LATIHAN MANDIRI
KAPITA SELEKTA
PEMBELAJARAN BIOLOGI
(PABI4471)
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 1 SAMPAI
47, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Sebelum
pelajaran berlangsung, guru menempelkan gambar hewan di papan tulis, kemudian
meminta siswa untuk menentukan apakah gambar hewan tersebut serangga atau bukan
dan siswa juga diminta untuk memberikan alasan.
Contoh
di atas merupakan kejadian instruksional yang ditunjukkan oleh seorang guru
untuk
A. memberikan stimulus.
B. memperkuat retensi.
C. menemukan umpan balik.
D. menilai hasil belajar.
2. Seorang guru
memulai pelajaran sebagai berikut: Anak-anak, seraya guru menunjukkan setangkai
bunga, bunga apa yang saya tunjukkan ini? Semua siswa menatap kepada guru dan
memperhatikan bunga yang terdapat di tangan gurunya itu, bahkan ada satu-dua
orang siswa yang mencoba mendekat untuk mengamati bunga yang dimaksud.
Contoh
di atas merupakan kejadian instruksional yang dilakukan seorang guru untuk
A. memberi tahu tujuan.
B. menarik perhatian.
C. mengingatkan kembali hal yang
telah dipelajari siswa.
D. memberi kesempatan menunjukkan
hasil belajar.
3. Kategori kemampuan berikut
menurut Gagne termasuk ke dalam kemampuan belajar keterampilan kognitif
A. menulis indah.
B. menulis laporan praktikum.
C. menggunakan mikroskop.
D. merakit alat praktikum.
4. Air dengan
volume yang sama ditempatkan dalam dua buah gelas. Gelas A berdiameter kecil tetapi tinggi, sedangkan gelas B berdiameter
besar tetapi pendek. Kemudian kepada siswa ditanyakan gelas mana yang berisi
air paling banyak. Siswa menunjuk gelas
A, namun tidak dapat memberi alasan. Siswa tersebut menurut Piaget berada pada
periode
A. sensori motor.
B. praoperasional.
C. operasional konkrit.
D. operasional formal.
5. Dalam hal
pembelajaran, LATIHAN seorang guru ialah memilah materi, materi mana yang harus
disajikan oleh seorang guru melalui pengajaran bermakna, dan materi mana yang
harus ditemukan oleh siswa. Pernyataan tersebut sangat sesuai dengan teori
belajar yag dikemukakan oleh
A. Piaget.
B. Bruner.
C. Gagne.
D. Ausubel.
6. Seorang anak telah mampu
mengutarakan pengalamannya dengan bahasa. Menurut teori Bruner anak tersebut
berada pada tahap
A. enactive representation.
B. iconic representation.
C. simbolic representation.
D. verbal representation.
7. Menurut pandangan teori kontruktivis, belajar
merupakan proses aktif membangun pengetahuan melalui aktivitas siswa sendiri.
Jika pandangan tersebut kita hubungkan dengan hakikat biologi, kesimpulan apa
yang dapat Anda kemukakan?
A. Pandangan teori konstruktivis
sejalan dengan hakikat biologi.
B. Pandangan teori kontruktivis
tidak sejalan dengan hakikat biologi.
C. Teori konstruktivis sama dengan
hakikat biologi, menekankan pada sosiokultural pembelajaran.
D. Teori konstruktivis telah
menekankan pada sosiokultural dalam belajar sedangkan hakikat biologi tidak.
8. Penggunaan
berbagai metode penting sekali dalam pengajaran dengan alasan
A. keefektifan metode mengajar
dipengaruhi oleh beberapa variabel seperti bakat siswa, materi pelajaran, dan
sistem penyampaian pelajaran.
B. setiap siswa membutuhkan cara
mengajar yang sesuai baginya untuk membantu meningkatkan kemampuan belajarnya.
C. setiap topik pembelajaran
memerlukan metode yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
D. setiap guru memiliki pendapat
yang berbeda mengenai metode mengajar yang terbaik.
9. Semua metode
berikut ini bertolak dari suatu permasalahan
A. diskusi, penelitian, studi kasus,
inkuari.
B. bermain peran, studi lapangan,
sumbang saran.
C. ceramah, kerja kelompok,
sosiodrama, penugasan.
D. proyek, pameran, karyawisata,
permainan.
10. Metode ceramah sangat tidak tepat
untuk pembelajaran biologi apabila materi pembelajarannya
A. hanya berupa pemberian informasi yang tidak
dapat diperoleh dalam bentuk lain.
B. hanya berupa pemberian informasi yang perlu
diingat sebentar saja.
C. kompleks, abstrak, sangat rinci dan perlu
diintegrasikan dengan pengalaman siswa sebelumnya.
D. tidak menurut keterlibatan sikap dan perasaan
siswa.
11. Dalam hal-hal tertentu tidak mudah untuk
mengenali apakah suatu demonstrasi dapat digolongkan ke dalam eksperimen atau
tidak. Contoh berikut merupakan demonstrasi yang tidak menyajikan suatu
eksperimen
A. seorang guru mendemonstrasikan elektrolisis
air untuk mencari apa saja yang menyusun air.
B. seorang guru yang mendemonstrasikan
elektrolisis air untuk menunjukkan bahwa air terdiri dari oksigen dan hidrogen.
C. seorang guru yang mendemonstrasikan pengaruh
panas terhadap pemuaian logam.
D. seorang guru yang mendemonstrasikan gerak
jatuh bebas antara dua benda yang berbeda massa.
12. Belajar secara hafalan tidak selamanya
jelek, belajar dengan cara ini perlu dilakukan bila
A. alokasi waktu yang tersedia sangat terbatas
sementara guru terlalu sibuk.
B. sarana dan prasarana yang menunjang
penyampaian materi tidak tersedia.
C. dikehendaki menyimpan informasi dalam bentuk
persis sama dengan bentuk yang diterima.
D. konsep yang dipelajari tidak ada hubungannya
dengan konsep-konsep yang lain.
13. Bila dalam pengajaran biologi kita
menggunakan peta konsep maka yang perlu dievaluasi adalah kemampuan siswa dalam
A. menghafal definisi konsep.
B. memahami hubungan antarkonsep.
C. menunjukkan kedudukan suatu konsep.
D. memahami arti suatu konsep.
14. Apakah peta konsep tiu?
A. Peta konsep adalah alat peraga untuk
memperlihatkan hubungan antara beberapa konsep.
B. Peta konsep adalah suatu teknik yang
memberikan gambaran pentingnya suatu konsep dibandingkan dengan konsep yang
lain.
C. Peta konsep adalah benda, kejadian, situasi
atau ciri yang memiliki ciri khas dan yang terwakili dalam setiap budaya oleh
sesuatu tanda atau simbol.
D. Peta konsep adalah abstraksi dari ciri-ciri
sesuatu yang mempermudah komunikasi antara manusia dan yang memungkinkan
manusia berpikir.
15. Pengalaman langsung yang diberikan kepada
siswa melalui kegiatan laboratorium akan memberikan hasil yang lebih baik
daripada hanya ceramah saja. Bagaimana komentar Anda?
A. Umumnya demikian, karena secara teoritis
makin banyak alat indera yang terlibat dalam mempelajari suatu topik tertentu
makin tinggilah retensi siswa.
B. Tidak demikian, karena menggunakan benda asli
belum tentu menjamin pemahaman yang rinci tentang sesuatu.
C. Seharusnya demikian, tetapi karena kegiatan
laboratorium sulit dilakukan maka metode ceramah merupakan pilihan yang baik.
D. Tergantung jenis materinya, apakah perlu
dipraktikumkan atau cukup dengan diinformasikan secara verbal.
16. Untuk mempelajari hewan mamalia, seorang guru
tengah mempertimbangkan kegiatan berikut: (a) membawa hewan mamalia ke ruang
kelas (b) mempelajari hewan mamalia di kebun binatang (c) mempelajari dari
rekaman video tentang hewan mamalia.
Dalam kejadian di atas yang
menjadi pertimbangan guru dalam memilih kegiatan belajar adalah
A. ketersediaan sumberdaya.
B. faktor lingkungan belajar.
C. faktor ekonomis dan budaya.
D. faktor praktis.
17. Apa sebabnya laboratorium dikatakan sebagai
pusat pengajaran biologi?
A. Laboratorium adalah tempat untuk melakukan
percobaan dan penyelidikan.
B. Di dalam laboratorium dapat dihasilkan dan
dilatih semua komponen biologi seperti produk, sikap ilmiah dan proses ilmiah.
C. Laboratorium merupakan tempat peragaan dan
museum kecil.
D. Laboratorium merupakan pusat yang memiliki
alat-alat duplikasi dan reproduksi.
18. Suatu objek laboratorium dapat dikategorikan
sebagai alat atau mungkin juga bahan. Kriteria yang membedakannya adalah
A. berupa objek habis pakai atau tidak.
B. terbuat dari benda padat atau cair.
C. bentuknya standar atau tidak.
D. mudah didapat atau sulit.
19. Dari kelompok berikut, mana yang
dikategorikan ke dalam alat laboratorium?
A. acetocarmin, etanol, amilum.
B. asam sulfat, asam klorida, bromtimol biru.
C. fenoftalin, gelatin, formalin.
D. mikrotom, higrometer, potometer.
20. Model merupakan tiruan dari bagian tubuh atau
objek tertentu dalam tiga dimensi, dan dapat berupa miniatur dari objek
tertentu, misalnya model
A. rangka manusia.
B. bola mata.
C. baling-baling pesawat.
D. jantung manusia.
21. Diketahui diameter lapangan pandang mikroskop
yang menggunakan lensa obyektif 10x
adalah 1, 2 mm. Berapa mikron diameter lapangan pandang pembesaran jika menggunakan
lensa obyektif 40x ?
A. 200 mikron.
B. 250 mikron.
C. 300 mikron.
D. 350 mikron.
22. Salah satu peran guru dalam laboratorium
adalah sebagai fasilitator dan konsultan. Dalam hal ini guru harus berperan
A. melayani dan memberi kemudahan kepada siswa
agar mereka dapat bekerja dalam laboratorium secara sukses dan aman.
B. membimbing agar siswa dapat menggunakan alat,
dan bekerja dengan aman sesuai dengan prosedur.
C. merencanakan kegiatan, menyediakan peralatan,
mengatur jadwal penggunaan laboratorium dan mengusahakan agar pemanfaatan
laboratorium dilakukan secara optimal.
D. menciptakan iklim yang problematik yang
memungkinkan munculnya masalah sehingga siswa dapat melihat masalah tersebut.
23. Guru menguji kelayakan semua alat yang akan
digunakan, menyiapkan alat sehingga dapat digunakan secara maksimal, membantu
siswa mengoperasikan alat laboratorium. Dalam hal ini guru tersebut berperan
sebagai
A. pembimbing dan pengarah.
B. fasilitator dan konsultan.
C. pengembang dan pengelola.
D. pengelola kegiatan dan motivator.
24. Saat penggunaan mikroskop, kalau Anda ingin
mendapatkan bayangan benda yang agak bergeser ke kanan, maka hal yang harus
Anda lakukan
A. menggeser sedikit obyek ke kiri.
B. menggeser sedikit obyek ke kanan.
C. menggerakkan lensa okuler ke kanan.
D. menggerakkan lensa okuler ke kiri.
25. Jika Anda ingin mengetahui nama, jumlah, dan
macam barang yang terdapat dalam laboratorium termasuk perabotan, media,
perkakas dan sebagainya, sebaiknya Anda membuka
A. buku stock.
B. buku inventaris.
C. daftar pembelian.
D. daftar alat.
26. Nilai paedagogis suatu alat adalah nilai yang
dimiliki oleh suatu alat yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep. Nilai
paedagogis suatu alat dikatakan tinggi bila alat tersebut
A. praktis dibawa kamana-mana.
B. memiliki bentuk yang menarik dan tidak kasar.
C. dapat mempercepat siswa belajar.
D. mudah untuk diperbaiki jika alat tersebut
rusak.
27. Jika Anda ingin menjelaskan bagian-bagian
jantung dan mekanisme kerjanya, media yang paling tepat digunakan adalah
A. obyek asli.
B. specimen.
C. model.
D. poster.
28. Studi lapangan akan menjadi alternatif
pembelajaran terbaik, jika materi yang akan dipelajari
A. berupa fenomena alam yang tidak dapat dibawa
ke dalam ruang kelas untuk diamati dan dipelajari.
B. objek nyata yang berupa tumbuhan, hewan,
maupun komponen abiotik.
C. rumit, kompleks, dan sukar untuk dipelajari
di dalam kelas.
D. dapat dipelajari dan diamati di dalam kelas
maupun di luar kelas.
29. Gambar mudah dibedakan dari sketsa karena
secara umum
A. gambar lebih sempurna dan representatif
daripada sketsa.
B. sketsa lebih sempurna dan representatif
daripada gambar.
C. gambar dibuat dengan skala tertentu sedangkan
sketsa tidak.
D. sketsa dibuat dengan skala tertentu sedangkan
gambar tidak.
30. Grafik merupakan salah satu bentuk sajian
yang
A. memperlihatkan hubungan atau membantu
menjelaskan proses.
B. memberikan suatu representasi visual dari
data numerik.
C. mengkomunikasikan suatu pesan singkat secara
visual.
D. berisi pesan numerik untuk menggambakar suatu
atensi.
31. Jika Anda ingin mengajarkan suatu fenomena
alam yang berlangsung lama sehingga tidak dimungkinkan untuk diamati secara
langsung, misalnya metamorfosis katak, maka media elektronik yang paling tepat
Anda pilih adalah
A. transparansi dan OHP.
B. slide projektor.
C. media audio.
D. media film/video.
32. Jika visual slide yang Anda kehendaki untuk
pembelajaran berasal dari objek biologi berupa gambar, maka untuk pemotretannya
diperlukan
A. lensa layar lebar.
B. lensa tele.
C. lensa jarak dekat.
D. lensa dengan adaptor mikroskop.
33. Simak bentuk pertanyaan berikut!
Menurut Darwin, lahirnya spesies
manusia di muka bumi ini terjadi melalui suatu proses evolusi yang panjang
bukan dalam bentuk penciptaan seperti halnya tersurat dalam Alkitab. Siapa
setuju dengan pernyataan ini?
Pertanyaan di atas merupakan
contoh dari jenis pertanyaan efektif yang mempertanyakan
A. kemampuan yang dilandasi rasa sadar untuk
menerima informasi.
B. pilihan pada subjek belajar dalam menentukan
suatu alternatif pembelajaran.
C. gambaran respon subjek belajar terhadap
materi pembelajaran.
D. sikap menyetujui atau menolak nilai yang
berkembang di masyarakat.
34. Pertanyaan non verbal sebenarnya sulit untuk
dipahami maksudnya, tetapi pertanyaan bentuk ini dapat juga dilakukan untuk
A. membantu atau mempertegas pernyataan yang
sifatnya verbal.
B. memberikan penguatan pada respon yang telah
ditunjukkan siswa.
C. memancing perhatian siswa agar lebih responsif terhadap
permasalahan.
D. memberi rambu-rambu jawaban terhadap siswa yang ditanya.
35. Dari empat contoh pernyataan berikut manakah
yang bersifat konvergen?
A. Apakah tanpa bantuan manusia, vanili dapat
menghasilkan buah?
B. Mengapa tanpa bantuan manusia, vanili tidak
dapat menghasilkan buah?
C. Bagaimana proses penyerbukan pada tumbuhan
vanili?
D. Di mana Anda dapat menemukan tumbuhan vanili?
36. Pernyataan berikut adalah contoh pertanyaan
terbuka yang sifatnya dapat menimbulkan kreativitas
A. Media film adalah media yang paling baik
untuk membelajarkan ekologi. Apakah pendapat Anda?
B. Pembelajaran menggunakan metode ceramah
dewasa ini semakin ditinggalkan orang. Bagaimana bila ditinggalkan sama sekali?
C. Dalam biologi penilaian pencapaian belajar
lebih baik dengan tes uraian. Jelaskan pendapat Anda?
D. Kalau di rumah Anda tersedia karton dengan
berbagai warna, dapatkah Anda menyusun model gen? Bagaimana cara menyusunnya?
37. Simak bentuk pertanyaan berikut!
Kalau Anda hubungkan dengan norma
yang berlaku di dalam masyarakat kita, bagaimana tanggapan Anda dengan rencana
akan diimplementasikannya teknologi kloning pada manusia?
Pertanyaan di atas merupakan
contoh dari jenis pertanyaan
A. kognitif tertutup.
B. kognitif terbuka.
C. afektif tertutup.
D. afektif terbuka.
38. Simak tujuan instruksional berikut!
Dengan menggunakan kriteria yang ditetapkan, siswa
dapat membuat penilaian tentang efisiensi dan efektivitas suatu program
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Berdasarkan taksonomi Bloom, TIK tersebut
menuntut jenjang berpikir
A. pengetahuan.
B. pemahaman.
C. aplikasi.
D. evaluasi.
39. Pertanyaan yang menyangkut jenjang pemahaman,
menurut kemampuan siswa dalam
A. mengingat informasi yang telah diterima
sebelumnya.
B. menjelaskan pengetahuan/informasi yang telah
diketahui dengan kata-kata sendiri.
C. mengindentifikasi, memisahkan dan membedakan
komponen-komponen.
D. menggunakan informasi yang telah dipelajari
ke dalam situasi atau konteks yang lain atau yang baru.
40. Simak pertanyaan berikut ini!
Dapatkah rumus P = G + L digunakan
menjelaskan teori Lamarck tentang diturunkannya sifat yang didapat dari
lingkungan kepada turunannya?
Pertanyaan
di atas menuntut aspek berpikir
A. pemahaman.
B. penerapan.
C. sintesis.
D. analisis.
41. Guru : (sambil memegang pohon
pepaya) Tumbuhan ini apakah termasuk ke dalam kelompok dikotil atau monokotil?
Murid : Monokotil!
Guru : Bagaimana
sistem pertulangan daunnya? Jumlah bagian bunganya? Sistem perakarannya?
Pertanyaan lebih lanjut
yang dikemukakan oleh guru tersebut merupakan contoh dari pertanyaan
A. menggali.
B. membimbing.
C. menguatkan.
D. mengevaluasi.
42. Menggunakan program video untuk mengembangkan
mendengar sensitif lebih baik daripara program audio, karena
A. suara program video mampu menimbulkan
imajinasi.
B. gambar di video menunjukkan materi visual
yang relevan.
C. program video lebih akrab dengan kehidupan
siswa.
D. program video dapat menyajikan proses
komunikasi instruksional.
43. “Anak-anak di meja kalian terdapat berbagai
macam jenis tumbuhan, carilah kesamaan dan ketidaksamaannya, kemudian
berdasarkan ciri-ciri tersebut buatlah pengelompokannya!”
Keterampilan proses yang
diharapkan muncul dari kegiatan di atas, adalah keterampilan
A. mengobservasi dan mengklasifikasi.
B. mengukur dan mengkomunikasikan hasil pengamatan.
C. menginferensi dan memprediksi.
D. mengenal ruang dan waktu.
44. Dalam suatu kesempatan pembelajaran seorang
guru menugaskan siswa-siswanya untuk mencatat jenis-jenis tumbuhan yang ada di
lingkungan sekolah, kemudian melaporkan hasilnya di depan kelas.
Keterampilan proses yang
diharapkan muncul dari kegiatan di atas, adalah keterampilan
A. mengukur dan mengklasifikasi.
B. menginferensi dan memprediksi.
C. mengenal ruang dan waktu.
D. mengobservasi dan mengkomunikasikan hasil
pengamatan.
45. Dalam suatu kegiatan siswa diLATIHANkan untuk
meramalkan kemungkinan yang akan terjadi dengan kehidupan di perairan perkotaan
berdasarkan pengamatan tentang pengaruh detergen terhadap kehidupan air.
Kegiatan tersebut mengacu pada pengembangan keterampilan
A. memprediksi.
B. menginferensi.
C. mengobservasi.
D. mengklasifikasi.
46. “Di meja kalian ada dua kelompok daun spesies
yang sama tetapi berasal dari dua tempat yang berbeda. Di tempat yang
terlindung dan di tempat yang terbuka. Bandingkan luas permukaan daun antara
keduanya!”
Kegiatan tersebut mengacu pada
pengembangan keterampilan
A. memprediksi.
B. menginferensi.
C. mengukur.
D. mengklasifikasi.
47. Dalam suatu kegiatan pembelajaran tentang
sirkulasi darah pada manusia, guru menugaskan siswanya untuk membuat grafik
denyut jantungnya pada saat duduk, sesudah jalan cepat, dan sesudah lari.
Selanjutnya siswa diminta untuk mengartikan ketiga grafik tersebut dan
mengidentifikasi hubungan antara aktivitas dan denyut jantung/aliran darah.
Rangkaian kegiatan di atas dimaksudkan untuk melatih
A. menginterpretasi data.
B. memformulasikan hipotesis.
C. mengidentifikasi dan mengontrol variabel.
D. merancang dan melaksanakan eksperimen.
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 48, SAMPAI
57, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN
BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN
BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN
BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN
DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
48. Sebagai ilmu, biologi harus diajarkan sesuai
dengan hakikat biologi dan teori belajar yang mendasari pembelajaran biologi
itu.
sebab
Mengajarkan ilmu kepada siswa dikatakan baik kalau telah
memenuhi kriteria, yaitu sesuai dengan hakikat ilmu itu dan sesuai dengan
pengetahuan tentang bagaimana siswa belajar.
49. Mengajarkan biologi yang hanya terbatas pada
produk atau fakta, konsep, dan teori saja dianggap belum lengkap.
sebab
Biologi bukan hanya produk ilmiah, tetapi juga meliputi
proses ilmiah dan sikap ilmiah.
50. Teori konstruktivis sangat cocok dengan
kurikulum SLTP/SMU yang sekarang berlaku.
sebab
Kurikulum SLTP/SMU yang sekarang berlaku menekankan pada
keterampilan proses.
51. Besarnya partisipasi aktif siswa dalam
belajar merupakan indikator yang baik untuk menentukan kualitas pengajaran.
sebab
Partisipasi maksimal hanya mungkin bila isi dan juga
penyajian materi menarik, berarti bagi siswa, dan cukup memotivasi siswa.
52. Semakin lengkap, terpadu, tepat dan kuat
hubungan antara konsep-konsep dalam kepala seseorang, semakin pandai pula orang
itu.
sebab
Keahlian seseorang dalam suatu bidang studi tergantung
lengkapnya jaringan konsep di dalam kepalanya.
53. Gambar yang paling umum digunakan dalam
pembelajaran adalah foto, kartu pos, ilustrasi dari buku, terbitan periodikal,
katalog, dan cetakan unit pelajaran.
sebab
Keuntungan dari gambar dapat mengilustrasikan ide abstrak
ke dalam format yang lebih realistis.
54. Dengan OHP, topik yang rumit dapat dijelaskan
secara bertahap dengan cara menampilkan transparansi satu persatu dalam suatu
seri overlay sehingga membentuk suatu diagram yang utuh.
sebab
OHP merupakan perangkat keras yang digunakan untuk
memproyeksikan materi visual dan atau verbal yang digambarkan/ ditulis pada
transparansi.
55. Keterampilan menginferensi adalah
keterampilan membuat kesimpulan sementara dari hasil observasi dengan
menggunakan logika.
sebab
Membuat inferensi yang bersifat valid yang didasarkan
pada observasi, merupakan suatu keterampilan penting untuk belajar secara
inkuiri.
56. Munculnya variabel ekstra dalam suatu
penelitian dapat membiaskan hasil yang dicapai.
sebab
Variabel ekstra adalah variabel yang berubah sebagai
hasil atau akibat dari manipulasi yang diberikan.
57. Melakukan eksperimen adalah proses yang
meliputi semua keterampilan proses atau menunjukkan suatu aktivitas yang
meliputi keseluruhan proses dari menformulasi dan menguji hipotesis dengan
memanipulasi variabel.
sebab
Langkah yang umumnya tercakup dalam kegiatan eksperimen
adalah mengindentifika- si variabel yang dikontrol, membuat definisi
operasional, membuat tes, melaksanakan tes, mengumpulkan dan menginterpretasi
data, dan kadang-kadang memodifikasi hipotesis yang di tes.
PETUNJUK: UNTUK
SOAL NOMOR 58, SAMPAI
75, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2)
BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3)
BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3)
BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
58. Komponen sikap ilmiah yang perlu ditumbuhkan
dalam proses pembelajaran biologi antara lain
1) tanggung jawab, keingintahuan, jujur,
terbuka, objektif
2) toleransi, kerja keras, kecermatan bekerja,
disiplin, percaya diri
3) konsep diri positif, terbuka, menafsirkan
gejala alam dari sudut prinsip-prinsip ilmiah
59. Berikut ini merupakan contoh mengajarkan
biologi dengan menggunakan pendekatan yang berbeda.
Guru A memulai pelajarannya
sebagai berikut: “Anak-anak, ciri khas serangga ialah berkaki enam, contoh
serangga misalnya belalang, kupu-kupu, laron, jengkrik.”
Guru B memulai pelajarannya
sebagai berikut: “Anak-anak, di depanmu terdapat sebuah kantung plastik yang
berisi beberapa ekor serangga. Amatilah dengan seksama, kemudian temukan
persamaannya. Setelah itu tuliskan sebuah pernyataan yang memuat ciri yang
harus dimiliki oleh seekor serangga. Tuliskan pula contoh-contoh hewan yang
termasuk serangga.”
Komentar yang benar untuk contoh
mengajar biologi di atas adalah
1) pendekatan yang sesuai dengan hakikat biologi
ialah pendekatan yang digunakan guru B
2) pendekatan guru B akan memberi bekal lebih
lanjut kepada siswa
3) satu kelebihan pendekatan guru A,
dibandingkan pendekatan guru B, lebih efisien dalam penggunaan waktu
60. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan
dalam memilih metode mengajar di antaranya
1) ciri-ciri pembelajar
2) psikologi belajar
3) dukungan organisasi
61. Beberapa tingkah laku siswa yang perlu
dibatasi selama diskusi di antaranya
1) usaha-usaha untuk menunjukkan keterampilan
yang tidak relevan
2) menanyakan pertanyaan yang bodoh dan
pura-pura tertarik
3) sekedar ngomong untuk menarik perhatian
62. Agar metode pemberian LATIHAN dapat menunjang
siswa aktif hendaknya
1) LATIHAN harus bisa dikerjakan oleh siswa atau
kelompok siswa
2) dilakukan tindak lanjut hasil penugasan
berupa presentasi oleh siswa dari satu kelompok dan ditanggapi oleh siswa dari
kelompok yang lain
3) kesimpulan dari LATIHAN sudah diinformasi-
kan terlebih dahulu
63. Dengan peta konsep, tujuan mengajar konsep
dapat dirumuskan sebagai berikut
1) mendefinisikan konsep dan menjelaskan
perbedaan antara konsep yang bersangkutan dengan konsep-konsep yang lain
2) menjelaskan hubungan konsep yang bersangkutan
dengan konsep-konsep yang lain
3) menjelaskan arti konsep dalam kehidupan
sehari-hari dan menerapkannya dalam memecahkan masalah pada kehidupan
sehari-hari
64. Hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin
membuat alat tiruan, harus
1) mengetahui dengan pasti prinsip kerja alat
yang akan dibuat
2) mengetahui bagian alat yang akan dibuat dan
fungsi masing-masing bagian tersebut
3) mengetahui hubungan masing-masing bagian
dengan bagian yang lainnya
65. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam
menentukan letak lokasi suatu laboratorium antara lain
1) arah datangnya cahaya
2) jarak dengan bangunan lain
3) kualitas bahan bangunan yang digunakan
66. Model berikut dapat dikategorikan ke dalam
media asli
1) artifak
2) specimen
3) cut aways
67. Pesan yang dituangkan lewat media audio dapat
dipengaruhi oleh masalah yang bersifat fisik seperti
1) mekanisme kecacatan pendengaran
2) penuangan pesan yang tidak jelas
3) kelelahan fungsi auditori manusia
68. Keunggulan pembelajaran yang berbasis
komputer di antaranya
1) software yang dikembangkan pada suatu sistem
komputer dapat digunakan pada komputer lain
2) memungkinkan siswa untuk belajar sesuai
dengan kecepatan pemahamannya
3) kapasitas memori memungkinkan performansi
siswa yang terdahulu dapat direkam dan digunakan untuk merencanakan langkah
selanjutnya
69. Dalam proses komunikasi guru harus mampu
menyusun atau mengorganisasikan kalimat tanya sedemikian rupa sehingga dapat
diterima oleh subjek belajar. Yang dimaksud mudah diterima meliputi beberapa
syarat
1) suara harus dapat menjangkau semua subjek
belajar
2) artikulasinya baik
3) tempo bicara tidak terlalu cepat
70. Panel forum sebagai media untuk mengembangkan
mendengar secara sensitif memiliki kelebihan sebagai berikut
1) subjek belajar dapat mengambil inisiatif
memulai pembicaraan
2) yang bertindak sebagai panelis, pakar dalam
bidangnya, dari segi pengetahuan efeknya baik
3) tercipta situasi yang santai, tidak ada tekanan,
dan tidak ada penilaian (ini sangat ditakuti subjek belajar)
71. Keterampilan proses sangat penting bagi
pembelajaran IPA, karena
1) pengubahan ide-ide ke arah yang lebih ilmiah
tergantung pada cara dan kegiatan yang dilakukan
2) pengembangan pemahaman dalam IPA tergantung
pada kemampuan melakukan keterampilan proses dalam perilaku ilmiah
3) keterampilan proses sangat berperan dalam
pengembangan konsep-konsep ilmiah
72. Pada pembelajaran biologi yang menggunakan
pendekatan keterampilan proses, siswa
1) diberi kesempatan untuk langsung terlibat
dalam kegiatan-kegiatan dan/atau pengalaman-pengalaman ilmiah tak berbeda
dengan apa yang dialami ilmuwan
2) dilatih untuk berbuat seperti apa yang
diperbuat oleh ilmuwan, berpikir seperti halnya ilmuwan berpikir dan bersikap
seperti halnya ilmuwan bersikap
3) diharapkan akan menemukan fakta-fakta,
konsep-konsep dan teori-teori biologi baru
73. Suatu penelitian telah dilakukan untuk
melihat apakah jumlah waktu penyinaran setiap hari akan berpengaruh terhadap
banyak buah yang dihasilkan oleh tumbuhan mangga.
Yang
menjadi variabel dari penelitian di atas
1) banyak jam penyinaran
2) banyak buah
3) tumbuhan mangga
74. Dalam penelitian ditemukan bahwa umbi kentang
yang dihasilkan akan lebih banyak jika diberi pupuk yang lebih banyak. Apabila
guru menanyakan tentang variabel, maka jawaban yang diharapkan dari muridnya
1) variabel yang dimanipulasi: jumlah pupuk yang digunakan
2) variabel respon: banyaknya umbi kentang
3) variabel ekstra: intensitas cahaya
75. Seorang guru ingin melatih suatu keterampilan
terpadu tertentu dengan mengajukan masalah “Mengapa suhu tubuh katak dapat
berubah-ubah?” Dari sekian banyak variabel yang diduga akan berpengaruh,
akhirnya dipilih variabel temperatur lingkungan dan aktivitas tubuh.
Apabila guru tersebut memberi
LATIHAN kepada siswa untuk membuat suatu pernyataan yang merupakan suatu dugaan
yang nantinya akan diuji, maka jawaban yang diharapkan adalah
1) dengan meningkatnya suhu lingkungan maka suhu
tubuh katak meningkat
2) dengan semakin banyaknya aktivitas maka suhu
katak meningkat
3) suhu lingkungan dan aktivitas tubuh dapat
mempengaruhi suhu tubuh katak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar