, yaitu misi ....
1)   politis - ideologis
2)   peraturan organisatoris
3)   kesejahteraan

58.   IPBI didirikan dengan tujuan-tujuan tertentu, di antaranya ....
1)   menerbitkan buletin dan brosur Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia
2)   menghimpun para petugas di bidang bimbingan
3)   meningkatkan mutu profesi bimbingan

59.   Sifat organisasi profesi kependidikan dapat dilihat berdasarkan perbedaan ....
1)   gender para anggotanya
2)   gaji para anggotanya
3)   etnis para anggotanya

60.   Profesi muncul berawal dari adanya kepercayaan masyarakat. Hal ini didasarkan oleh keyakinan bahwa ....
1)   profesional adalah orang yang memiliki keahlian khusus (expertise)
2)   penyandang profesi akan bertanggung jawab atas perilaku profesionalnya
3)   anggota profesi memiliki motivasi untuk memberikan layanan kepada orang-orang yang membutuhkannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar