Minggu, 13 Juli 2014

Latihan Soal BIOMETRI



TUGAS MANDIRI
B I O M E T R I
(PABI4455)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN  29,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Seorang mahasiswa berencana akan meneliti perilaku harimau Sumatera. Ia ingin mengetahui bagaimana perilaku sosial dan reproduksinya. Metode penelitian yang cocok untuk digunakan adalah ....       
A.   trial and error
B.   observasi
C.   survai
D.   eksperimen

2.   Yang dimaksud dengan statistika adalah ....
A.   cabang ilmu matematik yang digunakan untuk analisis data numerik
B.   cabang ilmu matematik untuk menganalisis data nominal
C.   sajian data numerik dalam bentuk tabel atau diagram
D.   sajian data kualitatif dalam bentuk grafik atau diagram
     
3.   Ahli statistika berikut yang mendapatkan julukan bapak biometri dan genetika modern adalah ....
A.   Karl Gauss
B.   Pierre Simon Laplace
C.   Adolphe Quetelet
D.   Franvis Galton

4.   Seorang mahasisa mencoba meneliti morfologi serangga tertentu. Dia mencoba mengungkapkan dengan beberapa variabel berikut ....
1.   Ukuran tubuh
2.   Jumlah ruas tubuh
3.   Berat tubuh
maka variabel 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah variabel ....
A.   kontinyu, diskontinyu, diskontinyu
B.   kontinyu, kontinyu, kontinyu
C.   kontinyu, diskontinyu, kontinyu
D.   diskontinyu, kontinyu, diskontinyu

5.   Dalam pengamatan jenis kelamin tikus dari suatu populasi, Amir mencoba menggunakan nomor 1 untuk yang berjenis kelamin jantan dan nomor 2 untuk jenis kelamin betina. Data yang diperoleh tersebut termasuk ke dalam data ....
A.   ordinal
B.   nominal
C.   interval
D.   simbolis

6.   Pernyataan berikut merupakan fungsi dari data explanatory adalah ....
A.   menjelaskan hubungan antara variabel bebas dengan variabel tergayutnya
B.   menggantikan data pokok karena keterbatasan dana penelitian
C.   meningkatkan presisi eksperimen
D.   mengecek kondisi eksternal yang dapat menganggu eksperimen

7.   Dalam penelitian mengenai pemahaman murid SD terhadap konsep-konsep IPA dengan cara memilih sekelompok sekolah yang termasuk dalam katagori sekolah kurang favorit, sedang, dan favorit, maka teknik pengambilan sampel tersebut tergolong  ....
A.   quota samping
B.   purposive sampling
C.   accidental sampling
D.   frame sampling

8.   Amir ingin meneliti status kesehatan siswa SMU I Majalengka yang berjumlah total 510 orang. Karena terbatasnya dana dan tenaga, maka ia bermaksud menelitinya dengan cara mengambil sampel sebanyak 100 orang. Ia mengurutkan nama-nama siswa dari 1 sampai dengan 500. Untuk tahap pengambilan pertama ia mengundi nomor 1 - 5 dan diperoleh 2 sebagai sampel pertama. Untuk pengambilan sampel berikutnya ia mengambil nomor 7, 12, 17, 22, 27, 32 dan seterusnya sehingga diperoleh 100 buah sampel. Maka teknik pengambilan sampel yang dilakukan si Amir tergolong teknik sampling ....
A.   acak sederhana
B.   acak sistematis
C.   acak berlapis
D.   acak gugus

9.   Suatu diagram yang ditandai dengan adanya titik-titik yang menunjukkan besarnya harga dari variabel yang diukur dan antara titik satu dengan lainnya dihubungkan dengan suatu garis, dikenal dengan diagram ....
A.   pencar
B.   pastel
C.   garis
D.   lambang titik

14.   Suatu data yang memiliki kemunculan dengan frekuensi terbanyak disebut ....
A.   mean
B.   median
C.   modus
D.   geometric mean

15.   Perhatikan data distribusi frekuensi tinggi tanaman lamtoro (dm) berikut

Kelas
Frekuensi absolut
Frekuensi Relatif (5)
Frekuensi kumulatif
10-19
20-29
30-39
40-49
50-59
60-69
70-79
14,5
24,5
34,5
44,5
54,5
64,5
74,5
6
8
10
15
9
8
4
6
14
24
39
48
56
60

Nilai kuartil 1, 2, dan 3 dari data tinggi lamtoro (dm) di atas adalah ....
A.   32,5,  42,5,   dan 54,5
B.   33,5,  43,5,   dan 53,5
C.   35,5,  44,5,   dan 55,5
D.   35,5,  45,5,   dan 53,5

16.   Perhatikan data nilai mahasiswa berikut:

80 75 75 74 74 74 72 69 69 69 68 67 67 67 65 63 63 60
60 60 60 59 58 58 57 56 56 55 55 55 54 53 53 53 52 51
49 48 47 45 42

Berdasarkan data di atas, maka desil 1, 2, dan 3 secara berturut-turut adalah ....
A.   72, 68, dan 67
B.   72, 69, dan 65
C.   74, 68, dan 65
D.   74, 69, dan 67


17.   Perhatikan data distribusi frekuensi tinggi tanaman lamtoro (dm) berikut:

Kelas
Nilai tengah
Frekuensi absolut
Frekuensi kumulatif
10-19
20-29
30-39
40-49
50-59
60-69
70-79
14,5
24,5
34,5
44,5
54,5
64,5
74,5
6
8
10
15
9
8
4
6
14
24
39
48
56
60

Maka nilai desil 1, 2, dan 5 dari data di atas adalah ....
A.   25,5,  30,5, dan 42,5
B.   27,5,  30,5, dan 42,5           
C.   27,5,  31,5, dan 43,5
D.   28,5,  31,5, dan 43,5

18.   Perhatikan tabel data sampel berat badan dari 10 orang mahasiswa berikut:

Pengamatan ke
Berat badan (yi)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
71
70
68
67
66
62
61
60
58
57
7
6
4
3
2
2
3
4
6
7
49
36
16
9
4
4
9
16
36
49
Jumlah
640
44
228

Simpangan rata-rata dari data sampel di atas adalah ....
A.   22,8
B.   6,4
C.   4,4
D.   2,2

19.   Perhatikan tabel data berat badan berikut,  pada soal Nomor 18, ....
Simpangan baku dari data sampel di atas adalah ....
A.   4,8
B.   3,9
C.   3,8
D.   2,9

20.   Jika diketahui data sampel berat badan (kg) dari 10 orang siswa SMU adalah sebagai berikut ....
60  50  45  45  52  55  58  43  47  44
Maka galat baku dari data di atas adalah ....
A.   3,94
B.   2,94
C.   1,94
D.   0,94

21.   Berdasarkan data pada soal nomor 20, maka nilai variansi dari data tersebut adalah ....
A.   37,45
B.   37,54
C.   36,45
D.   36,54

22.   Berdasarkan data pada soal nomor 20, maka nilai koefisien variansi dari data tersebut ....
A.   13,27
B.   13,58
C.   14,27
D.   14,58

23.   Seorang siswa melempar 3 buah dadu sekaligus, maka peluang dari ketiga dadu tersebut muncul angka 6 secara bersamaan adalah ....
A.  
B.         
C.  
D.  

24.   Jika diketahui harga Z : 0,17 < Z < 3,4, maka di bawah kurva Z tersebut adalah ....
A.   0,5472
B.   0,5573
C.   0,5672
D.   0,5773

25.   Perhatikan data berat badan (gram) menit eksperimen dan kontrol berikut:

No.
Kelompok kontrol
Kelompok Perlakuan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
27
28
29
32
33
33
35
33
32
29
28
27
26
25
27
27
24
26
29
30

Maka harga F005 (V1 ; V2) dari data di atas adalah ....
A.   2,44
B.   2,56
C.   4,03
D.   5,91

26.   Diketahui rata-rata tinggi badan murid SDN di Kabupaten Majelengka kelas 6 pada dekade tahun 1980-an = 135 cm. Untuk mengetahui apakah kini pada dekade 2000-an terjadi peningkatan tinggi badan anak SD kelas 6 tersebut secara signifikan atau tidak dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel sebanyak 121 murid yang diperkirakan mewakili populasinya. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa rata-rata tinggi badan (y) = 142  cm, dengan simpangan baku (s) = 4,5 cm. Jika kita menggunakan uji t-student untuk menguji data di atas, maka besarnya thitung adalah ....
A.   20,11
B.   19,11
C.   18,11
D.   17,11

27.   Berdasarkan kasus pada nomor 26, maka besarnya nilai ttabel pada taraf nyata 1%, dengan menggunakan uji 2 pihak adalah ....
A.   ± 2,617
B.   ± 2,358
C.   ± 1,658
D.   ± 1,289

28.   Berdasarkan hasil nomor 26 dan 27, maka dapat disimpulkan bahwa tinggi rata-rata siswa SDN kelas 6 di Kabupaten Majalengka ....
A.   meningkatkan secara nyata dibanding dekade tahun 1980-an
B.   masih belum berbeda nyata dibandingkan dengan dekade 1980-an
C.   cenderung menurun dibanding dekade 1980-an
D.   ada kecenderungan meningkat dibanding dekade 1980-an

29.   Untuk menentukan suatu data berdistribusi normal atau tidak, dapat digunakan uji ....
A.   Student
B.   Liliefors
C.   F
D.   Z

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR 30  SAMPAI   39,   PILIHLAH:
A.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
B.   JIKA KEDUA PERNYATAAN BENAR TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT!
C.   JIKA SALAH SATU PERNYATAAN SALAH! 
D.   JIKA KEDUA PERNYATAAN  SALAH!

30.   Perbedaan pola berpikir induktif dari deduktif terletak dari cara dimulainya proses berpikir,
sebab                       
pola berpikir induktif dimulai dari hal-hal yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus, sedangkan pola deduktif dari khusus ke umum.

31.   Perkembangan statistika pada abad ke-18 lebih cepat dari pada abad sebelumnya,
sebab                       
pada abad ke-18, Karl Pearson telah menerapkan metoda statistika dalam bidang Biologi untuk menggambarkan konsep seleksi alam.

32.   Data ordinal dan interval berbeda dari segi penggunaan skala pengukurannya dalam memperoleh data tersebut,
sebab                       
skala ordinal bersifat kontinum, sedangkan skala interval tidak kontinum.

33.   Dalam suatu eksperimen, data explanatory berbeda dengan data  suplemen dalam hal tujuan mendapatkan data tersebut,
sebab                       
pengumpulan data explanatory bertujuan untuk mendeteksi adanya interaksi antar faktor perlakuan; sedangkan data suplemen untuk menjelaskan hubungan antarfaktor perlakuan


34.   Jika kita ingin mengetahui sifat-sifat lebah madu dalam sebuah sarang di daerah tertentu, maka yang kita tetapkan sebagai populasi penelitian adalah semua lebah yang ada di daerah tersebut,
sebab                       
populasi menyatakan totalitas individu, di mana masing-masing individu tersebut merupakan unit pengamatan terkecil dalam suatu penelitian.

35.   Data yang diperoleh dari penelitian kasus (studi kasus) hanya dapat dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip statistika deskriptif,
sebab                       
data yang diperoleh dari studi kasus tidak mewakili populasi secara keseluruhan.

36.   Perbedaan sajian data dalam bentuk daftar kontingensi dan daftar distribusi frekuensi terletak pada jenis datanya,
sebab                       
daftar kontingensi menyajikan data kualitatif sedangkan daftar distribusi frekuensi menyajikan data kuantitatif.

37.   Perbedaan rata-rata hitung dengan rata-rata harmonis dari suatu data, antara lain terletak pada hasil perhitungan yang selalu berbeda jauh,
sebab                       
hasil perhitungan rata-rata harmonis dari suatu data lebih besar dari rata-rata hitungnya.

38.   Jika berdasarkan uji normalitas ternyata data yang akan diolah distribusinya tidak normal, maka data tersebut dapat diuji dengan statistika nonparametrik,
sebab                       
uji statistik nonparametrik tidak memerlukan prasarat normalitas distribusi.

39.   Prosedur perhitungan statistik non parametrik relatif lebih sederhana dibandingkan prosedur statistik parametrik,
sebab                       
data interval dan rasio akan diubah menjadi data ordinal jika pengolahan data menggunakan statistik non parametrik.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   40   SAMPAI   50,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
40.   Peran statistika dalam biologi, antara lain untuk ....
1)   mengolah data hasil pengamatan
2)   mengembangkan instrumen penelitian
3)   menera instrumen penelitian

41.   Perbedaan antara variabel kontinyu dengan variabel diskontinyu, antara lain ....
1)   variabel kontinyu mempunyai nilai tak terbatas, sedang variabel diskontinyu nilai-nilainya pasti
2)   variabel terukur tergolong variabel diskontinyu, tetapi tidak bisa menjadi variabel kontinyu
3)   variabel kontinyu dapat mempunyai variabel terukur sedangkan variabel diskontinyu merupakan variabel diskret

42.   Perhatikan data panen ikan pada 3 kolam berikut:

Jumlah produksi (kg)
Jenis ikan
Kolam 1
Kolam 2
Kolam 3
Ikan gurame
Ikan sepat
Ikan lele
Ikan mas
Ikan mujair
300
500
750
850
1250
250
700
300
800
570
200
300
400
600
200

Berdasarkan data di atas, maka pernyataan berikut yang benar adalah
1)   rata-rata ukur produksi ikan di kolam 1 adalah 653,9 kg
2)   rata-rata harmonis produksi ikan di kolam 2 adalah 424,9 kg
3)   rata-rata harmonis dan rata-rata ukur produksi ikan mujair di ketiga kolam adalah 522,3 kg dan 397,1 kg

43.   Perhatikan data tinggi badan siswa SMU kelas III (cm), berikut

170 170 168 168 168 167 167 167 167 167 166 166 165
165 164 163 162 161 160 160 160 160 159 159 158 158
157 157 155
Berdasarkan data di atas, maka pernyataan berikut yang benar adalah ....
1)   modus dari data tersebut adalah 168, 167, dan 160
2)   data di atas merupakan data tetramodal
3)   median data di atas adalah 164

44.   Perhatikan tabel distribusi frekuensi dari data hasil pengukuran berat badan murid SD kelas V (kg), berikut ....

Kelas
Nilai tengah
Frekuensi absolut
Frekuensi kumulatif
25-28
29-32
33-36
37-40
41-44
26,5
30,5
34,5
38,5
42,5
3
7
17
10
8
3
10
27
37
45

Berdasarkan tabel di atas, maka pernyataan berikut yang benar adalah ....
1)   median data tersebut = 35,44
2)   modus data tersebut = 34,85
3)   rata-rata hitungnya = 35,66

45.   Perhatikan data tinggi badan (cm) dari 35 murid SD kelas V berikut:

120 120 122 123 123 125 126 127 127 129 130 130 131 132 132
133 133 135 135 137 138 138 139 143 143 147 148 150 153 158
158 160 162 165 165

Pernyataan berkenaan kuartil data di atas, yang benar adalah ....
1)   kuartil I adalah 137
2)   kuartil II adalah 129
3)   kuartil III adalah 158

46.   Perhatikan tabel distribusi frekuensi sampel tinggi tanaman jeruk Garut (dm) di Kecamatan Wanaraja berikut:

Kelas
Nilai tengah (y1)
Frekuensi
Absolut
(f1)

fiyi


23-32
33-42
43-52
53-62
63-72
27,5
37,5
47,5
57,5
67,5
7
15
25
13
10
192,5
562,5
1187,5
747,5
675
20,6
10,6
0,6
....
....
144,2
159
15
....
....
Jumlah
70
2736
....
....

Berdasarkan data di atas, maka pernyataan berikut yang benar adalah ....
1)   nilai rata-rata sampel  adalah 48,1
2)    adalah 620,4
3)   simpangan rata-ratanya adalah 9,1

47.   Perhatikan tabel distribusi frekuensi sampel tinggi tanaman jeruk Garut (dm) di Kecamatan Wanaraja berikut:
       
Kelas
Nilai tengah (y1)
Frekuensi
Absolut
(f1)

fiyi


 
23-32
33-42
43-52
53-62
63-72
27,5
37,5
47,5
57,5
67,5
7
15
25
13
10
192,5
562,5
1187,5
747,5
675
-20,6
-10,6
0,6
....
....
2970,52
1685,40
9
....
....
Jumlah
70
2736
....
....

Berdasarkan data di atas, maka pernyataan berikut yang benar adalah ....
1)   nilai rata-rata (  adalah 47,20
2)   standar deviasi (s) adalah 11,70
3)    adalah 9577,20

48.   Hasil tes mata pelajaran IPA murid SD kelas 6 dari dua sekolah (A dan B), disajikan dalam tabel berikut ....


Sekolah A
Sekolah B
Jumlah murid
Rata-rata (m)
Standar deviasi (s)
31
70,5
4
30
71,3
3

Pernyataan yang berhubungan dengan uji homogenitas variansi data di atas, yang benar adalah ....
1)   Fhitung = 1,78
2)   Ftabel = untuk uji satu pihak dengan a 5% = 1,85
3)   Hipotesis nol (Ho: sb2 £ sk2) diterima

49.   Untuk menentukan normalitas distribusi data nilai matakuliah Biometri dari 100 mahasiswa UT, dilakukan pangujian dengan menggunakan uji Liliefors. Jika hasil perhitungan didapat Lmaksimum = 0,31 dan Ltabel = 0,5, maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut ....
1)   distribusinya tidak normal
2)   dapat dilanjutkan dengan uji statistik parametrik
3)   tidak dapat diuji dengan uji statistik non parametrik

50.   Suatu pengujian normalitas distribusi data dengan menggunakan metode X2 diperoleh hasil sebagai berikut ....

X2hitung  = 4,3 dan X2tabel = 2,5, dengan a = 1% Maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut ....
1)   berdistribusi tidak normal
2)   dapat diuji dengan statistik nonparametrik
3)   dapat diuji dengan uji statistik parametrik dengan syarat variansinya homogen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar