Minggu, 13 Juli 2014

Latihan soal Kapita Selekta Pembelajaran Biologi



LATIHAN MANDIRI
KAPITA SELEKTA PEMBELAJARAN BIOLOGI
(PABI4471)


PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  47, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1.   Sebelum pelajaran berlangsung, guru menempelkan gambar hewan di papan tulis, kemudian meminta siswa untuk menentukan apakah gambar hewan tersebut serangga atau bukan dan siswa juga diminta untuk memberikan alasan.
               Contoh di atas merupakan kejadian instruksional yang ditunjukkan oleh seorang guru untuk
A.   memberikan stimulus.
B.   memperkuat retensi.
C.   menemukan umpan balik.
D.   menilai hasil belajar.

2.   Seorang guru memulai pelajaran sebagai berikut: Anak-anak, seraya guru menunjukkan setangkai bunga, bunga apa yang saya tunjukkan ini? Semua siswa menatap kepada guru dan memperhatikan bunga yang terdapat di tangan gurunya itu, bahkan ada satu-dua orang siswa yang mencoba mendekat untuk mengamati bunga yang dimaksud.
               Contoh di atas merupakan kejadian instruksional yang dilakukan seorang guru untuk
A.   memberi tahu tujuan.
B.   menarik perhatian.
C.   mengingatkan kembali hal yang telah dipelajari siswa.
D.   memberi kesempatan menunjukkan hasil belajar.
     
3.   Kategori kemampuan berikut menurut Gagne termasuk ke dalam kemampuan belajar keterampilan kognitif
A.   menulis indah.
B.   menulis laporan praktikum.
C.   menggunakan mikroskop.
D.   merakit alat praktikum.

4.   Air dengan volume yang sama ditempatkan dalam dua buah gelas. Gelas A berdiameter kecil tetapi tinggi, sedangkan gelas B berdiameter besar tetapi pendek. Kemudian kepada siswa ditanyakan gelas mana yang berisi air paling banyak. Siswa menunjuk  gelas A, namun tidak dapat memberi alasan. Siswa tersebut menurut Piaget berada pada periode
A.   sensori motor.
B.   praoperasional.
C.   operasional konkrit.
D.   operasional formal.

5.   Dalam hal pembelajaran, LATIHAN seorang guru ialah memilah materi, materi mana yang harus disajikan oleh seorang guru melalui pengajaran bermakna, dan materi mana yang harus ditemukan oleh siswa. Pernyataan tersebut sangat sesuai dengan teori belajar yag dikemukakan oleh
A.   Piaget.
B.   Bruner.
C.   Gagne.
D.   Ausubel.

6.   Seorang anak telah mampu mengutarakan pengalamannya dengan bahasa. Menurut teori Bruner anak tersebut berada pada tahap
A.   enactive representation.
B.   iconic representation.
C.   simbolic representation.
D.   verbal representation.

7.   Menurut pandangan teori kontruktivis, belajar merupakan proses aktif membangun pengetahuan melalui aktivitas siswa sendiri. Jika pandangan tersebut kita hubungkan dengan hakikat biologi, kesimpulan apa yang dapat Anda kemukakan?
A.   Pandangan teori konstruktivis sejalan dengan hakikat biologi.
B.   Pandangan teori kontruktivis tidak sejalan dengan hakikat biologi.
C.   Teori konstruktivis sama dengan hakikat biologi, menekankan pada sosiokultural pembelajaran.
D.   Teori konstruktivis telah menekankan pada sosiokultural dalam belajar sedangkan hakikat biologi tidak.


8.   Penggunaan berbagai metode penting sekali dalam pengajaran dengan alasan
A.   keefektifan metode mengajar dipengaruhi oleh beberapa variabel seperti bakat siswa, materi pelajaran, dan sistem penyampaian pelajaran.
B.   setiap siswa membutuhkan cara mengajar yang sesuai baginya untuk membantu meningkatkan kemampuan belajarnya.
C.   setiap topik pembelajaran memerlukan metode yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
D.   setiap guru memiliki pendapat yang berbeda mengenai metode mengajar yang terbaik.

9.   Semua metode berikut ini bertolak dari suatu permasalahan
A.   diskusi, penelitian, studi kasus, inkuari.
B.   bermain peran, studi lapangan, sumbang saran.
C.   ceramah, kerja kelompok, sosiodrama, penugasan.
D.   proyek, pameran, karyawisata, permainan.

10.   Metode ceramah sangat tidak tepat untuk pembelajaran biologi apabila materi pembelajarannya
A.   hanya berupa pemberian informasi yang tidak dapat diperoleh dalam bentuk lain.
B.   hanya berupa pemberian informasi yang perlu diingat sebentar saja.
C.   kompleks, abstrak, sangat rinci dan perlu diintegrasikan dengan pengalaman siswa sebelumnya.
D.   tidak menurut keterlibatan sikap dan perasaan siswa.

11.   Dalam hal-hal tertentu tidak mudah untuk mengenali apakah suatu demonstrasi dapat digolongkan ke dalam eksperimen atau tidak. Contoh berikut merupakan demonstrasi yang tidak menyajikan suatu eksperimen
A.   seorang guru mendemonstrasikan elektrolisis air untuk mencari apa saja yang menyusun air.
B.   seorang guru yang mendemonstrasikan elektrolisis air untuk menunjukkan bahwa air terdiri dari oksigen dan hidrogen.
C.   seorang guru yang mendemonstrasikan pengaruh panas terhadap pemuaian logam.
D.   seorang guru yang mendemonstrasikan gerak jatuh bebas antara dua benda yang berbeda massa.

12.   Belajar secara hafalan tidak selamanya jelek, belajar dengan cara ini perlu dilakukan bila
A.   alokasi waktu yang tersedia sangat terbatas sementara guru terlalu sibuk.
B.   sarana dan prasarana yang menunjang penyampaian materi tidak tersedia.
C.   dikehendaki menyimpan informasi dalam bentuk persis sama dengan bentuk yang diterima.
D.   konsep yang dipelajari tidak ada hubungannya dengan konsep-konsep yang lain.

13.   Bila dalam pengajaran biologi kita menggunakan peta konsep maka yang perlu dievaluasi adalah kemampuan siswa dalam
A.   menghafal definisi konsep.
B.   memahami hubungan antarkonsep.
C.   menunjukkan kedudukan suatu konsep.
D.   memahami arti suatu konsep.

14.   Apakah peta konsep tiu?
A.   Peta konsep adalah alat peraga untuk memperlihatkan hubungan antara beberapa konsep.
B.   Peta konsep adalah suatu teknik yang memberikan gambaran pentingnya suatu konsep dibandingkan dengan konsep yang lain.
C.   Peta konsep adalah benda, kejadian, situasi atau ciri yang memiliki ciri khas dan yang terwakili dalam setiap budaya oleh sesuatu tanda atau simbol.
D.   Peta konsep adalah abstraksi dari ciri-ciri sesuatu yang mempermudah komunikasi antara manusia dan yang memungkinkan manusia berpikir.

15.   Pengalaman langsung yang diberikan kepada siswa melalui kegiatan laboratorium akan memberikan hasil yang lebih baik daripada hanya ceramah saja. Bagaimana komentar Anda?
A.   Umumnya demikian, karena secara teoritis makin banyak alat indera yang terlibat dalam mempelajari suatu topik tertentu makin tinggilah retensi siswa.
B.   Tidak demikian, karena menggunakan benda asli belum tentu menjamin pemahaman yang rinci tentang sesuatu.
C.   Seharusnya demikian, tetapi karena kegiatan laboratorium sulit dilakukan maka metode ceramah merupakan pilihan yang baik.
D.   Tergantung jenis materinya, apakah perlu dipraktikumkan atau cukup dengan diinformasikan secara verbal.

16.   Untuk mempelajari hewan mamalia, seorang guru tengah mempertimbangkan kegiatan berikut: (a) membawa hewan mamalia ke ruang kelas (b) mempelajari hewan mamalia di kebun binatang (c) mempelajari dari rekaman video tentang hewan mamalia.
               Dalam kejadian di atas yang menjadi pertimbangan guru dalam memilih kegiatan belajar adalah
A.   ketersediaan sumberdaya.
B.   faktor lingkungan belajar.
C.   faktor ekonomis dan budaya.
D.   faktor praktis.

17.   Apa sebabnya laboratorium dikatakan sebagai pusat pengajaran biologi?
A.   Laboratorium adalah tempat untuk melakukan percobaan dan penyelidikan.
B.   Di dalam laboratorium dapat dihasilkan dan dilatih semua komponen biologi seperti produk, sikap ilmiah dan proses  ilmiah.
C.   Laboratorium merupakan tempat peragaan dan museum kecil.
D.   Laboratorium merupakan pusat yang memiliki alat-alat duplikasi dan reproduksi.

18.   Suatu objek laboratorium dapat dikategorikan sebagai alat atau mungkin juga bahan. Kriteria yang membedakannya adalah
A.   berupa objek habis pakai atau tidak.
B.   terbuat dari benda padat atau cair.
C.   bentuknya standar atau tidak.
D.   mudah didapat atau sulit.

19.   Dari kelompok berikut, mana yang dikategorikan ke dalam alat laboratorium?
A.   acetocarmin, etanol, amilum.
B.   asam sulfat, asam klorida, bromtimol biru.
C.   fenoftalin, gelatin, formalin.
D.   mikrotom, higrometer, potometer.

20.   Model merupakan tiruan dari bagian tubuh atau objek tertentu dalam tiga dimensi, dan dapat berupa miniatur dari objek tertentu, misalnya model
A.   rangka manusia.
B.   bola mata.
C.   baling-baling pesawat.
D.   jantung manusia.

21.   Diketahui diameter lapangan pandang mikroskop yang menggunakan lensa obyektif 10x  adalah 1, 2 mm. Berapa mikron diameter lapangan pandang pembesaran jika menggunakan lensa obyektif 40x ?
A.   200 mikron.
B.   250 mikron.
C.   300 mikron.
D.   350 mikron.

22.   Salah satu peran guru dalam laboratorium adalah sebagai fasilitator dan konsultan. Dalam hal ini guru harus berperan
A.   melayani dan memberi kemudahan kepada siswa agar mereka dapat bekerja dalam laboratorium secara sukses dan aman.
B.   membimbing agar siswa dapat menggunakan alat, dan bekerja dengan aman sesuai dengan prosedur.
C.   merencanakan kegiatan, menyediakan peralatan, mengatur jadwal penggunaan laboratorium dan mengusahakan agar pemanfaatan laboratorium dilakukan secara optimal.
D.   menciptakan iklim yang problematik yang memungkinkan munculnya masalah sehingga siswa dapat melihat masalah tersebut.

23.   Guru menguji kelayakan semua alat yang akan digunakan, menyiapkan alat sehingga dapat digunakan secara maksimal, membantu siswa mengoperasikan alat laboratorium. Dalam hal ini guru tersebut berperan sebagai
A.   pembimbing dan pengarah.
B.   fasilitator dan konsultan.
C.   pengembang dan pengelola.
D.   pengelola kegiatan dan motivator.

24.   Saat penggunaan mikroskop, kalau Anda ingin mendapatkan bayangan benda yang agak bergeser ke kanan, maka hal yang harus Anda lakukan
A.   menggeser sedikit obyek ke kiri.
B.   menggeser sedikit obyek ke kanan.
C.   menggerakkan lensa okuler ke kanan.
D.   menggerakkan lensa okuler ke kiri.

25.   Jika Anda ingin mengetahui nama, jumlah, dan macam barang yang terdapat dalam laboratorium termasuk perabotan, media, perkakas dan sebagainya, sebaiknya Anda membuka
A.   buku stock.
B.   buku inventaris.
C.   daftar pembelian.
D.   daftar alat.

26.   Nilai paedagogis suatu alat adalah nilai yang dimiliki oleh suatu alat yang dapat digunakan untuk menanamkan konsep. Nilai paedagogis suatu alat dikatakan tinggi bila alat tersebut
A.   praktis dibawa kamana-mana.
B.   memiliki bentuk yang menarik dan tidak kasar.
C.   dapat mempercepat siswa belajar.
D.   mudah untuk diperbaiki jika alat tersebut rusak.

27.   Jika Anda ingin menjelaskan bagian-bagian jantung dan mekanisme kerjanya, media yang paling tepat digunakan adalah
A.   obyek asli.
B.   specimen.
C.   model.
D.   poster.

28.   Studi lapangan akan menjadi alternatif pembelajaran terbaik, jika materi yang akan dipelajari
A.   berupa fenomena alam yang tidak dapat dibawa ke dalam ruang kelas untuk diamati dan dipelajari.
B.   objek nyata yang berupa tumbuhan, hewan, maupun komponen abiotik.
C.   rumit, kompleks, dan sukar untuk dipelajari di dalam kelas.
D.   dapat dipelajari dan diamati di dalam kelas maupun di luar kelas.

29.   Gambar mudah dibedakan dari sketsa karena secara umum
A.   gambar lebih sempurna dan representatif daripada sketsa.
B.   sketsa lebih sempurna dan representatif daripada gambar.
C.   gambar dibuat dengan skala tertentu sedangkan sketsa tidak.
D.   sketsa dibuat dengan skala tertentu sedangkan gambar tidak.

30.   Grafik merupakan salah satu bentuk sajian yang
A.   memperlihatkan hubungan atau membantu menjelaskan proses.
B.   memberikan suatu representasi visual dari data numerik.
C.   mengkomunikasikan suatu pesan singkat secara visual.
D.   berisi pesan numerik untuk menggambakar suatu atensi.

31.   Jika Anda ingin mengajarkan suatu fenomena alam yang berlangsung lama sehingga tidak dimungkinkan untuk diamati secara langsung, misalnya metamorfosis katak, maka media elektronik yang paling tepat Anda pilih adalah
A.   transparansi dan OHP.
B.   slide projektor.
C.   media audio.
D.   media film/video.

32.   Jika visual slide yang Anda kehendaki untuk pembelajaran berasal dari objek biologi berupa gambar, maka untuk pemotretannya diperlukan
A.   lensa layar lebar.
B.   lensa tele.
C.   lensa jarak dekat.
D.   lensa dengan adaptor mikroskop.

33.   Simak bentuk pertanyaan berikut!
               Menurut Darwin, lahirnya spesies manusia di muka bumi ini terjadi melalui suatu proses evolusi yang panjang bukan dalam bentuk penciptaan seperti halnya tersurat dalam Alkitab. Siapa setuju dengan pernyataan ini?
               Pertanyaan di atas merupakan contoh dari jenis pertanyaan efektif yang mempertanyakan
A.   kemampuan yang dilandasi rasa sadar untuk menerima informasi.
B.   pilihan pada subjek belajar dalam menentukan suatu alternatif pembelajaran.
C.   gambaran respon subjek belajar terhadap materi pembelajaran.
D.   sikap menyetujui atau menolak nilai yang berkembang di masyarakat.

34.   Pertanyaan non verbal sebenarnya sulit untuk dipahami maksudnya, tetapi pertanyaan bentuk ini dapat juga dilakukan untuk
A.   membantu atau mempertegas pernyataan yang sifatnya verbal.
B.   memberikan penguatan pada respon yang telah ditunjukkan siswa.
C.   memancing perhatian siswa agar lebih responsif terhadap permasalahan.
D.   memberi rambu-rambu jawaban terhadap siswa yang ditanya.

35.   Dari empat contoh pernyataan berikut manakah yang bersifat konvergen?
A.   Apakah tanpa bantuan manusia, vanili dapat menghasilkan buah?
B.   Mengapa tanpa bantuan manusia, vanili tidak dapat menghasilkan buah?
C.   Bagaimana proses penyerbukan pada tumbuhan vanili?
D.   Di mana Anda dapat menemukan tumbuhan vanili?

36.   Pernyataan berikut adalah contoh pertanyaan terbuka yang sifatnya dapat menimbulkan kreativitas
A.   Media film adalah media yang paling baik untuk membelajarkan ekologi. Apakah pendapat Anda?
B.   Pembelajaran menggunakan metode ceramah dewasa ini semakin ditinggalkan orang. Bagaimana bila ditinggalkan sama sekali?
C.   Dalam biologi penilaian pencapaian belajar lebih baik dengan tes uraian. Jelaskan pendapat Anda?
D.   Kalau di rumah Anda tersedia karton dengan berbagai warna, dapatkah Anda menyusun model gen? Bagaimana cara menyusunnya?

37.   Simak bentuk pertanyaan berikut!
               Kalau Anda hubungkan dengan norma yang berlaku di dalam masyarakat kita, bagaimana tanggapan Anda dengan rencana akan diimplementasikannya teknologi kloning pada manusia?
               Pertanyaan di atas merupakan contoh dari jenis pertanyaan
A.   kognitif tertutup.
B.   kognitif terbuka.
C.   afektif tertutup.
D.   afektif terbuka.

38.   Simak tujuan instruksional berikut!
               Dengan menggunakan kriteria yang ditetapkan, siswa dapat membuat penilaian tentang efisiensi dan efektivitas suatu program Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Berdasarkan taksonomi Bloom, TIK tersebut menuntut jenjang berpikir                    
A.   pengetahuan.
B.   pemahaman.
C.   aplikasi.
D.   evaluasi.

39.   Pertanyaan yang menyangkut jenjang pemahaman, menurut kemampuan siswa dalam
A.   mengingat informasi yang telah diterima sebelumnya.
B.   menjelaskan pengetahuan/informasi yang telah diketahui dengan kata-kata sendiri.
C.   mengindentifikasi, memisahkan dan membedakan komponen-komponen.
D.   menggunakan informasi yang telah dipelajari ke dalam situasi atau konteks yang lain atau yang baru.

40.   Simak pertanyaan berikut ini!
               Dapatkah rumus P = G + L digunakan menjelaskan teori Lamarck tentang diturunkannya sifat yang didapat dari lingkungan kepada turunannya?
               Pertanyaan di atas menuntut aspek berpikir
A.   pemahaman.
B.   penerapan.
C.   sintesis.
D.   analisis.

41.   Guru    :  (sambil memegang pohon pepaya) Tumbuhan ini apakah termasuk ke dalam kelompok dikotil atau monokotil?
        Murid   :  Monokotil!
               Guru    :  Bagaimana sistem pertulangan daunnya? Jumlah bagian bunganya? Sistem perakarannya?
               Pertanyaan lebih lanjut yang dikemukakan oleh guru tersebut merupakan contoh dari pertanyaan
A.   menggali.
B.   membimbing.
C.   menguatkan.
D.   mengevaluasi.

42.   Menggunakan program video untuk mengembangkan mendengar sensitif lebih baik daripara program audio, karena
A.   suara program video mampu menimbulkan imajinasi.
B.   gambar di video menunjukkan materi visual yang relevan.
C.   program video lebih akrab dengan kehidupan siswa.
D.   program video dapat menyajikan proses komunikasi instruksional.

43.   “Anak-anak di meja kalian terdapat berbagai macam jenis tumbuhan, carilah kesamaan dan ketidaksamaannya, kemudian berdasarkan ciri-ciri tersebut buatlah pengelompokannya!”
               Keterampilan proses yang diharapkan muncul dari kegiatan di atas, adalah keterampilan
A.   mengobservasi dan mengklasifikasi.
B.   mengukur dan mengkomunikasikan hasil pengamatan.
C.   menginferensi dan memprediksi.
D.   mengenal ruang dan waktu.

44.   Dalam suatu kesempatan pembelajaran seorang guru menugaskan siswa-siswanya untuk mencatat jenis-jenis tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah, kemudian melaporkan hasilnya di depan kelas.
               Keterampilan proses yang diharapkan muncul dari kegiatan di atas, adalah keterampilan
A.   mengukur dan mengklasifikasi.
B.   menginferensi dan memprediksi.
C.   mengenal ruang dan waktu.
D.   mengobservasi dan mengkomunikasikan hasil pengamatan.

45.   Dalam suatu kegiatan siswa diLATIHANkan untuk meramalkan kemungkinan yang akan terjadi dengan kehidupan di perairan perkotaan berdasarkan pengamatan tentang pengaruh detergen terhadap kehidupan air. Kegiatan tersebut mengacu pada pengembangan keterampilan
A.   memprediksi.
B.   menginferensi.
C.   mengobservasi.
D.   mengklasifikasi.

46.   “Di meja kalian ada dua kelompok daun spesies yang sama tetapi berasal dari dua tempat yang berbeda. Di tempat yang terlindung dan di tempat yang terbuka. Bandingkan luas permukaan daun antara keduanya!”
               Kegiatan tersebut mengacu pada pengembangan keterampilan
A.   memprediksi.
B.   menginferensi.
C.   mengukur.
D.   mengklasifikasi.

47.   Dalam suatu kegiatan pembelajaran tentang sirkulasi darah pada manusia, guru menugaskan siswanya untuk membuat grafik denyut jantungnya pada saat duduk, sesudah jalan cepat, dan sesudah lari. Selanjutnya siswa diminta untuk mengartikan ketiga grafik tersebut dan mengidentifikasi hubungan antara aktivitas dan denyut jantung/aliran darah. Rangkaian kegiatan di atas dimaksudkan untuk melatih
A.   menginterpretasi data.
B.   memformulasikan hipotesis.
C.   mengidentifikasi dan mengontrol variabel.
D.   merancang dan melaksanakan eksperimen.


PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  48,  SAMPAI  57,   PILIHLAH!
A.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C.   JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D.   JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!

48.   Sebagai ilmu, biologi harus diajarkan sesuai dengan hakikat biologi dan teori belajar yang mendasari pembelajaran biologi itu.
sebab                 
Mengajarkan ilmu kepada siswa dikatakan baik kalau telah memenuhi kriteria, yaitu sesuai dengan hakikat ilmu itu dan sesuai dengan pengetahuan tentang bagaimana siswa belajar.

49.   Mengajarkan biologi yang hanya terbatas pada produk atau fakta, konsep, dan teori saja dianggap belum lengkap.
sebab                 
Biologi bukan hanya produk ilmiah, tetapi juga meliputi proses ilmiah dan sikap ilmiah.

50.   Teori konstruktivis sangat cocok dengan kurikulum SLTP/SMU yang sekarang berlaku.
sebab                 
Kurikulum SLTP/SMU yang sekarang berlaku menekankan pada keterampilan proses.

51.   Besarnya partisipasi aktif siswa dalam belajar merupakan indikator yang baik untuk menentukan kualitas pengajaran.
sebab                 
Partisipasi maksimal hanya mungkin bila isi dan juga penyajian materi menarik, berarti bagi siswa, dan cukup memotivasi siswa.

52.   Semakin lengkap, terpadu, tepat dan kuat hubungan antara konsep-konsep dalam kepala seseorang, semakin pandai pula orang itu.
sebab                 
Keahlian seseorang dalam suatu bidang studi tergantung lengkapnya jaringan konsep di dalam kepalanya.

53.   Gambar yang paling umum digunakan dalam pembelajaran adalah foto, kartu pos, ilustrasi dari buku, terbitan periodikal, katalog, dan cetakan unit pelajaran.
sebab                 
Keuntungan dari gambar dapat mengilustrasikan ide abstrak ke dalam format yang lebih realistis.

54.   Dengan OHP, topik yang rumit dapat dijelaskan secara bertahap dengan cara menampilkan transparansi satu persatu dalam suatu seri overlay sehingga membentuk suatu diagram yang utuh.
sebab                 
OHP merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memproyeksikan materi visual dan atau verbal yang digambarkan/ ditulis pada transparansi.

55.   Keterampilan menginferensi adalah keterampilan membuat kesimpulan sementara dari hasil observasi dengan menggunakan logika.
sebab                 
Membuat inferensi yang bersifat valid yang didasarkan pada observasi, merupakan suatu keterampilan penting untuk belajar secara inkuiri.

56.   Munculnya variabel ekstra dalam suatu penelitian dapat membiaskan hasil yang dicapai.
sebab                 
Variabel ekstra adalah variabel yang berubah sebagai hasil atau akibat dari manipulasi yang diberikan.

57.   Melakukan eksperimen adalah proses yang meliputi semua keterampilan proses atau menunjukkan suatu aktivitas yang meliputi keseluruhan proses dari menformulasi dan menguji hipotesis dengan memanipulasi variabel.
sebab                 
Langkah yang umumnya tercakup dalam kegiatan eksperimen adalah mengindentifika- si variabel yang dikontrol, membuat definisi operasional, membuat tes, melaksanakan tes, mengumpulkan dan menginterpretasi data, dan kadang-kadang memodifikasi hipotesis yang di tes.

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   58,   SAMPAI   75,   PILIHLAH!
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
58.   Komponen sikap ilmiah yang perlu ditumbuhkan dalam proses pembelajaran biologi antara lain
1)   tanggung jawab, keingintahuan, jujur, terbuka, objektif
2)   toleransi, kerja keras, kecermatan bekerja, disiplin, percaya diri
3)   konsep diri positif, terbuka, menafsirkan gejala alam dari sudut prinsip-prinsip ilmiah

59.   Berikut ini merupakan contoh mengajarkan biologi dengan menggunakan pendekatan yang berbeda.
               Guru A memulai pelajarannya sebagai berikut: “Anak-anak, ciri khas serangga ialah berkaki enam, contoh serangga misalnya belalang, kupu-kupu, laron, jengkrik.”
               Guru B memulai pelajarannya sebagai berikut: “Anak-anak, di depanmu terdapat sebuah kantung plastik yang berisi beberapa ekor serangga. Amatilah dengan seksama, kemudian temukan persamaannya. Setelah itu tuliskan sebuah pernyataan yang memuat ciri yang harus dimiliki oleh seekor serangga. Tuliskan pula contoh-contoh hewan yang termasuk serangga.”
               Komentar yang benar untuk contoh mengajar biologi di atas adalah
1)   pendekatan yang sesuai dengan hakikat biologi ialah pendekatan yang digunakan guru B
2)   pendekatan guru B akan memberi bekal lebih lanjut kepada siswa
3)   satu kelebihan pendekatan guru A, dibandingkan pendekatan guru B, lebih efisien dalam penggunaan waktu

60.   Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih metode mengajar di antaranya
1)   ciri-ciri pembelajar
2)   psikologi belajar
3)   dukungan organisasi

61.   Beberapa tingkah laku siswa yang perlu dibatasi selama diskusi di antaranya
1)   usaha-usaha untuk menunjukkan keterampilan yang tidak relevan
2)   menanyakan pertanyaan yang bodoh dan pura-pura tertarik
3)   sekedar ngomong untuk menarik perhatian

62.   Agar metode pemberian LATIHAN dapat menunjang siswa aktif hendaknya
1)   LATIHAN harus bisa dikerjakan oleh siswa atau kelompok siswa
2)   dilakukan tindak lanjut hasil penugasan berupa presentasi oleh siswa dari satu kelompok dan ditanggapi oleh siswa dari kelompok yang lain
3)   kesimpulan dari LATIHAN sudah diinformasi- kan terlebih dahulu

63.   Dengan peta konsep, tujuan mengajar konsep dapat dirumuskan sebagai berikut
1)   mendefinisikan konsep dan menjelaskan perbedaan antara konsep yang bersangkutan dengan konsep-konsep yang lain
2)   menjelaskan hubungan konsep yang bersangkutan dengan konsep-konsep yang lain
3)   menjelaskan arti konsep dalam kehidupan sehari-hari dan menerapkannya dalam memecahkan masalah pada kehidupan sehari-hari

64.   Hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin membuat alat tiruan, harus
1)   mengetahui dengan pasti prinsip kerja alat yang akan dibuat
2)   mengetahui bagian alat yang akan dibuat dan fungsi masing-masing bagian tersebut
3)   mengetahui hubungan masing-masing bagian dengan bagian yang lainnya

65.   Hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak lokasi suatu laboratorium antara lain
1)   arah datangnya cahaya
2)   jarak dengan bangunan lain
3)   kualitas bahan bangunan yang digunakan

66.   Model berikut dapat dikategorikan ke dalam media asli
1)   artifak
2)   specimen
3)   cut aways

67.   Pesan yang dituangkan lewat media audio dapat dipengaruhi oleh masalah yang bersifat fisik seperti
1)   mekanisme kecacatan pendengaran
2)   penuangan pesan yang tidak jelas
3)   kelelahan fungsi auditori manusia

68.   Keunggulan pembelajaran yang berbasis komputer di antaranya
1)   software yang dikembangkan pada suatu sistem komputer dapat digunakan pada komputer lain
2)   memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan pemahamannya
3)   kapasitas memori memungkinkan performansi siswa yang terdahulu dapat direkam dan digunakan untuk merencanakan langkah selanjutnya

69.   Dalam proses komunikasi guru harus mampu menyusun atau mengorganisasikan kalimat tanya sedemikian rupa sehingga dapat diterima oleh subjek belajar. Yang dimaksud mudah diterima meliputi beberapa syarat
1)   suara harus dapat menjangkau semua subjek belajar
2)   artikulasinya baik
3)   tempo bicara tidak terlalu cepat

70.   Panel forum sebagai media untuk mengembangkan mendengar secara sensitif memiliki kelebihan sebagai berikut
1)   subjek belajar dapat mengambil inisiatif memulai pembicaraan
2)   yang bertindak sebagai panelis, pakar dalam bidangnya, dari segi pengetahuan efeknya baik
3)   tercipta situasi yang santai, tidak ada tekanan, dan tidak ada penilaian (ini sangat ditakuti subjek belajar)

71.   Keterampilan proses sangat penting bagi pembelajaran IPA, karena
1)   pengubahan ide-ide ke arah yang lebih ilmiah tergantung pada cara dan kegiatan yang dilakukan
2)   pengembangan pemahaman dalam IPA tergantung pada kemampuan melakukan keterampilan proses dalam perilaku ilmiah
3)   keterampilan proses sangat berperan dalam pengembangan konsep-konsep ilmiah

72.   Pada pembelajaran biologi yang menggunakan pendekatan keterampilan proses, siswa
1)   diberi kesempatan untuk langsung terlibat dalam kegiatan-kegiatan dan/atau pengalaman-pengalaman ilmiah tak berbeda dengan apa yang dialami ilmuwan
2)   dilatih untuk berbuat seperti apa yang diperbuat oleh ilmuwan, berpikir seperti halnya ilmuwan berpikir dan bersikap seperti halnya ilmuwan bersikap
3)   diharapkan akan menemukan fakta-fakta, konsep-konsep dan teori-teori biologi baru

73.   Suatu penelitian telah dilakukan untuk melihat apakah jumlah waktu penyinaran setiap hari akan berpengaruh terhadap banyak buah yang dihasilkan oleh tumbuhan mangga.
               Yang menjadi variabel dari penelitian di atas
1)   banyak jam penyinaran
2)   banyak buah
3)   tumbuhan mangga
74.   Dalam penelitian ditemukan bahwa umbi kentang yang dihasilkan akan lebih banyak jika diberi pupuk yang lebih banyak. Apabila guru menanyakan tentang variabel, maka jawaban yang diharapkan dari muridnya
1)   variabel yang dimanipulasi:  jumlah pupuk yang digunakan
2)   variabel respon: banyaknya umbi kentang
3)   variabel ekstra: intensitas cahaya

75.   Seorang guru ingin melatih suatu keterampilan terpadu tertentu dengan mengajukan masalah “Mengapa suhu tubuh katak dapat berubah-ubah?” Dari sekian banyak variabel yang diduga akan berpengaruh, akhirnya dipilih variabel temperatur lingkungan dan aktivitas tubuh.
               Apabila guru tersebut memberi LATIHAN kepada siswa untuk membuat suatu pernyataan yang merupakan suatu dugaan yang nantinya akan diuji, maka jawaban yang diharapkan adalah
1)   dengan meningkatnya suhu lingkungan maka suhu tubuh katak meningkat
2)   dengan semakin banyaknya aktivitas maka suhu katak meningkat
3)   suhu lingkungan dan aktivitas tubuh dapat mempengaruhi suhu tubuh katak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar